Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Studi Perbandingan Lembaga Informasi Minggu kelima – Media Massa Prodi Ilmu Informasi dan Perpustakaan Fisip Unair.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Studi Perbandingan Lembaga Informasi Minggu kelima – Media Massa Prodi Ilmu Informasi dan Perpustakaan Fisip Unair."— Transcript presentasi:

1 Studi Perbandingan Lembaga Informasi Minggu kelima – Media Massa Prodi Ilmu Informasi dan Perpustakaan Fisip Unair

2 Definisi Media : alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikan kepada khalayak Media Massa : alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan dengan menggunakan alat-alat komunikasi mekanis spt surat kabar, televisi, atau radio (Cangara, 2003)

3 Karakteristik media massa Bersifat melembaga, pihak yang melembaga terdiri dari beberapa orang. Mulai dari mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan informasi. Bersifat satu arah Meluas dan serempak, melampaui batas waktu dan jarak. Bergerak scr luas dimana informasi yang disampaian diterima banyak orang diwaktu yang sama. Memakai peralatan teknis / mekanis Bersifat terbuka, dapat diterima siapa saja dimana saja.

4 Efek media massa Chaffee : mempunyai efek yang beraitan dengan perubahan siap, perilaku, dan perasaan dari komunikannya (Ardianto, 2005)

5 Berita Definisi ? KBBI : cerita atau keterangan mengenai peristiwa atau sebuah kejadian Unsur berita: 1.Aktual 2.Jarak 3.Penting 4.Konflik Adam, dalam bukunya “Journalism” menyebutkan, berita harus bersifat mengejutkan, sesuatu yang belum kita ketahui sebelumnya, sesuatu yang dapat mempengaruhi pembaca, atau memberikan inspirasi kepada pembacanya tentang sesuatu hal yang diberitakan tsb.(Adam, in Susan, 2005)

6 Sumber berita Silahkan baca artikel yang anda dapatkan. Tentukan siapa yang dapat anda jadikan sumber berita dari artikel / headline tersebut.

7 Sumber berita Pelayanan gawat darurat: pemadam kebakaran, kantor polisi, ambulan/RS Kantor pengadilan Kantor pemerintahan: KPU Iklan, baik billboard maupun yg dimuat dimedia massa lain

8 Pengolahan berita Naskah dari wartawan Diterima redaktur untuk proses editing Lay out / perwajahan sebelum ke bagian percetakan

9 Jaringan Distribusi Berita Kantor Berita ANTARA didirikan pada tanggal 13 Desember 1937 oleh Adam Malik, Soemanang, A.M. Sipahoetar dan Pandoe Kartawagoena, ketika semangat kemerdekaan nasional digerakkan oleh para pemuda pejuang. Tahun 1962, ANTARA resmi menjadi Lembaga Kantor Berita Nasional yang berada langsung di bawah Presiden Republik Indonesia. Didukung teknologi informasi terkini, ANTARA memiliki jaringan komunikasi yang menjangkau berbagai pelosok tanah air dan dunia. ANTARA memiliki biro di setiap propinsi serta perwakilan di beberapa kotamadya/kabupaten. Agar dapat menyajikan berita luar negeri dengan persepsi nasional, ANTARA mengendalikan biro/perwakilan di New York, Canberra, Kuala Lumpur, Kairo dan Sana’a.

10 Jaringan distribusi informasi Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap informasi global, ANTARA juga menjalin kerjasama, baik secara komersial maupun non-komersial, dengan kantor-kantor berita di seluruh dunia, seperti AAP (Australia), Reuters (Inggris), AFP (Perancis), DPA (Jerman), Kyodo (Jepang), Bernama (Malaysia), Xinhua (PR China), CIC (Columbia), NAMPA (Namibia) dan lain-lainnya. Tak kurang dari 3000 berita luar negeri yang berasal dari para mitra kerjanya dan 250 berita hasil liputan wartawannya sendiri disebarluaskan setiap hari melalui teknologi komunikasi terkini, seperti VSAT dan DVB, serta berbagai teknologi berbasis Internet, seperti situs web, dan ftp ( file transfer protocol ).

11


Download ppt "Studi Perbandingan Lembaga Informasi Minggu kelima – Media Massa Prodi Ilmu Informasi dan Perpustakaan Fisip Unair."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google