Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Paket 10 Penilaian Pembelajaran PKn MI Waktu: 100 menit.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Paket 10 Penilaian Pembelajaran PKn MI Waktu: 100 menit."— Transcript presentasi:

1 Paket 10 Penilaian Pembelajaran PKn MI Waktu: 100 menit

2 Brainstorming 5’ Dosen membuka perkuliahan dengan menanyakan apa yang dapat dijadikan tolak ukuran seorang siswa bisa dikatakan lulus atau gagal?

3 Kompetensi Dasar Mahasiswa-Mahasiswi mampu melakukan penilaian dalam pembelajaran PKn MI

4 Indikator menjelaskan pengertian penilaian, menyebutkan jenis-jenis penilaian pembelajaran Pkn, menyebutkan langkah-langkah penggunaanya, dan melakukan penilaian pembelajaran PKn MI

5 Diskusi Kelompok 10’ Dosen meminta mahasiswa untuk membentuk 4 kelompok, kelompok 1 mendiskusikan pengertian PBK, kel.2 mendiskusikan tujuan dan fungsi, kel.3 mendiskusikan prinsip penilaian dan kel. 4 mendiskusikan sasaran penilaian.

6 Presentasi 10’ Salah satu wakil kelompok mempresentasikan di depan kelas dan dibuka tanya jawab dengan bibmbingan dosen.

7 PENGUATAN 5’

8 Penilaian Berbasis Kelas Penilaian Berbasis Kelas (PBK) merupakan salah satu komponen dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). PBK dilakukan untuk memberikan keseimbangan pada ketiga ranah, kognitif, afektif, dan psikomotorik dengan menggunakan berbagai jenis, bentuk dan model penilaian yang dilakukan secara berkesinambungan

9 Tujuan Penilaian Berbasis Kelas Penilaian Berbasis Kelas (PBK) bertujuan untuk: (1) mengetahui kemajuan belajar siswa, baik sebagai individu maupun anggota kelompok/kelas setelah ia mengikuti pendidikan dan pembelajaran, (2) mengetahui tingkat efektifitas dan efisiensi berbagai komponen pembelajaran yang dipergunakan guru dalam jangka waktu tertentu, (3) menentukan tindak lanjut pembelajaran bagi siswa, dan (4) membantu siswa untuk memilih madrasah, pekerjaan, dan jabatan yang sesuai dengan bakat, minat, perhatian, dan kemampuannya.

10 Fungsi PBK 1. Bagi siswa, PBK berfungsi untuk membantu: Dalam mewujudkan dirinya dengan mengubah atau mengembangkan penilaiannya dengan mengubah atau mengembangkan perilakunya ke arah yang lebih baik dan maju. Mendapatkan kepuasan atas apa yang telah dikerjakannya 2. Sedang bagi guru, PBK berfungsi untuk membantu:  Menetapkan berbagai metode dan media yang relevan dengan kompetensi yang akan dicapai pada proses pembelajaran.  Membuat pertimbangan dan keputusan administratif.

11 Prinsip Penilaian Berbasis Kelas  Valid  Mendidik  Berorientasi pada kompetensi  Adil dan obyektif  Terbuka  Berkesinambungan  Menyeluruh  Bermakna

12 Diskusi Kelompok 10’ Berdiskusilah dalam kelompok, tiap kelompok 4 mahasiswa-mahsiswi Tulislah jenis-jenis penilaian Tes Sebutkan kelebihan dan kekurangan jenis-jenis tes tulis Siapkan salah satu peserta kelompok untuk mempresentasikan di depan kelas

13 Presentasi 10 Wakil beberapa kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi

14 Penguatan 10’

15 Tes Tulis 1.tes benar salah (true false), 2.tes pilihan ganda (multiple choice), 3.tes menjodohkan (matching), 4.tes melengkapi (completion), dan 5.tes jawaban singkat.

