Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MOTIF UKIRAN TORAJA Salah satu hasil budaya yang terkenal dari Toraja adalah ukiran. ukiran Toraja menggunakan medium kayu bujur sangkar berukuran 20x20.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MOTIF UKIRAN TORAJA Salah satu hasil budaya yang terkenal dari Toraja adalah ukiran. ukiran Toraja menggunakan medium kayu bujur sangkar berukuran 20x20."— Transcript presentasi:

1

2 MOTIF UKIRAN TORAJA

3 Salah satu hasil budaya yang terkenal dari Toraja adalah ukiran. ukiran Toraja menggunakan medium kayu bujur sangkar berukuran 20x20 cm berfungsi sebagai hiasan dinding. Ukiran Toraja merupakan pahatan dua dimensi yang menyerupai relief dan diberi warna-warna yang kuat Serta menonjolkan nuansa etnik.

4 DIANTARANYA ADALAH

5 MOTIF NE’LIMBONGAN

6  Bentuk dasarnya adalah lingkaran yang dibatasi bujur sangkar.  Motif ini menggambarkan keempat arah mata angin utama yang dipercaya sebagai sumber rejeki.  Ne'Limbongan juga dipercaya sebagai pencipta ukiran Toraja.

7 PA’BARRE ALLO

8 kkata "barre" yang berarti bundaran dan "allo" yang berarti matahari. BBentuknya utamanya adalah empat lingkaran di dalam bujur sangkar. UUkiran yang melambangkan kebesaran Toraja  Banyak ditemui di pucuk rumah-rumah adat Toraja.

9 PA’KAPUK BAKA

10  Motif ini terlihat seperti gambar bunga  Bentuk utamanya adalah 4 lingkaran yang saling berpotongan dan tersimpul dengan rumit.  Dahulu ukiran ini dipakai sebagai tanda tempat penyimpanan harta.  Simpul motif yang rumit dimaknai sebagai kesatuan keluarga yang tidak boleh tercerai berai demi kemakmuran.

11 PA’KADANG PAO

12  Motif Pa'Kadang Pao berbentuk arsiran garis yang saling berhubungan.  Melambangkan kerja sama,  Garis-garis lurusnya menggambarkan kejujuran dalam mencari rejeki.

13 PA’BULU LANDONG

14  Motif ini berbentuk rangkaian garis melengkung  Dimaknai sebagai bulu ayam jantan (Landong berarti ayam jantan).  Motif ini melambangkan kejantanan, keperkasaan, dan kebijaksanaan.

15


Download ppt "MOTIF UKIRAN TORAJA Salah satu hasil budaya yang terkenal dari Toraja adalah ukiran. ukiran Toraja menggunakan medium kayu bujur sangkar berukuran 20x20."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google