Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

VISI - MISI CALON DEKAN FE 2013- 2017. VISI Menjadi institusi yang membentuk sumber daya manusia yang berakhlak mulia dan profesional dalam bidang ekonomi,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "VISI - MISI CALON DEKAN FE 2013- 2017. VISI Menjadi institusi yang membentuk sumber daya manusia yang berakhlak mulia dan profesional dalam bidang ekonomi,"— Transcript presentasi:

1 VISI - MISI CALON DEKAN FE

2 VISI Menjadi institusi yang membentuk sumber daya manusia yang berakhlak mulia dan profesional dalam bidang ekonomi, manajemen, dan akuntansi secara mandiri dan inovatif pada tingkat nasional dan internasional

3 MISI Mengembangkan struktur, infrastruktur, dan kultur dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas penyelenggaraan Tri Dharma perguruan tinggi dalam bidang ekonomi dengan: Mengembangkan struktur organisasi melalui redeskripsi tupoksi fungsi dekanat, jurusan, administrasi dan unit Mengembangkan unit-unit pelaksana dan pelayanan kerjasama Meningkatkan kemampuan FE di bidang pendidikan, penelitian dan pengembangan keilmuan, pengabdian kepada masyarakat, kemahasiswaan, layanan, keberlangsungan dan internasionalisasi. Mengantarkan FE yang memiliki reputasi riset dan keilmuan yang terbaik di Indonesia dalam mengembangkan serta memperluas kontribusi disiplin ilmu bagi pembangunan bangsa Indonesia. Meningkatkan kualitas dan kuantitas kelulusan

4 TUJUAN Meningkatkan kualitas dan kapasitas lembaga Meningkatkan eksistensi dan wibawa lembaga baik internal maupun eksternal Meningkatkan percaya diri, partisipasi, dan komitmen sivitas akademika Meningkatkan kapasitas dan profesionalitas sivitas akademika Meningkatkan kualitas akademik Meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan

5 SASARAN 1.Peningkatan Sarana Dan Prasarana 2.Reformasi Organisasi dan Tata Kerja 3.Disain dan Implementasi SOP 4.Peningkatan Iklim dan Kultur Akademik 5.Pengembangan Program Studi 6.Pengembangan Karyawan (t.dministrasi) 7.Kerjasama 8.Kemahasiswaan dan Alumni

6 S TRATEGI 1: P ENINGKATAN S ARANA D AN P RASARANA Akademik Menyediakan ruang kuliah yang bersih, nyaman, dan aman di RKB Menyediakan sarana prasarana proses belajar mengajar (LCD, komputer, wifi, kipas angin, GBPP/SAP dan lain-lain) yang memadai. Meningkatkan ketertiban penggunaan sarana pembelajaran. Menyediakan ruang komputer dan laboratorium/ praktikum yang memadai. Menyediakan dan mengembangkan ruang baca yang nyaman dan aman beserta referensinya yang mutakhir. Menyediakan tempat parkir yang nyaman dan aman. Melaksanakan pertemuan dengan perwakilan dosen, karyawan, dan mahasiwa minimal 2 bulan sekali. Memelihara, menjaga, dan mengembangkan hasil-hasil karya akademik dalam rangka merintis usaha menjadikan FE sebagai pusat dokumentasi literatur, naskah, dan karya-karya dokumenter dan akademik lainnya. Meningkatkan kualitas penerbitan jurnal intern menuju jurnal terakreditasi nasional. Menyelenggarakan seminar nasional dan internasional. Meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat yang relevan dengan tuntutan perubahan dan dinamika sosial.

7 LANJUTAN Administrasi dan dosen Memberikan kenyamanan dan keamanan ruang administrasi dan dosen. Melengkapi peralatan yang diperlukan oleh staf administrasi dan dosen. Mendorong dan memfasilitasi percepatan kenaikan pangkat para dosen. Memberikan pendidikan dan pelatihan secara berkelanjutan bagi para dosen dan pegawai administrasi. Mendorong peningkatan jumlah guru besar. Memberikan penghargaan secara obyektif terhadap kualitas atau prestasi dosen dan pegawai administrasi. Menyediakan tenaga mahasiswa magang di ruang adminstrasi dan jurusan Meningkatkan kebersihan, kenyamanan, dan keamanan fakultas.

8 LANJUTAN Unit-unit Mengupayakan kantor untuk unit-unit yang ada, seperti Tax Center, BPKM, PIKS, LKTREND, Koperasi, Unit Telematika, TUK, Umum Mengusulkan penghapusan aset dan penggantian/pembangunan/renovasi aset (peralatan dan ruang kuliah) kepada tim penghapusan aset dan perencanaan Universitas. Kemahasiswaan Menyediakan ruang sekretariat bersama bagi unit-unit kegiatan mahasiswa. Meningkatkan kreativitas dan inovasi mahasiswa Menyediakan ruang talent scouting di semua bidang untuk mendorong mahasiswa berprestasi di bidang karya kreasi di berbagai media, intelektual dan kemasyarakatan.

