Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DISKUSIDISKUSI Mata Kuliah Bahasa Indonesia Kelompok 9 Aji Zalmyn.P.N.R 1108015009 Bayu Prasetyo 1108015013 Bayu Saputra 1108015014 Iranda Nadya.F 1108015025.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DISKUSIDISKUSI Mata Kuliah Bahasa Indonesia Kelompok 9 Aji Zalmyn.P.N.R 1108015009 Bayu Prasetyo 1108015013 Bayu Saputra 1108015014 Iranda Nadya.F 1108015025."— Transcript presentasi:

1

2 DISKUSIDISKUSI Mata Kuliah Bahasa Indonesia Kelompok 9 Aji Zalmyn.P.N.R Bayu Prasetyo Bayu Saputra Iranda Nadya.F Maya sari Sofiana Muhammad Hanafi

3 Apa Itu DISKUSI ???

4 SATU!!! DISKUSI adalah sebuah interaksi komunikasi antara dua orang atau lebih/kelompok. Biasanya komunikasi antara mereka/kelompok tersebut berupa salah satu ilmu atau pengetahuan dasar yang akhirnya akan memberikan rasa pemahaman yang baik dan benar. Diskusi bisa berupa apa saja yang awalnya disebut topik. Dari topik inilah diskusi berkembang dan diperbincangkan yang pada akhirnya akan menghasilkan suatu pemahaman dari topik tersebut.

5 DUA!!!! DISKUSI adalah suatu cara bertukar pikiran antara 2 orang atau lebih mengenai suatu topik tertentu. Yang terjadi dalam suatu diskusi adalah keadaan yang cukup menyenangkan, di mana para peserta mengutarakan pendapatnya masing-masing mengenai suatu subjek tertentu. Sifatnya berbentuk intelektual dan emosi tidak banyak berperan dalam bentuk bertukar pikiran ini.

6 TIGA!!!! DISKUSI adalah percakapan yang komunikatif antara dua orang atau lebih tentang menyepakati “make a deal” mengenai suatu topik pembicaraan.

7 EMPAT!!! DISKUSI adalah sebuah interaksi komunikasi antara dua orang atau lebih/kelompok dalam proses tukar menukar informasi, pendapat, dan unsur unsur pengalaman secara teratur dengan maksud untuk mendapatkan pengertian bersama yang lebih jelas.

8 SYARAT DISKUSI

9 BAGI PESERTA DISKUSI 1. Pengertian yang menyeluruh tentang pokok pembicaraan. 2. Sanggup berpikir bebas dan lugas. 3. Pandai mendengar, menjabarkan dan menganalisa. 4. Mau menerima pendapat orang lain yang benar. 5. Pandai bertanya dan menolak secara halus pendapat lain.

10 BAGI PEMIMPIN DISKUSI 1. Sikap hati-hati, cerdas dan tanggap. 2. Pandai menyimpulkan. 3. Sikap tidak memihak.

11 CATATAN BERKOMUNIKASI DALAM KELOMPOK 1. Tata tertib tidak ketat. 2. Setiap orang diberi kesempatan berbicara. 3. Kesediaan untuk berkompromi.

12 MACAM-MACAM DISKUSI Macam- macam DISKUSI Seminar Sarasehan /Simposiu m Lokakarya /Sanggar Kerja Santiaji Mukta mar Konfere nsi Diskusi Panel Diskusi Kelomp ok

13 PENGERTIAN 1. Seminar: Pertemuan para pakar yang berusaha mendapatkan kata sepakat mengenai suatu hal. 2. Sarasehan/Simposium: Pertemuan yang diselenggarakan untuk mendengarkan pendapat prasaran para ahli mengenai suatu hal/masalah dalam bidang tertentu. 3. Lokakarya/Sanggar Kerja: Pertemuan yang membahas suatu karya. 4. Santiaji: Pertemuan yang diselenggarakan untuk memberikan pengarahan singkat menjalang pelaksanaan kegiatan. 5. Muktamar: Pertemuan para wakil organisasi mengambil keputusan mengenai suatu masalah yang dihadapi bersama. 6. Konferensi: Pertemuan untuk berdiskusi mengenai suatu masalah yang dihadapi bersama. 7. Diskusi Panel: Diskusi yang dilangsungkan oleh panelis dan disaksikan/dihadiri oleh beberapa pendengar, serta diatur oleh seorang moderator. 8. Diskusi Kelompok: Penyelesaian masalah dengan melibat kan kelompok-kelompok kecil.

