Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Linux. Apa itu Linux ? ● Linux adalah sebuah Unix-jenis sistem operasi awalnya dibuat oleh Linus Torvalds dengan bantuan dari pengembang di seluruh dunia.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Linux. Apa itu Linux ? ● Linux adalah sebuah Unix-jenis sistem operasi awalnya dibuat oleh Linus Torvalds dengan bantuan dari pengembang di seluruh dunia."— Transcript presentasi:

1 Linux

2 Apa itu Linux ? ● Linux adalah sebuah Unix-jenis sistem operasi awalnya dibuat oleh Linus Torvalds dengan bantuan dari pengembang di seluruh dunia. Dikembangkan di bawah GNU General Public License, kode sumber untuk Linux tersedia secara bebas untuk semua orang.Ada banyak Varian dari Linux yang di kembangkan di seluruh dunia sebagai Sistem operasi yang Free dan Open source yang sering di kenal dengan Istilah FOSS (Free/Open Source Software).Foss adalah Konsep berbagi, merdeka dan terbuka.

3 Open Source ● Keterbukaan dalam hal ’sumber’, ‘pikiran’, dan ‘konsep’, akan memberikan kejujuran, kebebasan dan kemandirian kita dalam belajar. Hal - hal tersebut sebenarnya dalam dunia pendidikan telah kita coba terapkan, hanya saja terkadang kesetiaan akan konsistensinya sangatlah 50% telah kita langgar. ‘Source’ adalah suatu pengetahuan dan ilmu, yang tentunya juga perlu kita ‘Open’, agar keikhlasan dan kemantapan kita dalam mengajar dan mendidik, bisa kita rasakan. Tanpa adanya keinginan seperti ini, suatu ilmu tidak akan tersalur dengan sempurna. Hal ini juga otomatis telah mencakup ‘Mind’, dalam berpikir. Karena pemikiran kita terhadap masa depan, menjadi lebih tenang dan penuh pemikiran yang positif. Tanpa harus ada rasa was – was maupun khawatir. Setelah tahu semua hal tersebut, maka kepedulian akan ‘Concept’, juga tetap kita pegang teguh. Karenanya mencakup segala hal yang menyangkut misi dan visi, manajemen sampai dengan hal – hal teknis lainnya. ● Bentuk inilah yang perlu kita jalankan, tingkatkan dan kembangkan. Jika ingin ‘Open’ keterbukaan, maka ‘pelit’ ilmu harus kita berantas mulai saat ini. Jangan pernah ada kata lagi, monopoli terbatas ataupun ‘anti-sosial’ ataupun pembodohan dalam pembelajaran dan pendidikan.

4 Filosofi OpenSource, Freedom Software,... ● Setiap pengguna komputer, seharusnya mendapat kebebasan untuk menjalankan, meng-copy, mendistribusikan, mempelajari, berbagi, melakukan perubahan dan meningkatkan software mereka untuk banyak tujuan, tanpa harus membayar lisensi. ● Setiap pengguna komputer, seharusnya diberikan kesempatan yang sama untuk menggunakan software, meskipun mereka bekerja dalam kondisi ketidakmampuan, keterpurukan, kegagalan atau cacat. ● Setiap pengguna komputer, seharusnya tahu dan mengerti tentang makna dari Copyleft dan GNU/GPL. ● Setiap pengguna komputer, seharusnya tahu dan mengerti bahwa ilmu pengetahuan adalah milik bersama. Dan tidak akan berkurang walau telah diberikan kepada siapapun, justru pengetahuan akan semakin bertambah. ● Setiap pengguna komputer, seharusnya tahu dan mengerti bahwa dengan mengamalkannya secara ikhlas, berarti termasuk Ibadah.