9 STRATEGI 2: REFORMASI ORGANISASI DAN TATA KERJA Membentuk dan mengembangkan unit-unit yang diperlukan oleh Fakultas, seperti Biro Pengembangan Kompetensi Mahasiswa (BPKM), Tax Center, Pusat Inkubator Keuangan Syariah (PIKS), Tempat Uji Kompetensi (TUK) sertifikasi Teknisi dan Penyelia, Koperasi, Unit Telematika Meningkatkan kualitas laboratorium hingga tingkat Prodi, Pusat – pusat Pengembangan pada masing-masing Prodi, seperti Akuntansi Sektor Publik (PPAKP), Lembaga Kajian Transformasi dan Regulasi Ekonomi Daerah (LKTREND), dan Pusat Pengembangan Manajemen (P2M), Pusat Konsultasi Koperasi. Meningkatkan kualitas Unit penjaminan mutu sehingga benar- benar berfungsi untuk meningkatkan dan mengendalikan mutu akademik, SDM, keuangan serta kinerja lembaga. Reformasi struktur organisasi agar tugas pokok, dan fungsi menjadi jelas dan tidak tumpang tindih.

10 STRATEGI 3: DISAIN DAN IMPLEMENTASI SOP 1.Menyusun dan implementasi SOP dan program (software) bidang akademik, umum dan keuangan, kemahasiswaan mandiri dan terintegrasi dengan program Universitas 2.Membuat kebijakan-kebijakan yang mendukung SOP bidang akademik, umum dan keuangan, kemahasiswaan. 3.Secara aktif membantu pemerintah dalam berbagai kebijakan dan program-program peningkatan mutu pendidikan dan pengembangan SDM.

11 STRATEGI 4: PENINGKATAN IKLIM DAN KULTUR AKADEMIK Menyelenggarakan kegiatan ilmiah (dialog/sarasehan/ diskusi/seminar/kuliah umum/bedah buku) bagi sivitas akademika dengan narasumber para dosen Fakultas Ekonomi dan/atau narasumber eksternal minimal 1 kali/bulan. Mewajibkan mahasiswa untuk mengikuti dan memiliki sertifikat kegiatan ilmiah, seperti seminar internal dan/atau eksternal minimal 5 kali sebelum ujiian skripsi tidak termasuk seminar/ujian proposal skripsi. Mewajibkan mahasiswa mengikuti kegiatan praktikum atau laboratorium untuk meningkatkan skill dan kapasitas mahasiswa (Untuk mendukung program tersebut dibuat program Forum sivitas Akademika. Forum sivitas akademika sebagai sarana silaturrahmi, komunikasi, sosialisasi, evaluasi dan solusi serta pengembangan diri. Forum sivitas akademika akan diselenggarakan sesuai kesepakatan bersama) Menyediakan ruang Mushola (tempat sholat) di Fakultas Ekonomi. Menyediakan pelatihan ESQ bagi sivitas akademika secara berkala. Mengembangkan dijitalisasi bahan ajar (e –learning). Meningkatkan penggunaan bahasa Inggris di kampus. Mendukung penerapan kebijakan penjaminan mutu (quality assurance policy) dan SPI.

12 STRATEGI 5: PENGEMBANGAN PROGRAM STUDI 1.Restrukturisasi kurikulum setiap 4 tahun sekali. 2.Mengembangkan kualitas dosen melalui studi lanjut, sertifikasi dosen, sertifikasi profesi dosen, mengikuti forum ilmiah, dan lain-lain. 3.Meningkatkan kualitas akademik melalui kegiatan studi lapang melalui visit study atau studi ekskursi, magang mahasiswa di institusi pemerintah/swasta 4.Melakukan kerjasama dengan Universitas atau institusi lain baik pemerintah maupun swasta, dalam dan atau luar negeri termasuk pondok pesantren.

13 STRATEGI 6: PENGEMBANGAN KARYAWAN (TENAGA ADMINISTRASI) Mengusulkan penambahan jumlah karyawan kepada Universitas baik melalui jalur CPNS maupun kontrak dalam bidang: umum, teknologi informasi (hardware/software maintenance), akuntansi / keuangan yang disesuaikan dengan kebutuhan. Melibatkan karyawan (User involvement) dalam kegiatan akademik. Mengikutsertakan non-degree training untuk peningkatan kualitas dan kapasitas karyawan.

14 STRATEGI 7: KERJASAMA Kerjasama Unit (Fakultas) Meningkatkan peran unit-unit di Fakultas Ekonomi untuk melakukan kerjasama dengan institusi pemerintah dan swasta dalam dan atau luar negeri. Kerjasama Program Studi Peningkatan kualitas kerjasama Program studi dengan pihak- pihak terkait untuk meningkatkan pengelolaan program studi dan akses keterjangkauan layanan pendidikan. Kerjasama Dosen Melibatkan peran dosen yang memiliki kompetensi dan jaringan dengan institusi pemerintah dan swasta, dalam dan atau luar negeri.

15 STRATEGI 8: KEMAHASISWAAN DAN ALUMNI Program kemahasiswaan berorientasi pada aspek-aspek berikut: Academic student Peningkatan kegiatan berorientasi wawasan ilmiah Peningkatan penelitian/karya ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat. Mengembangkan sikap ilmiah, kepekaan dan kepedulian sosial. Pelibatan mahasiswa dalam penelitian dosen Peningkatan kualitas dan kuantitas akses kuliah lapang mahasiswa Enterpreneur student Pengembangan minat, bakat, seni dari mahasiswa dengan mandiri dan inovatif. Leader/critical student – not follower/emotional (menyikapi situasi dan kondisi berbasis rasional/knowledge). Peningkatan kualitas Ikatan Orang tua Mahasiswa (IKOMA). Pengembangan database alumni, Forum Silaturrahim Alumni (Telusur dan update data alumni)


Download ppt "VISI - MISI CALON DEKAN FE 2013- 2017. VISI Menjadi institusi yang membentuk sumber daya manusia yang berakhlak mulia dan profesional dalam bidang ekonomi,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google