14 BAGAIMANAKAH CARA BERDISKUSI YANG BAIK????

15 SATU!!! 1. Bahasa yang baik. Bahasa yang baik adalah yang jelas dan komunikatif, istilah-istilah dipakai secara tepat. Istilah tepat tidak harus mengacu pada kamus, bisa juga mengacu pada kelaziman pemakaian. Dalam satu kalimat sebaiknya tidak dicampur berbagai bahasa.

16 DUA!!!! 2. Logika yang baik. Logika yang baik adalah yang konsisten dan mentaati kaidah-kaidah logika. Jadi tidak berkontradiksi antara bagian satu dengan yang lain.

17 TIGA!!!! 3. Etiket yang baik. Tidak menyinggung pribadi pembicara lain, tidak menggunakan kata kata kasar. Sopan. Mengikuti adab yang berlaku. Misalnya di forum internet ini pemakaian huruf besar, tanda seru yang banyak, warna merah, bisa dianggap bersuara keras, marah, membentak, atau semacam itu. Kalau maksudnya begitu sebaiknya dihindari.

18 EMPAT!!! 4. Proporsi yang baik. Jangan sampai bagian yang tidak penting dibahas berpanjang panjang sehingga menyembunyikan bagian yang inti. Banyak pergunakan alinea-alinea untuk memudahkan membaca. Proporsi yang enak, dalam satu alinea adalah 2-3 kalimat. Paling banyak 5. Kalau terlalu banyak dalam kalimat panjang panjang, bagi pembaca memerlukan konsentrasi yang berlebihan untuk mencerna proporsi itu.

19 LIMA!!! 5. Gaya (style) yang baik. Gaya penting bagi penulis yang makin matang. Gaya yang menarik bisa meyakinkan lebih, sekalipun substansi (isi) yang dibicarakan sama. Di era modern ini, gaya minimalis berjaya dan makin marak. Artinya, penggunaan sebuah kata dihemat sehemat hematnya, sehingga nilai kata itu menjadi makin penting dalam kalimat2. Ini sejalan dengan perkembangan puisi. Bila dulu puisi memakai kalimat panjang2, berbunga bunga, berbait bait dan bersajak ketat, puisi modern lebih bebas namun hemat, singkat tetapi padat.

20 TAHUKAH KAMU BAGAIMANA ISI DISKUSI YANG BAIK DAN BENAR????

21 SATU!!! 1. Berguna bagi partisipan Dalam setiap forum ada partisipannya. Jenisnya bisa berbeda beda. Isi diskusi harus bermanfaat bagi peserta diskusi. Manfaat yang diambil dari diskusi itulah yang menjadi tujuan utama diskusi.

22 DUA!!!! 2. Relevan dengan topik Sekalipun bermanfaat, tetapi bisa juga tidak relevan (berhubungan). Dan kalau isi tidak relevan, akan mengacaukan kerapihan komunikasi. Relevansinya bisa diurut mulai dari siapa partisipannya, apa jenis forumnya, apa threadnya, apa topiknya, dst sampai kepada yang lebih rinci.

23 TIGA!!!! 3. Bisa dipertanggung-jawabkan. Dalam diskusi kadang kita mengambil lagi kata kata yang pernah diucapkan (quoting). Perlu diperhatikan jangan sampai keliru mengambilnya. Tidak jarang terjadi mengambil kata kata yang pernah diucapkan tapi ditambahi dengan opini dan interpretasi pribadi tanpa menjelaskan lebih lanjut. Maka isi diskusi mudah tergeser dari substansi kepada upaya menyerang dan mempertahankan tentang apa yang dikatakan atau tidak dikatakan. Ini menurunkan mutu diskusi.

24 SELESAI Terima Kasih atas perhatiannya


Download ppt "DISKUSIDISKUSI Mata Kuliah Bahasa Indonesia Kelompok 9 Aji Zalmyn.P.N.R 1108015009 Bayu Prasetyo 1108015013 Bayu Saputra 1108015014 Iranda Nadya.F 1108015025."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google