Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MASSA PADAT DENGAN INTI MAGMA Ø: 12.757 KM, LINGKAR: 40.000 KM SUHU: HANGAT (KARENA JARAK DENGAN MATAHARI TAK TERLALU JAUH/DEKAT) SUDUT INCLINASI 23,5º,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MASSA PADAT DENGAN INTI MAGMA Ø: 12.757 KM, LINGKAR: 40.000 KM SUHU: HANGAT (KARENA JARAK DENGAN MATAHARI TAK TERLALU JAUH/DEKAT) SUDUT INCLINASI 23,5º,"— Transcript presentasi:

1 MASSA PADAT DENGAN INTI MAGMA Ø: KM, LINGKAR: KM SUHU: HANGAT (KARENA JARAK DENGAN MATAHARI TAK TERLALU JAUH/DEKAT) SUDUT INCLINASI 23,5º, BEROTASI DAN BEREVOLUSI KEKHASAN (DIBANDING PLANET LAIN) TERDAPAT AIR MEMILIKI ATMOSFER SEBAGAI PELINDUNG BUMI DARI SINAR KOSMIK DAN ULTRA VIOLET (ADA OZON), MENGANDUNG O 2, MEMILIKI MEDAN MAGNET SEBAGAI PERANGKAP ZARAH YANG MERUSAK (DARI MATAHARI) TERKUMPUL DI ZONA VAN ALLEN ( KM) JIKA ZARAH ADA YANG LOLOS DITANGKAP OLEH MAGNET BUMI YANG MENIMBULKAN CAHAYA KUTUB (AURORA: BOREALIS DI UTARA DAN AUSTRALIS DI SELATAN)

2 BUMI Bumi mengorbit matahari, tidak membuat pusing karena: Bumi berjalan di ruang angkasa yang hampa/tidak menentang gerakan. Pengaruh gravitasi; semua benda di planet tetap ditempatnya. Bumi merupakan planet istimewa, karena: Jarak dari matahari tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh Terdapat air Mempunyai atmosfer Suhu tidak ekstrem Atmosfer ada oksigen Atmosfer sebagai pelindung

3 BULAN 1.Sambil mengelilingi bumi sekali, bulan berotasi sekali pula. 2.Gravitasi bulan 1 / 6 gravitasi bumi  di bulan semua kelihatan lebih ringan. 3.Langit di bulan tampak hitam karena bulan tidak mempunyai atmosfer. 4.Tanah di bulan tidak berwarna, penuh dengan kawah, batu dan debut, karena bombardemen meteorit berjuta-juta tahun. 5.Suhu pada siang hari 100 o C. Suhu pada malam hari –150 o C. 6.Terbentuknya hampir bersamaan dengan terbentuknya bumi. 7.Berat bulan = 1 / 81 berat bumi. 8.Perbedaan batuan di bumi dan bulan menunjukkan bahwa bumi dan bulan tidak bersatu. 9.Ada pendapat bahwa bulan terpisah setelah bumi membentuk kerak. 10.Bulan tidak punya atmosfer dan air. 11.Pada waktu bumi melepas kerak, akibatnya timbul ketegangan pada bumi  benua Asia ditarik ke timur dan benua Amerika ditarik ke barat  lautan Atlantika.

4 Bumi sendiri dari lapisan-lapisan yang konsentris, disebut sphaira /sfera/sfir. Berdasarkan sifat bahan penyusun, keguanaan bagi manusia, sfere tersebut terdiri dari: 1.Atmosfer 2.Hidrosfer 3.Lithosfer 4.Barysfer GEOSFER Terdapat zone kehidupan, disebut biosfer Atmosfer: udara yang mengelilingi bumi Dissipasisfer 75 – 750 km : Ionosfer 15 – 75 km : Stratosfer 0 – 15 km : Troposfer Permukaan bumi

5 Untuk meteorologi dan klimatologi Pertanian, lapisan yang paling penting adalah Troposfer. Sifat-sifat umum Atmosfer: 1.Tidak berbau, tidak berwarna, tidak berasa dan dapat diraba. 2.Dinamis, mudah bergerak/mengalir jika terdapat perbedaan tekanan. 3.Elastis/dapat dimampatkan (mengkerut). 4.Konduktor panas yang jelek/apat memindahkan panas dengan pengaliran (konveksi). 5.Dapat ditembus oleh macam-macam sinar. 6.Mempunyai tekanan. 7.Lengket pada bumi, karena gravitasi. Susunan Atmosfer Gas utama:nitrogen, oksigen, argon, CO 2 Gas jarang:neon, xenon, kripton, hidrogen, helium, metan, dinitrogen oksida.