5 Open Source itu Netral ● Ketika para pengguna, pengembang, pebisnis, pencinta, dan pendukung Open Source meminta pemerintah RI fokus ke pemanfaatan software yang dikembangkan dengan cara Open Source atau konsep pengembangan software dengan cara gotong-royong, sebagian pihak memrotes dengan alasan itu tidak netral. Tuduhan tidak netral itu salah, karena Open Source bukan nama vendor, bukan nama produk, bahkan bukan nama teknologi. Kalau memihak ke BlankOn saja misalnya, baru itu tidak netral dipandang dari sudut globalisasi saat ini. Belum tahu ke depan. :-) ● Pada awalnya, semua software dikembangkan dengan konsep [[Open Source]. Baru setelah ada UU Hak Cipta tentang software, ada gerakan Closed Source atau Proprietary. Jadi, Closed Source atau proprietary hal itu baru. Istilah [[Open Source] baru heboh, setelah dunia ICT dikuasasi (cenderung di-monopoli) software proprietary. ● Open Source hanya cara orang membuat dan mendistribusikan software. Siapa pun dapat dan boleh berbisnis dengan konsep Open Source. Perusahaan yang selama ini terkenal dengan bisnis software proprietary (biasanya tidak Open Source), tidak bisa lepas dari nurani (hakiki) pengembang software, bahwa semua sofwtare dan ICT lainnya sewajarnya Open Source. Salah satu bukti, cek info berikut ini: Pebisnis Software sewajarnya Open Source.

6 Distro Linux ● Distro Linux (singkatan dari distribusi Linux) adalah sebutan untuk sistem operasi komputer dan aplikasinya, merupakan keluarga Unix yang menggunakan kernel Linux. Distribusi Linux bisa berupa perangkat lunak bebas dan bisa juga berupa perangkat lunak komersial seperti Red Hat Enterprise, SuSE, dan lain-lain. ● Ada banyak distribusi atau distro Linux yang telah muncul. Beberapa bertahan dan besar, bahkan sampai menghasilkan distro turunan, contohnya adalah Distro Debian GNU/Linux. Distro ini telah menghasilkan puluhan distro anak, antara lain Ubuntu, BlankOn, Linux Mint, Puppy Linux, dan sebagainya. ● Untuk mendapatkan distro linux, anda dapat mendownloadnya langsung dari situs distributor distro bersangkutan, atau membelinya dari penjual lokal. ● Terdapat banyak distribusi Linux (lebih dikenali sebagai distro) yang dibuat oleh individu, grup, atau lembaga lain. Masing-masing disertakan dengan program sistem dan program aplikasi tambahan, di samping menyertakan suatu program yang memasang keseluruhan sistem di komputer (installer program). ● Inti di setiap distribusi Linux adalah kernel, koleksi program dari proyek GNU (atau proyek lain), cangkang (shell), dan aturcara utilitas seperti pustaka (libraries), kompilator, dan penyunting (editor). Kebanyakan sistem juga menyertakan aturcara dan utilitas yang bukan-GNU. Bagaimanapun, utilitas tersebut dapat dipisahkan dan sistem ala UNIX masih tersedia. Beberapa contoh adalah aturcara dan utiliti dari BSD dan sistem grafik-X (X-Window System). X menyediakan antarmuka grafis (GUI) yang umum untuk Linux.

7 Komponen SO ● Kernel ● CLI ● Desktop Environment ● Aplikasi

8 Kernel ● Windows – System32 → kernel.dll ● Linux – Linux-3.2.x.x

9 CLI CLI atau Command-Line Interface memiliki arti interaksi dengan program komputer dimana user memberikan perintah (command) ke program dalam bentuk baris teks (command lines).

10 CLI ● Windows – MS DOS ● Linux – Bash – Ksh

11 Bash Bash adalah Unix shell Dibuat oleh Brian Fox untuk GNU Project sebagai free software untuk mengganti Bourne shell (sh). Dirilis1989 dan didistribusikan secara luas sebagai shell untuk GNU operating system. Default shell pada Linux dan Mac OS X. Di-porting-kan ke Microsoft Windows melalui Cygwin danMinGW. Ke DOS oleh DJGPP project Ke Novell NetWare dan Android via berbagai aplikasi emulasi terminal.

12 Graphical User Interface GUI atau Graphical User Interface (dibaca gooey) merupakan tipe user interface yang mempermudah user untuk berinteraksi dengan perangkat elektronik menggunakan image. Digunakan pada: Komputer Perangkat genggam seperti, MP3 player atau HP Perangkat game Perangkat rumah tangga Perangkat kantor GUI merepresentasikan informasi dan aksi yang disediakan ke user melalui gambar ikon dan indikator visual lainnya, seperti notasi atau teks. Aksi dilakukan langsung dengan memanipulasi elemen–elemen grafik.

13 Komponen GUI Sekumpulan elemen GUI membentuk bahasa visual yang digunakan untuk merepresentasikan informasi dalam komputer. Kombinasi umum pada PC adalah WIMP (Window, Icon, Menu, Pointing device) Window manager memfasilitasi interaksi antara Window, Aplikasi, dan Windowing system. Windowing system menangani perangkat keras seperti pointing device dan graphic hardware. Pada PC dimodelkan sebagai metapora desktop yang disebut sebagai desktop environment.

