Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Penulis : Fransina Wattimena Fakultas Ekonomi Universitas Pattimura Ambon Penerbit : Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol 12, No. 2, September 2010.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Penulis : Fransina Wattimena Fakultas Ekonomi Universitas Pattimura Ambon Penerbit : Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol 12, No. 2, September 2010."— Transcript presentasi:

1

2 Penulis : Fransina Wattimena Fakultas Ekonomi Universitas Pattimura Ambon Penerbit : Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol 12, No. 2, September 2010

3 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh pengembangan SDM dan dukungan organisasi terhadap peningkatan kualitas dosen, khususnya dosen fakultas Ekonomi Universitas Pattimura Ambon. Penelitian dilakukan dengan mengambil sampel sebanyak 64 responden dari 3 Universitas di Maluku yaitu FE Unpatti, FE UKIM dan FE Unidar. Metode analisa yang digunakan adalah Path Analisis dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil pengujian analisis path menunjukkan bahwa variabel pendidikan lanjutan, pelatihan dan magang, seminar dan penataran melalui dukungan organisasi tidak berpengaruh terhadap peningkatan mutu dosen. Ditunjukkan pula pengaruh secara langsung dan tidak langsung dari variabel – variabel tersebut di atas terhadap peningkatan mutu dosen. Kata Kunci : Pengembangan SDM, dukungan organisasi, kualitas dosen yang berkesinambungan.

4  Proses pengembangan SDM termasuk dosen merupakan komponen penunjang pendidikan yang tidak dapat dipungkiri hingga saat ini masih berjalan di tempat dan banyak mengalami kendala, diantaranya : Fenomena Dosen dengan pendidikan lanjutan yang terbatas. Keadaaan tempat mengabdi yang kurang aman dan kondusif Lokasi Universitas penyelenggara program pascasarjana dengan kategori unggul yang hanya terkonsentrasi di pulau jawa.  Dosen wajib memiliki kompetensi unggulan demi tercapainya standar mutu yang diinginkan.  Aktivitas – aktivitas pengembangan SDM terkait dengan peningkatan mutu dalam hal ini khususnya dosen diantaranya adalah dengan pendidikan formal (pendidikan lanjutan) dan non formal (pelatihan, magang, seminar dan penataran). (Mamusung 2005).  Berdasarkan paparan tersebut di atas maka harus dilakukan uji hipotesis untuk memperkirakan secara logis hubungan-hubungan variabel tersebut di atas dalam kaitannya dengan peningkatan mutu dosen.

5  Populasi dan Sampel Penelitian  Populasi : Dosen Fakultas Ekonomi Unpatti, FE UKIM dan FE UNIDAR dengan jumlah seluruhnya 176 orang.  Sampel : Dari 176 responden diambil 64 sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu penentuan sample berdasarkan kriteria tertentu yang ditentukan oleh peneliti terhadap objek yang sesuai dengan tujuan penelitian. Adapun kriterianya sebagai berikut : Memiliki masa kerja > 6 tahun Dosen maupun pimpinan fakultas bersedia mengisi kuisioner Peningkatan intensitas keikutsertaan Dosen dalam kegiatan pelatihan seminar dan studi lanjut.  Analisis Data :  Uji Hepotesis  Analisis Jalur Path

6 Sumber : data primer diolah (2010)

7  Kesimpulan 1. Pendidikan lanjutan, pelatihan dan Magang, Seminar dan Penataran MELALUI DUKUNGAN ORGANISASI tidak berpengaruh terhadap peningkatan mutu dosen. 2. Pengaruh secara langsung pendidikan lanjutan, pelatihan dan magang, seminar dan penataran terhadap peningkatan mutu dosen LEBIH BESAR dibandingkan pengaruh secara tidak langsung pendidikan lanjutan, pelatihan dan magang, seminar dan penataran  Saran 1. Strategi pengembangan SDM dititikberatkan pada kegiatan Seminar dan Penataran. 2. Adanya Analisis lanjutan mengenai kebutuhan pelatihan agar kegiatan-kegiatan yang dapat memberikan kontribusi positif bagi kelangsungan peningkatan mutu dosen dapat tepat sasaran. 3. Perguruan tinggi harus meningkatkan kualitas SDM tenaga Edukatifnya sehingga loyalitas dan retensi mahasiswa dan masyarakat dapat dipertahankan. 4. Dukungan pemerintah dengan mengalokasikan dana APBD bagi pembangunan mutu dosen.

8  Diambil dari 48 sumber pustaka, diantaranya sebagai berikut : Agustinus,S.W, Manajemen Strategik Pengantar Proses Berpikir Strategik. Binarupa Aksara. Jakarta. Arif,Sritua Metodologi Penelitian Ekonomi, UI Press, Jakarta Dajan,A.,1986. Pengantar Metode Statistik, Jilid 1 & 2. LP3ES. Jakarta Walker W.J.,2003.Human resources Strategy. Fifth Edition. Mcgraw-Hill Inc Widyasari Suzy, Agustus 2003.”Strategi Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia 9SDM) Dalam Memasuki Era Global”. Fokus Ekonomi, Vol.2, No.2, Semarang.

9 Presentation By : Fatma Rahmi TERIMA KASIH


Download ppt "Penulis : Fransina Wattimena Fakultas Ekonomi Universitas Pattimura Ambon Penerbit : Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol 12, No. 2, September 2010."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google