6 Sfera dari Atmosfer Troposfer: Tebal tipisnya tidak sama, makin ke atas makin tipis Tempat terjadinya fenomena cuca dari iklim. Adanya partikel untuk kondensasi dan sublimasi. Memancarkan radiasi matahari  efek biru langit. Stratosfer: 6 – 9 mil di atas troposfer. Dingin, bersih, udara tipis dan kering. Terdapat keseimbangan antara absorbsi dan pengeluaran radiasi  tak ada konveksi. Makin tinggi tempat makin rendah, tetapi juga tergantung letak garis lintang.

7 Stratosfer Setelah ketinggian 250 mil temperatur naik, karena tak ada konveksi, hal ini diketahui dari pengamatan lewat meteor dan gelombang suara. Pada ketinggian 20–25 km atau 12–30 mil adalah daerah zona yang paling tinggi intensitasnya, dibandingkan lapisan di atas dan di bawahnya, sangat baik untuk penyerapan sinar ultra violet yang dapat merasuk kulit dan penyebab kebutaan Ionosfer 37 mil di atas ozonosfer Terdapat lapisan yang mengandung listrik  lapisan ion (ionosfer). Bersifat konduktef karena terdapat elektron bebas dan ion hasil gas yang teradiasi olehmatahari. Terdiri dari 3 lapisan (D, E, F) yang terletak pada ketinggian tertentu, dipengaruhi oleh faktor siang, malam, musim, dan lain- lain. Lapisan ion ini menyebabkan merambatnya gelombang radio.

8 Aurora Disebut sinar kutub. Terjadi karena gas di bagian atmosfer yang tinggi bercahaya (yang merupakan akibat dari perubahan listrik). Bentuk aurora ini dapat seperti: busur, tabir, jalur atau jejak. Jika terjadi di: Belahan bumi utara disebut aurora borealis. Belahan bumi selatan disebut aurora australis. Hidrosfer Yaitu air yang ada di atas muka bumi, + 72%. Berupa laut/samudera, danau, sungai. Dasar laut:  Shelf:sepanjang pantai, kedalaman rata-rata 20m, kaya ikan, minyak bumi.  Flat:seperti shelf, lebihluas, kedalaman 200 m, kaya ikan dan minyak bumi.  Trog:lembah yang dalam dan memanjang di dasar laut.

9 Air laut bergerak  arus laut. Gerakan air laut disebabkan :  Angin yang bertiup  Perbedaan kadar garam  Perbedaan berat jenis air laut  Perbedaan pasang naik dan pasang surut. Arus laut berpengaruh iklim, karena adanya arus panas dan arus dingin. Arus panas  1.Musim dingin tidak terlalu dingin 2.Air laut tak beku. Arus dingin  berpengaruh penguapan air laut Angin kering  daratan kering Pertemuan arus panas dan dingin  baik untuk kehidupan ikan Pertemuan udara dingin di atas arus dingin dengan udara panas di atas arus panas berbahaya kabut tebal. Arah arus laut perlu diperhitungkan untuk pelayaran.

10 Lithosfer = bagian padat pada bumi Berdasarkan terjadinya ada 3 jenis : 1.Batuan beku:terjadi dari pembekuan magma (terdiri dari mineral - batuan andesit. 2.Batuan sedimen:dari pengendapan bahan organik/tumbuhan - batuan kapur 3.Batuan metamorf:perubahan dari batuan beku karena t. dan p. - batu bara, batu marmer Deferensiasi = perbedaan komponen penyusun Lithosfer, dipengaruhi oleh berat jenis unsur, perubahan temperatur dan tekanan, juga gerakan lapisan dalam bumi (gerakan tektonik).

11 Berdasarkan tempat terjadinya, batuan Lithosfer dibedakan atas : 1.Batuan intrusif:terjadi di bagian dalam, jauh dari permukaan bumi 2.Batuan ekstrusif:terjadi di dekat permukaan bumi. 3.Batuan hypoobisis:terjadi dalam gang/saluran kulit bumi Lapisan dalam bumi karena peristiwa deferensiasi Lapisan Sima -Bagian bawah dari kerak bumi -Terdiri dari silika dan Magnesium Lapisan Si - Al -Bagian atas dari kerak bumi -Terdiri dari Silika dan Aluminium


Download ppt "MASSA PADAT DENGAN INTI MAGMA Ø: 12.757 KM, LINGKAR: 40.000 KM SUHU: HANGAT (KARENA JARAK DENGAN MATAHARI TAK TERLALU JAUH/DEKAT) SUDUT INCLINASI 23,5º,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google