Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1. P Pengertian Perburuan Liar 2. S Sebab-sebab Perburuan Dapat Menjadi Ilegal 3. A Akibat Perburuan Liar 4. C Cara Pencegahan Perburuan Liar.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1. P Pengertian Perburuan Liar 2. S Sebab-sebab Perburuan Dapat Menjadi Ilegal 3. A Akibat Perburuan Liar 4. C Cara Pencegahan Perburuan Liar."— Transcript presentasi:

1 1. P Pengertian Perburuan Liar 2. S Sebab-sebab Perburuan Dapat Menjadi Ilegal 3. A Akibat Perburuan Liar 4. C Cara Pencegahan Perburuan Liar

2 NAMA ANGGOTA KELOMPOK 7 1. Zahra Tusholihah. 2. Zaid Rizal Ibrahim Nur. 3. Zulfian Arif. 4. Zumara Ikhsani Salam.

3 PENGERTIAN PERBURUAN LIAR Perburuan liar adalah pengambilan hewan dan tanaman liar secara ilegal dan bertentangan dengan peraturan konservasi serta managemen kehidupan liar.

4 SEBAB-SEBAB PERBURUAN DAPAT MENJADI ILEGAL Perburuan t idak p ada musimnya. C ontoh : B erburu pada m usim p erkawinan. Perburuan t idak m emiliki izin y ang s ah. Menjual h asil b uruan ( hewan m aupun t anaman ) untuk m endapatkan keuntungan. Berburu d i l uar w aktu yang d itentukan Berburu m enggunakan senjata y ang d ilarang pada h ewan y ang d iburu. Hewan d an t anaman y ang diburu b erada d alam wilayah y ang d ibatasi.

5 Lanjutan... Hak u ntuk m emburu s uatu hewan d iklaim o leh seseorang. Jenis u mpannya t idak manusiawi. C ontoh : M akanan yang t elah d icampur r acun. Menggunakan c ara b erburu yang d ilarang. C ontoh : Menggunakan l ampu s orot k e rusa d an b erburu p ada kendaraan y ang b ergerak. Hewan d an t anaman y ang diburu a dalah y ang dilindungi o leh h ukum a tau spesies y ang t erancam punah. Hewan a tau t anaman y ang diburu t elah d itandai u ntuk penelitian.

6 ALAT BERBURU YANG DILARANG Menggunakan senapan. Menggunakan lampu sorot guna membingungkan hewan yang diburu. Menggunakan umpan makanan yang mengandung racun.

7 PERBURUAN RUSA DI LAMPUNG BARAT Pemburuan marak di beberapa wilayah di Lampung Barat, dan mengancam kelestarian satwa seperti rusa dan beberapa satwa lain, yang keberadaannya kini semakin sedikit. Masyarakat yang berada dekat di area hutan, memanfaatkan potensi hutan dengan melakukan pemburuan satwa, yang mana satwa yang diburu tersebut menjadi sumber makan pokok bagi hewan pemangsa lain seperti harimau. Semakin sedikitnya populasi rusa di Lampung Barat, berpotensi terjadinya konflik hewan dan manusia, beberapa daerah di Lampung Barat menjadi langganan masuknya hewan buas seperti harimau, yang masuk ke perkampungan dan memangsa hewan ternak warga.

8 Kondisi ini jelas akan menggangu masyarakat dalam beraktifitas karena dicekam ketakutan, dimana sewaktu waktu hewan buas tersebut kembali masuk ke perkampungan dan memangsa apa saja yang di temui termasuk manusia. Hingga saat ini belum ada data jelas berapa jumlah populasi rusa yang masih bertahan, tetapi melihat dilapangan populasi itu semakin sedikit, dibuktikan dengan semakin jarang rusa menampakan diri baik dipadang rumput atau di pinggiran hutan, kalaupun ada hanya empat hingga enam ekor saja. Kondisi ini harus segera mendapat tindakan, jika lamban diprediksi dalam beberapa tahun kedepan populasi rusa akan punah.

9 AKIBAT PERBURUAN LIAR Berkurangnya jumlah hewan yang diburu. Bahkan dapat mengakibatkan kepunahan. Merusak ekosistem yang berdampak ke hewan- hewan lain. Adanya serangan-serangan hewan buas yang kehabisan mangsa (Terutama hewan karnivora) menuju perkampungan terdekat, dan menjadikan manusia menjadi mangsa mereka.

10 CARA MENCEGAH PERBURUAN LIAR Membuat undang-undang tentang perburuan, dengan sanksi yang tegas bagi yang melanggar. Mengadakan patroli di wilayah hewan atau tumbuhan yang ditentukan. Membuat penangkaran, suaka marga satwa, cagar alam.

11 SUMBER ARTIKEL DAN GAMBAR TERIMA KASIH...


Download ppt "1. P Pengertian Perburuan Liar 2. S Sebab-sebab Perburuan Dapat Menjadi Ilegal 3. A Akibat Perburuan Liar 4. C Cara Pencegahan Perburuan Liar."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google