Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Dialektika_relasional_joice cs 1 Teori Dialektika Relasional berdasarkan penelitian Leslie Baxter dan Barbara Montgomery Asumsi Elemen Dialektika Dialektika.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Dialektika_relasional_joice cs 1 Teori Dialektika Relasional berdasarkan penelitian Leslie Baxter dan Barbara Montgomery Asumsi Elemen Dialektika Dialektika."— Transcript presentasi:

1 dialektika_relasional_joice cs 1 Teori Dialektika Relasional berdasarkan penelitian Leslie Baxter dan Barbara Montgomery Asumsi Elemen Dialektika Dialektika Relasi Dasar Melampaui Dealektika Dasar Respon terhadap Dealektika

2 dialektika_relasional_joice cs2 Pepatah Kontradiktif Absence makes the heart grow fonder. Absence makes the heart grow fonder. muncul bersamaan dengan Out of sight, out of mind. Out of sight, out of mind. Pushmi-pullyu Pushmi-pullyu

3 dialektika_relasional_joice cs3 Sekilas Teori Menggambarkan hidup hubungan sebagai kemajuan dan pergerakan yang konstan. Menggambarkan hidup hubungan sebagai kemajuan dan pergerakan yang konstan. Orang-orang yang terlibat di dalam hubungan terus merasakan dorongan dan tarikan dari keinginan-keinginan yang bertolak belakang di dalam seluruh bagian hidup berhubungan. Orang-orang yang terlibat di dalam hubungan terus merasakan dorongan dan tarikan dari keinginan-keinginan yang bertolak belakang di dalam seluruh bagian hidup berhubungan. Pada dasarnya, orang menginginkan both/and dan bukannya either/or ketika membicarakan dua tujuan yang berlawanan. Pada dasarnya, orang menginginkan both/and dan bukannya either/or ketika membicarakan dua tujuan yang berlawanan.

4 dialektika_relasional_joice cs4 Sekilas Teori Contohnya, orang di dalam hubungan ingin baik terikat maupun bebas, terbuka dan tertutup, dan untuk menghadapi hal-hal yang dapat diprediksikan maupun spontanitas dalam interaksi mereka. Contohnya, orang di dalam hubungan ingin baik terikat maupun bebas, terbuka dan tertutup, dan untuk menghadapi hal-hal yang dapat diprediksikan maupun spontanitas dalam interaksi mereka. Ketika orang berkomunikasi di dalam hubungan mereka, mereka berusaha untuk mendamaikan keinginan-keinginan yang saling bertolak belakang ini, tetapi mereka tidak pernah menghapuskan kebutuhan mereka akan kedua bagian yang saling bertolak belakang ini. Ketika orang berkomunikasi di dalam hubungan mereka, mereka berusaha untuk mendamaikan keinginan-keinginan yang saling bertolak belakang ini, tetapi mereka tidak pernah menghapuskan kebutuhan mereka akan kedua bagian yang saling bertolak belakang ini.

5 dialektika_relasional_joice cs5 Sekilas Teori Relational Dialectics Theory (RDT) menyatakan bahwa hidup berhubungan dicirikan oleh ketegangan-ketegangan yang berkelanjutan antara impuls-impuls yang kontradiktif. Relational Dialectics Theory (RDT) menyatakan bahwa hidup berhubungan dicirikan oleh ketegangan-ketegangan yang berkelanjutan antara impuls-impuls yang kontradiktif. Peneliti yang paling lengkap mengenai teori ini adalah Leslie Baxter dan Barbara Montgomery (1996). Peneliti yang paling lengkap mengenai teori ini adalah Leslie Baxter dan Barbara Montgomery (1996).

6 dialektika_relasional_joice cs6 Sekilas Teori Dipengaruhi oleh Mikhail Bakhtin (filsuf Rusia), yang berpendapat bahwa konsep diri hanya mungkin ada dalam konteks dengan orang lain. Dipengaruhi oleh Mikhail Bakhtin (filsuf Rusia), yang berpendapat bahwa konsep diri hanya mungkin ada dalam konteks dengan orang lain. Bakhtin melihat bahwa pengalaman manusia dibentuk melalui komunikasi dengan orang lain. Bakhtin melihat bahwa pengalaman manusia dibentuk melalui komunikasi dengan orang lain.

