Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

INFORMASI ASIMETRIS By Agustina Shinta. What is it? Untuk memberikan penilaian yang tepat tentang input yang akan digunakan, perusahaan harus memiliki.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "INFORMASI ASIMETRIS By Agustina Shinta. What is it? Untuk memberikan penilaian yang tepat tentang input yang akan digunakan, perusahaan harus memiliki."— Transcript presentasi:

1 INFORMASI ASIMETRIS By Agustina Shinta

2 What is it? Untuk memberikan penilaian yang tepat tentang input yang akan digunakan, perusahaan harus memiliki informasi tentang ketersediaan input, harga dan kualitas input Tidak adanya informasi yang lengkap, menyebabkan rumah tangga atau perusahaan dalam membeli output atau input, akan melakukan pilihan yang salah (ADVERSE SELECTION).

3 Pertukaran sukarela menyebabkan efisiensi, tapi ? Pertukaran selalu tidak sukarela dalam bisnis, jadi timbul inefisiensi Masalah yang terjadi apabila : pembeli atau penjual melakukan pertukaran dengan pihak lain yang memiliki informasi lebih banyak Masalah yang lain timbul adalah : BAHAYA MORAL (MORAL HAZARD), muncul ketika salah satu pihak dalam kontrak meneruskan biaya perilakunya pada pihak lain pada kontrak itu, cth : asuransi

4 SOLUSI PASAR -Informasi yang asimetris, bisa dilakukan dengan pencarian pasar (market search) baik konsumen maupun produsen SOLUSI PEMERINTAH - Ketika informasi itu sangat mahal untuk dikumpulkan dan disebarkan oleh individu, mungkin akan lebih murah bila pemerintah yang menghasilkannya satu kali untuk semua orang

5 PILIHAN SOSIAL -Masalah memutuskan apa yang diinginkan oleh masyarakat. Proses penampungan preferensi individu dalam menentukan pilihan untuk masyarakat secara keseluruhan TEORI KEMUSTAHILAN (IMPOSIBLE THEOREMA) - Oleh Kenneth Arrow, yang memperlihatkan bahwa tidak ada sistem penjualan preferensi individu menjadi keputusan sosial yang akan memberikan hasil yang konsisten dan tak subyektif.

6 Prinsip Ekonomi : Peran Pemerintah tidak selalu dapat mencapai efisiensi ekonomi Kenapa? 1.Ukuran kerugian dan manfaat sosial sulit dilakukan dan tidak akurat 2.Tidak ada mekasnisme yang tepat untuk menentukan preferensi warga negara tentang barang publik 3.Jumlah pemborosan, korupsi dan inefisiensi dalam pemerintahan adalah masalah yang besar 4.Baik pejabat yang terpilih maupun yang ditunjuk memiliki kebutuhan dan preferensi sendiri


Download ppt "INFORMASI ASIMETRIS By Agustina Shinta. What is it? Untuk memberikan penilaian yang tepat tentang input yang akan digunakan, perusahaan harus memiliki."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google