Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KONSEP DASAR PERENCANAAN PEMBELAJARAN 150 Menit PERTEMUAN 1.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KONSEP DASAR PERENCANAAN PEMBELAJARAN 150 Menit PERTEMUAN 1."— Transcript presentasi:

1 KONSEP DASAR PERENCANAAN PEMBELAJARAN 150 Menit PERTEMUAN 1

2 KOMPETENSI DASAR  Mendeskripsikan konsep dasar perencanaan pembelajaran

3 INDIKATOR  mendefinisikan pengertian perencanaan pembelajaran,  menjelaskan ruang lingkup perencanaan pembelajaran,  mendeskripsikan tujuan perencanaan pembelajaran,  menjelaskan urgensi perencanaan dalam pembelajaran.  mengidentifikasi manfaat perencanaan pembelajaran,  mendiskripsikan perencanaan pembelajaran berbasis kompetensi.

4 LANGKAH KEGIATAN  Pengantar: 10’  Brainstorming: 15’  Cerita kasus: 10’  Diskusi kelompok: 20’  Presentasi: 20’  Penguatan: 15’  Kerja individu: 20’  Evaluasi; 20’  Refleksi: 15’  Tindak lanjut: 5’

5 BRAINSTORMING Kasus  Seorang guru mengalami masalah dalam pembelajaran. Semester hampir selesai sementara kompetensi yang dipelajari baru 50%  Mengapa hal ini dapat terjadi?

6 CERITA KASUS  Dosen menyampaikan kasus guru yang mengajar tanpa perencanaan.

7 DISKUSI KELOMPOK  Mahasiswa-mahasiswi berdiskusi dalam kelompok mereka dan bekerja sesuai dengan LK1.1  Perwakilan kelompok secara bergantian mempresentasikan hasil diskusinya.

8 PENGERTIAN PENGERTIAN  Perencanaan pembelajaran adalah menyusun perencanaan pembelajaran dengan menetapkan strategi, model, pendekatan, metode, alat dan sumber serta prosedur yang dapat digunakan dalam menyelenggarakan pembelajaran PENGUATAN

9 RUANG LINGKUP  Merumuskan tujuan pembelajaran.  Merumuskan isi/materi pelajaran yang harus dipelajari.  Merumuskan kegiatan belajar.  Merumuskan sumber belajar/media pembelajaran yang akan digunakan.  Merumuskan evaluasi pembelajaran.

10 TUJUAN PERNCANAAN PEMB  Sebagai pedoman kegiatan guru dalam mengajar  Sebagai pedoman siswi dan siswa dalam kegiatan belajar  Yang disusun secara sistematik.

11 URGENSI PERENCANAAN PEMB 1.Menunjukkan arah kegiatan. 2.Memperkirakan apa yang akan terjadi dalam pembelajaran. 3.Menentukan cara terbaik untuk mencapai tujuan pembelajaran. 4.Menentukan skala prioritas. 5.Menentukan alat pengukur atau standar untuk mengadakan pengawasan atau evaluasi kinerja, sasaran, dan kegiatan usahanya.

12 MANFAAT 1.Menunjukkan arah kegiatan. 2.Memperkirakan apa yang akan terjadi dalam pembelajaran. 3.Menentukan cara terbaik untuk mencapai tujuan pembelajaran. 4.Menentukan skala prioritas. 5.Menentukan alat pengukur atau standar untuk mengadakan pengawasan atau evaluasi kinerja, sasaran, dan kegiatan usahanya.

13 PERENCANAAN BERBASIS KOMPETENSI  perencanaan yang diarahkan untuk memberdayakan semua potensi peserta didik untuk menguasai kompetensi yang diharapkan, yaitu merencanakan pembelajaran dengan mengarah pada pembentukan siswi dan siswa untuk berkompeten.

14 LANGKAH PERENCANAAN BERBASIS KOMTENSI 1.Spesifikasi asumsi-asumsi atau preposisi yang mendasar. 2.Mengidentifikasi kompetensi. 3.Menggambarkan secara spesifik kompetensi- kompetensi. 4.Menentukan tingkat-tingkat kriteria dan jenis assessment. 5.Pengelompokan dan penyusunan tujuan pembelajaran 6.Desain strategi pembelajaran. 7.Mengorganisasi sistem pengelolaan. 8.Melaksanakan percobaan program. 9.Menilai desain program. 10.Memperbaiki program.

15 PENILAIAN  Mahasiswa-mahasiswi menyimpulkan materi  Dosen mengevaluasi pencapaian kompetensi mahasiswa-mahasiswi secara individu dengan cara tertulis.

16 PENUTUP DAN TUNDAK LANJUT  Dosen, mahasiswa- mahasiswi melakukan refleksi tentang konsep dasar perencanaan pembelajaran  Dosen menugaskan mahasiswa-mahasiswi untuk membuat kesimpulan materi dan menyampaikan materi perkuliahan minggu depan


Download ppt "KONSEP DASAR PERENCANAAN PEMBELAJARAN 150 Menit PERTEMUAN 1."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google