7 dialektika_relasional_joice cs7 Sekilas Teori Baxter dan Montgomery mengembangkan dua pendekatan: Baxter dan Montgomery mengembangkan dua pendekatan:  Monological Approach: menggambarkan kontradiksi sebagai hubungan either/or.  Dualistic Approach: melihat dua bagian yang terpisah, dan tidak berhubungan satu sama lain. Pemikir lain menggunakan Dialectical Approach yang berpendapat bahwa banyak sudut pandang saling menandingi satu sama lain dalam setiap kontradiksi (both/and). Pemikir lain menggunakan Dialectical Approach yang berpendapat bahwa banyak sudut pandang saling menandingi satu sama lain dalam setiap kontradiksi (both/and).

8 dialektika_relasional_joice cs8 Sekilas Teori A B Monologis Dialogis B3 A2 B1 A1 B5 B5 A3 A3 A1 B2 B4 A5 Dialektik

9 dialektika_relasional_joice cs9 Asumsi Empat Asumsi Pokok Empat Asumsi Pokok  Hubungan tidak bersifat linear.  Hidup berhubungan ditandai dengan adanya perubahan.  Kontradiksi merupakan fakta fundamental dalam hidup berhubungan.  Komunikasi sangat penting dalam mengelola dan menegosiasikan kontradiksi-kontradiksi dalam hubungan.

10 dialektika_relasional_joice cs10 Asumsi  Hubungan tidak bersifat linear. Hubungan terdiri atas fluktuasi yang terjadi antara keinginan-keinginan yang kontradiktif. Hubungan terdiri atas fluktuasi yang terjadi antara keinginan-keinginan yang kontradiktif. Hubungan yang bergerak maju, mengandung pemikiran “either/or.” Hubungan yang bergerak maju, mengandung pemikiran “either/or.”

11 dialektika_relasional_joice cs11 Asumsi  Hidup berhubungan ditandai dengan adanya perubahan. Proses atau perubahan suatu perubahan … merujuk pada pergerakan kuantitatif dan kualitatif sejalan dengan waktu dan kontraksi-kontraksi yang terjadi, di seputar mana suatu hubungan dikelola. Proses atau perubahan suatu perubahan … merujuk pada pergerakan kuantitatif dan kualitatif sejalan dengan waktu dan kontraksi-kontraksi yang terjadi, di seputar mana suatu hubungan dikelola.

12 dialektika_relasional_joice cs12 Asumsi  Kontradiksi merupakan fakta fundamental dalam hidup berhubungan. Orang mengelola ketegangan dan oposisi dengan cara yang berbeda-beda, tetapi kedua hal ini selalu ada dalam hidup berhubungan. Orang mengelola ketegangan dan oposisi dengan cara yang berbeda-beda, tetapi kedua hal ini selalu ada dalam hidup berhubungan.

13 dialektika_relasional_joice cs13 Asumsi  Komunikasi sangat penting dalam mengelola dan menegosiasikan kontradiksi-kontradiksi dalam hubungan. Realitas sosial dari kontradiksi diproduksi dan direproduksi oleh tindakan komunikasi para aktor sosial. Realitas sosial dari kontradiksi diproduksi dan direproduksi oleh tindakan komunikasi para aktor sosial.

14 dialektika_relasional_joice cs14 Elemen Dialektika: Membangun Ketegangan Elemen-lemen yang sangat mendasar dalam perspektif dialektiks: Elemen-lemen yang sangat mendasar dalam perspektif dialektiks:  Totality: mengakui adanya saling ketergantungan antara orang-orang di dalam sebuah hubungan.  Contradiction: ciri utama dari pendekatan dialektika; merujuk pada oposisi-oposisi.  Motion: merujuk pada sifat berproses dalam suatu hubungan.  Praxis: merujuk pada kapasitas manusia untuk memilih.

