Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh : Dr. Karwadi, M.Ag. FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh : Dr. Karwadi, M.Ag. FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA."— Transcript presentasi:

1 Oleh : Dr. Karwadi, M.Ag. FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

2  Prestasi besar hari esok dimulai dari yang kecil pada hari hari ini.  Kesuksesan dan keberhasilan hanya bagi orang yang mampu melakukan tugas kecil dengan kesungguhan yang besar.

3  Guru yg profesional memiliki kemampuan : (1) merencanakan PBM, (2) melaksanakan & memimpin KBM, (3) menilai kemaju-an KBM, dan (4) menafsirkan serta memanfaatkan hasil penilaian kemajuan KBM.  Guru profesional memiliki kemandirian dalam melaksanakan profesinya. Konsekuensi logis dari kemandirian guru profesional harus selalu melakukan refleksi terhadap apa yang telah dilakukannya.  Dibutuhkan guru yang pandai meneliti sekaligus memperbaiki proses pembelajarannya.  Kemampuan meneliti merupakan cerminan guru yang profesional.

4  PTK bentuk penelitian yang bersifat reflektif (me-ngulas secara kritis) dengan melakukan tindakan tertentu untuk memperbaiki/meningkatkan praktek pembelajaran di kelas secara lebih profesional.  Tujuan utama PTK adalah untuk memperbaiki/me-ningkatkan, namun didasarkan pada hasil penelitian eksplorasi (pendahuluan) sehingga menghasilkan suatu action (tindakan).  Penelitian eksplorasi bertujuan untuk mendapat-kan berbagai permasalahan di kelas dan berbagai kemungkinan pemecahannya.

5 1. Lemahnya pemahaman terhadap konsep dan prinsip PTK 2. Tidak tersedianya anggaran untuk melakukan PTK 3. Belum membudayanya reflecting thinking melalui portofolio (catatan kinerja dari waktu ke waktu yang dibuat sendiri dengan sejujur-jujurnya)- ”Hendaklah setiap diri melihat apa yang telah diperbuatnya untuk esok hari” (QS. Al-Hasyr :18) 4. Tidak adanya pembimbing penelitian di sekolah 5. Mentalitas suka pada kemapanan daripada mengikuti perkembangan

6  Tidak mengganggu komitmennya sebagai guru. Untuk itu guru harus : (1) tetap memberikan yang terbaik pada siswa, jika action-nya tidak berhasil, (2) siklus tindakan tetap mengacu terlaksananya kurikulum secara keseluruhan, (3) siklus tindakan mengacu pada penguasaan yang ditargetkan pada tahap perancangan.  Metode pengumpulan data harus tidak mengganggu proses pem-belajaran.  Metode penelitian yang digunakan hendaknya yang dapat men-jawab hipotesis.  Masalah yang dipilih hendaknya masalah yang benar- benar meri-saukan dan guru berkomitmen untuk mengatasinya.  Guru harus konsisten dan peduli terhadap etika kehidupan di ke-las karena yang dihadapi adalah anak- anak manusia.

7  Berbasis kelas selama pembelajaran  Dilakukan dengan tindakan nyata  Masalahnya riil  Masalah berpengaruh terhadap proses dan hasil pembelajaran di kelas  Dilaksanakan selama pembel.berlangsung  Bersifat kolaboratif (peneliti dan observer)  Tujuannya mengatasi masalah pembelajaran dan meningkatkan kualitas PBM.

8  Unsur Siswa  Unsur Guru  Unsur Materi Pembelajaran  Unsur Peralatan dan Sarana Pendidikan  Unsur Hasil Pembelajaran  Unsur Lingkungan Pembelajaran  Unsur Pengelolaan Pembelajaran

9 A. PERENCANAAN TINDAKAN 1. Identifikasi masalah riil di kelas, keadaan yang sedang terjadi. apa yang bisa dilakukan utk.mengatasinya. 2. Memberi alasan mengapa penelitian perlu dilakukan 3. Merumuskan masalah 4. Menetapkan hipotesis tindakan 5. Membuat rancangan tindakan secara terperinci

10 Intinya melaksanakan tindakan sesuai dengan rancangan.. Hal-hal penting dalam pelaksanaan :  Menentukan langkah-langkah secara rinci  Kegiatan yang dilakukan oleh guru dan siswa  Rincian jenis media pembelajaran yang mendukung  Disiapkan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data

11 1. Ketercapaian kompetensi (hasil post-test) 2. Kelancaran proses 3. Ketersediaan waktu 4. Keterlibatan siswa Data tersebut dikumpulkan dari catatan lapangan peneliti, feedback dari kolaborator dan feedback dari siswa.

12 D. REFLEKSI  Mengkaji secr.menyeluruh tindakan yang telah dilakukan berdasarkan data yang terkumpul melalui observasi, sebagai dasar membuat rancangan tindakan pada siklus berikutnya.

13  Judul yang baik dalam PTK  Masalah yang akan diatasi jelas  Cara mengatasi masalah yang ditawarkan jelas  Tempatnya jelas

14  Upaya mengatasi anak hiperaktif dalam pembelajaran tajwid dengan metode index card match di Kleas V SD….

15  Apa masalah riil yang terjadi di kelas ?  Mengapa masalah tersebut perlu diatasi ?  Mengapa cara….dipilih untuk mengatasi masalah ?

16  Selama ini, proses pembelajaran … di kelas…tidak berjalan secara maksimal dan hasilnya juga kurang sesuai dengan harapan. Hal ini disebabkan oleh ….  Oleh karena itu, masalah tersebut perlu diatasi dengan cara/metode….  Metode tersebut dipilih karena ….

17  Bagaimana penerapa metode…dalam meningkatkan/mengatasi…..di…  Apakah penerapan metode….dapat mengatasi/meningkatkan….di….

18  Mendeskripsikan pelaksanaan/penerapan metode...dalam....  Mengetahui keberhasilan penerapan metode....dalam...

19  Secara teoritis dapat memberikan sumbangan pemikiran ilmiah mengenai cara meningkatkan/mengatasi masalah...  Secara praktis berguna bagi guru dalam meningkatkan/mengatasi masalah...selama pembelajaran di kelas.

20 1. Hasil Penelitian yang Relevan (menyusul) 2. Landasan Teori a. Teori tentang Metode pengertian Kelebihan dan kekurang metode Tahap-Tahap Penerapan Metode...

21 b. Teori tentang …. - Pengertian …. - Perlunya … - Kriteria keberhasilan

22  Penerapan metode....dapat meningkatkan/mengatasi masalah...

23 1. Jenis Penelitian : PTK 2. Subyek penelitian (diisi orang atau pihak yang dijadikan sumber data) 3. Obyek Penelitian 4. Metode pengumpulan data 5. Skenario pelaksanaan tindakan (minimal 1 siklus) 6. Metode Analisis Data.


Download ppt "Oleh : Dr. Karwadi, M.Ag. FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google