16 Tes Benar Salah Keunggulan Komprehensif, karena dalam waktu yang singkat tes dapat memuat lebih banyak item. Pemeriksaan jawaban dan pem­berian skornya mudah dan cepat. Penggunaan lembar jawaban menjadikan tes lebih efisien dan hemat bahan. Kualitas item dapat dianalisis secara empirik. Objektivitasnya tinggi. Mudah dibuat.

17 Kekurangan Sering membingungkan. Mudah ditebak/diduga. Banyak masalah yang tidak dapat dinyatakan hanya dengan dua kemungkinan benar atau salah. Tidak mudah ditulis untuk mengungkapkan tingkat koni petensi tinggi. Hanya dapat mengungkap daya ingatan dan penge­nalan kembali.

18 Tes Pilihan Ganda Kelebihan Komprehensif, karena dalam waktu yang singkat tes dapat memuat lebih banyak item. Pemeriksaan jawaban dan pemberian skornya mudah dan cepat. Penggunaan lembar jawaban menjadikan tes lebih efisien dan hemat bahan. Kualitas item dapat dianalis­is secara empirik. Objektivitasnya tinggi. Umumnya memiliki reliabilitas yang memuaskan.

19 Kekurangan Pembuatannya sulit dan memakan banyak waktu dan tenaga. Tidak mudah ditulis untuk mengungkapkan tingkat kompetensi tinggi. Ada kemungkinan dapat dijawab benar semata-mata karena te­bakan.

20 Inkuiri 15’ Berdiskusilah dalam kelompok! Temukan jenis-jenis SK-KD dan Indikator PKn MI yang menuntut penilaian non tes –sebutkan jenisnya!

21 Presentasi 10’ Salah satu wakil mempresentasikan hasil diskusi dan kelopok lain menanggapi

22 Penguatan 5’

23 Penlaian Non tes Penilaian Kinerja (Performance Assessment) Penilaian Proyek Penilaian Portofolio Penilaian Hasil Kerja (Product Assessment) Penilaian Sikap

24 Penilaian ini disebut juga penilaian unjuk kerja karena digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam melakukan sesuatu Contoh: Praktek sholat, memandikan jenazah dll.

25 Pendekatan penilaian unjuk kerja: 25 Pendekatan ceklis, dalam pendekatan ini kita mengindikasi apakah elemen tertentu dari kinerja terdapat dalam ceklis. Pendekatan naratif, pada pendekatan ini guru menuliskan narasi apa yang terjadi pada saat pengamatan. Berdasarkan hasil pengamatan ini guru dapat menentukan seberapa dekat kinerja siswa dengan standar yang ada. Pendekatan skala rating, dalam pendekatan ini guru mengidentifikasi seberapa besar derajad kinerja mendekati standar. Metode hapalan, dalam hal ini guru mengandalkan memorinya untuk menentukan apaka siswa sukses atau tidak.

26 CONTOH INSTRUMEN PENILAIAN DENGAN RATING SCALE Petunjuk : Beri Lingkaran pada angka yang sesuai untuk setiap kemampuan yang teramati pada waktu anak berpidato : 1 bila tidak pernah 2 bila jarang 3 bila kadang-kadang, dan 4 bila siswa selalu melakukan Nama : Rinjani I.Ekspresi fisik (physical expression) A. Berdiri tegak melihat pada penonton B. Mengubah ekspresi wajah sesuai dengan perubahan pernyataan yang disajikan

27 CONTOH INSTRUMEN PENILAIAN DENGAN CHECKLIST Petunjuk: Beri tanda centang (v) dibelakang huruf di mana kemampuan siswa teramati pada waktu berpidato Nama: Maliki I.Ekspresi fisik (physical expression) A. Berdiri tegak melihat pada penonton B. Merubah ekspresi wajah sesuai dengan perubahan pernyataan yang disajikan C. Mata melihat kepada penonton

28 II.Ekspresi suara (vocal expression) ---- A. Berbicara dengan kata-kata yang jelas ---- B. Nada suaranya berubah-ubah sesuai pernyataan yang ditekankan ---- C. Berbicara cukup keras untuk didengar penonton III.Ekspresi verbal (verbal expression) ---- A. Memilih kata-kata yang tepat untuk menegaskan arti ---- B. Tidak mengulang-ulang pernyataan ---- C. Menggunakan kalimat yang lengkap untuk mengutarakan suatu pikiran ---- D. Menyimpulkan pokok-pokok pikiran yang penting

29 Penilaian produk digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam membuat karya tertentu. Contoh: membuat kerajinan tangan, membuatan struktur pemerintahan desa, dll.