14 Desktop Environment Lingkungan desktop (Desktop Environment = DE) Linux adalah GUI (Graphical user interface). Pada Linux (unix-like) dijalankan pada X window System.

15 Desktop Environment (GUI) ● Windows – XP : Luna – Vista, 7, 8 : Aero ● Linux – Gnome – KDE – Cinnamon – LXDE – Unity

16 Aplikasi

17 Repository ● Repository merupakan tempat penyimpanan ratusan aplikasi atau program yang telah diatur sedemikian rupa dan tersedia untuk dapat diakses melalui internet. Namun, repository tidak hanya dapat diakses melalui internet saja tetapi kita juga dapat menggunakan alternatif repository lewat distribusi pada media lain seperti DVD yang tentunya sangat membantu sekali buat kita yang tidak memliki koneksi internet yang cepat. ● Ketika melakukan update repository Ubuntu, kita melakukan download repository dari alamat server yang ada pada /etc/apt/sources.list dan default alamat server yang ada pada sources.list tersebut adalah alamat server luar, seperti archive.ubuntu.com, security.ubuntu.com.Server repository di sini berfungsi sebagai server yang menyediakan kumpulan paket software ataupun kumpulan aplikasi dari distro-distro Linux yang bisa diakses melalui internet.

18 Repository “main” ● Komponen "main" berisi aplikasi yang termasuk perangkat lunak bebas, dapat didistribusikan ulang dengan bebas, dan didukung penuh oleh tim Ubuntu. Dalam komponen ini terdapat aplikasi open source yang paling populer dan dapat dipercaya, yang sebagian besar sudah terinstal secara baku (default) saat Anda melakukan instalasi Ubuntu. ● Perangkat lunak dalam komponen main berisi aplikasi yang dirasakan penting oleh pengembang Ubuntu, komunitas, dan pengguna; dan tim keamanan dan distribusi Ubuntu berniat mendukungnya. ● Dengan menginstal perangkat lunak dari komponen main, Anda dapat percaya bahwa perangkat lunak tersebut hadir dengan perbaikan keamanan dan dukungan teknis.

19 Repository “Restricted” ● Komponen restricted disediakan bagi perangkat lunak yang umum digunakan dan didukung oleh tim Ubuntu walaupun tidak hadir dalam lisensi bebas secara penuh. Harap dicatat bahwa perangkat lunak tersebut dapat saja tidak didukung secara penuh mengingat kami tidak dapat memperbaiki sendiri perangkat lunak tersebut. Kami hanya dapat melaporkan masalah yang terjadi ke pemilik aslinya.

20 Repository “Universe” ● Komponen universe adalah gambaran dari Linux dan dunia perangkat lunak bebas dan open source. Dalam komponen universe, Anda akan mendapatkan hampir semua perangkat lunak open source maupun perangkat lunak dengan lisensi less open. Semuanya telah dibangun dari berbagai sumber yang tersedia bagi publik. Semua perangkat lunak ini disusun menggunakan library dan tool yang menjadi bagian dari komponen main. Sehingga perangkat lunak tersebut seharusnya dapat diinstal dan bekerja dengan main dengan perangkat lunak yang terdapat dalam komponen main. Namun perangkat lunak dalam komponen universe ini tidak dijamin akan mendapatkan perbaikan keamanan maupun dukungan

21 Repository “Multiverse” ● Komponen multiverse berisi perangkat lunak yang "tidak bebas" dalam artian lisensi yang disertakan pada perangkat lunak tersebut tidak sesuai dengan Kebijakan Lisensi pada Komponen "main".

22 Perintah Dasar a) cat b) clear c) date d) echo e) exit f) finger g) ls h) who i) whoami

23 Manual Man page : Membantu dalam memberikan informasi untuk user, administrator dan programmer. 1) user program and shell command 2) kernel functions 3) Library functions 4) Special files 5) File Formats and Conventions 6) Games 7) Miscellaneous 8) Root user programs 9) Non-standard kernel routines Info page: end user.


Download ppt "Linux. Apa itu Linux ? ● Linux adalah sebuah Unix-jenis sistem operasi awalnya dibuat oleh Linus Torvalds dengan bantuan dari pengembang di seluruh dunia."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google