Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Norman Fajar Adiguna 20100510064 CENTRAL INTELLIGENCE AGENCY Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Norman Fajar Adiguna 20100510064 CENTRAL INTELLIGENCE AGENCY Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012)"— Transcript presentasi:

1 Norman Fajar Adiguna CENTRAL INTELLIGENCE AGENCY Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012)

2 Central Intelligence Agency Sebagai Aktor Politik Luar Negeri Amerika Serikat Sub Judul Presentasi : Latar Belakang Pembentukan CIA Peran dan Wewenang CIA Fungsi CIA Kontroversi dari CIA

3 Latar Belakang Politik Luar Negeri Amerika Serikat telah mengalami perubahan semenjak awal pembentukan Negara tersebut. Sehingga memunculkan beberapa aktor Luar Negeri dari Amerika Serikat. Seperti Presiden, NSC, Kongres, Media Massa, Kelompok Kepentingan dan juga CIA. CIA pada awalnya digunakan sebagai badan intelejen. Namun selama perjalanannya CIA menjelma sebagai alat Propaganda Amerika Serikat.

4 Pembentukan CIA Badan Intelijen Pusat atau Central Intelligence Agency ialah dinas rahasia pemerintah Amerika Serikat. Dibentuk pada 18 September 1947 dengan penandatanganan NSA (National Security Act) oleh Presiden Harry S. Truman. Tujuan Utama Pembentukan pada saat itu adalah mengumpulkan dan menganalisa serta menyampaikan analisa kepada Presiden dan Dewan Keamanan.

5 Peran dan Wewenang CIA (1) Pada era Perang Dingin dengan Uni Soviet, tugas-tugas CIA lebih banyak diarahkan pada kontra-intelijen. Kini, CIA juga mulai menangani peredaran narkotika, organisasi kejahatan internasional, perdagangan senjata gelap, dan yang paling hangat ialah kontra-teroris.

6 Peran dan Wewenang CIA (2) CIA memiliki wewenang untuk melakukan kegiatan mata-mata secara rahasia diluar negeri dan mengumpulkan data dari negara-negara asing dan melaporkan hasilnya kepada Presiden ataupun Kongres sehingga mempengaruhi kebijakan.

7 Fungsi CIA (1) Fungsi utama CIA adalah untuk mengumpulkan informasi tentang pemerintah asing, perusahaan, dan individu, dan untuk memberikan saran kebijakan publik, tetapi tidak melakukan operasi darurat taktis dan melakukan operasi rahasia, dan mengerahkan pengaruh politik asing melalui divisi taktis, seperti Divisi Aktivitas Khusus.

8 Fungsi CIA (2) Namun pada saat sekarang ini fungsi CIA sudah semakin berubah terutama paska Reformasi Intelijen dan Undang-Undang Terorisme Pencegahan Tahun 2004 dibuat kantor Direktur Intelijen Nasional (DNI). Sehingga CIA masih memiliki sejumlah fungsi yang sama dengan badan-badan intelijen negara lainnya seperti FBI untuk Departemen Kehakiman, dll.

9 Kontroversi CIA (2) Operasi Penggulingan Presiden SoekarnoOperasi Penggulingan Presiden Soekarno Operasi Gerakan 30 S/PKIOperasi Gerakan 30 S/PKI Perang Irak pada tahun 2003Perang Irak pada tahun 2003 Penjara RahasiaPenjara Rahasia

10 Terimakasih

11 Daftar Pustaka https://www.cia.gov/about-cia/history-of-the- cia/index.htmlhttps://www.cia.gov/about-cia/history-of-the- cia/index.html Dr. Bambang Cipto, Politik & Pemerintahan Amerika,Lingkaran Buku, 2007 Woodward, Bob (November 18, 2001). "Secret CIA Units Playing Central Combat Role". Washington Post. Retrieved February 26, 2012.Woodward, Bob "Secret CIA Units Playing Central Combat Role" etc.


Download ppt "Norman Fajar Adiguna 20100510064 CENTRAL INTELLIGENCE AGENCY Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google