30 Penilaian projek digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam mendesign, merencanakan, melaksanakan dan melaporkan suatu kegiatan. Diharapkan dapat mengukur kompe-tensi lintas kurikuler dan kemampuan siswa dalam berkolaborasi.

31 PENILAIAN PROYEK Bermanfaat menilai : Keterampilan menyelidiki secara umum Pemahaman & Pengetahuan dalam bidang tertentu Kemampuan mengaplikasi pengetahuan dalam suatu penyelidikan Kemampuan menginformasikan subyek secara jelas

32 Contoh Tugas Penilaian Proyek Lakukan penelitian sederhana di lingkungan sekitar mengenai pengaruh tayangan film kartun di media elektronik terhadap gaya hidup anak MI (cara berpakaian, pilihan makanan dan minuman, dan perilaku)

33 Penilaian Produk Penilaian produk meliputi penilaian kemampuan peserta didik membuat produk- produk teknologi dan seni, seperti: makanan, pakaian, hasil karya seni (patung, lukisan, gambar), barang-barang terbuat dari kayu, keramik, plastik, dan logam. 33

34 Portofolio berasal dari kata “port” dan “folio” Penilaian melalui koleksi karya (hasil kerja) siswa yang sistematis

35 Rambu-rambu penilaian portofolio Pengumpulan data melalui karya siswa Pengumpulan dan penilaian yang terus menerus Refleksi perkembangan berbagai kompetensi Memperlihatkan tingkat perkembangan kemajuan belajar siswa Bagian Integral dari Proses Pembelajaran Untuk satu periode Tujuan Diagnostik

36 Hal-hal yang perlu diperhatikan: Siswa merasa memiliki portofolio sendiri Tentukan bersama hasil kerja apa yang akan dikumpulkan Kumpulkan dan simpan hasil kerja siswa dalam 1 map atau folder Beri tanggal pembuatan Tentukan kriteria untuk menilai hasil kerja siswa Minta Siswa untuk menilai hasil kerja mereka secara berkesinambungan Bagi yang kurang, beri kesempatan perbaiki karyanya, tentukan jangka waktunya Bila perlu, jadwalkan pertemuan dengan ortu

37 karya-karya yang dapat dikumpulkan melalui penilaian portofolio Puisi Karangan Gambar / Lukisan Desain Paper Sinopsis Naskah pidato / khotbah Naskah Drama Rumus Doa Surat Komposisi Musik Teks Lagu Resep Makanan Laporan Observasi/ Penyelidikan / Eksperimen Dsb.

38 Penilaian Sikap Sikap sebagai kecenderungan untuk bertindak secara suka atau tidak suka (Anastasi, 1982). Sikap sebagai kumpulan hasil evaluasi seseorang terhadap objek, orang dan maslah tertentu. Sikap menentukan bagaimana kepribadian seseorang diekspresikan (Birrent et.al., 1981)

39 PENILAIAN DIRI Menilai diri sendiri berkaitan dengan status, proses, tingkat pencapaian kompetensi yang dipelajarinya.

40 PENILAIAN 15’ Kerjakanlah soal-soal berikut ini dengan benar! 1.Apa yang membedakan antara sistem penilaian PBK dengan sebelumnya? 2.Sebutkan prinsip-prinsip penilaian PKn di MI? 3.Jelaskan tujuan penilaian PKn MI? 4.Sebutkan jenis-jenis penilaian tes dan no tes? 5.Bagaimana langkah-langkah yang dilakukan oleh guru PKn MI dalam memberikan penilaian?

41 TERIMA KASIH


Download ppt "Paket 10 Penilaian Pembelajaran PKn MI Waktu: 100 menit."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google