15 dialektika_relasional_joice cs15 Dialektika Relasi Dasar  Autonomy and Connection: Merujuk pada keinginan-keinginan kita yang selalu muncul untuk menjadi tidak tergantung pada orang-orang yang penting bagi kita, dan juga untuk menemukan keintiman dengan mereka. Merujuk pada keinginan-keinginan kita yang selalu muncul untuk menjadi tidak tergantung pada orang-orang yang penting bagi kita, dan juga untuk menemukan keintiman dengan mereka. Sebuah ketegangan hubungan yang penting yang menunjukkan keinginan-keinginan kita yang saling berkonflik untuk menjadi dekat maupun menjadi jauh. Sebuah ketegangan hubungan yang penting yang menunjukkan keinginan-keinginan kita yang saling berkonflik untuk menjadi dekat maupun menjadi jauh.

16 dialektika_relasional_joice cs16 Dialektika Relasi Dasar  Openness and Protection: Berfokus yang pertama pada kebutuhan- kebutuhan kita untuk terbuka dan menjadi rentan, membuka semua informasi personal pada pasangan/partner hbungan kita, dan yang kedua untuk bertindak strategis dan melindungi diri sendiri dalam komunikasi kita. Berfokus yang pertama pada kebutuhan- kebutuhan kita untuk terbuka dan menjadi rentan, membuka semua informasi personal pada pasangan/partner hbungan kita, dan yang kedua untuk bertindak strategis dan melindungi diri sendiri dalam komunikasi kita. Ketegangan dalam berhubungan yang penting yang menunjukkan keinginan-keinginan kita yang saling berkonflik untuk mengatakan rahasia kita dan menyimpannya. Ketegangan dalam berhubungan yang penting yang menunjukkan keinginan-keinginan kita yang saling berkonflik untuk mengatakan rahasia kita dan menyimpannya.

17 dialektika_relasional_joice cs17 Dialektika Relasi Dasar  Novelty and Predictability: Merujuk pada konflik-konflik antara kenyamanan stabilitas dan keasyikan perubahan. Merujuk pada konflik-konflik antara kenyamanan stabilitas dan keasyikan perubahan. Ketegangan dalam berhubungan yang penting yang menunjukkan keinginan- keinginan kitayang saling berkonflik untuk memiliki stabiltas dan perubahan. Ketegangan dalam berhubungan yang penting yang menunjukkan keinginan- keinginan kitayang saling berkonflik untuk memiliki stabiltas dan perubahan.

18 dialektika_relasional_joice cs18 Dialektika Relasi Dasar: Dialektika Kontekstual Interactional Dialectics: Interactional Dialectics: Ketegangan-ketegangan yang muncul dari dan dibangun oleh komunikasi. Ketegangan-ketegangan yang muncul dari dan dibangun oleh komunikasi. Mereka berada di dalam hubungan itu sendiri – mereka merupakan bagian dari interaksi pasangan-pasangan satu sama lain. Mereka berada di dalam hubungan itu sendiri – mereka merupakan bagian dari interaksi pasangan-pasangan satu sama lain.

19 dialektika_relasional_joice cs19 Dialektika Relasi Dasar: Dialektika Kontekstual Contextual Dialectics dibentuk melalui ketegangan antara definisi publik dari sebuah hubungan – persahabatan, misalnya – dan interaksi privat dalam persahabatan tertentu. Contextual Dialectics dibentuk melalui ketegangan antara definisi publik dari sebuah hubungan – persahabatan, misalnya – dan interaksi privat dalam persahabatan tertentu. Rawlins menyebutkan dua dialektika kontekstual: Rawlins menyebutkan dua dialektika kontekstual:  Antara publik dan privat.  Antara yang nyata dan yang ideal.

20 dialektika_relasional_joice cs20 Dialektika Relasi Dasar: Dialektika Kontekstual  Antara publik dan privat. Dialektika kontekstual yang muncul dari hubungan privat dan kehidupan publik. Dialektika kontekstual yang muncul dari hubungan privat dan kehidupan publik.  Antara yang nyata dan yang ideal. Dialektika kontekstual yang muncul dari perbedaan antara hubungan yang dianggap ideal dengan hubungan yang dijalani. Dialektika kontekstual yang muncul dari perbedaan antara hubungan yang dianggap ideal dengan hubungan yang dijalani.

21 dialektika_relasional_joice cs21 Dialektika Relasi Dasar: Dialektika Kontekstual DIALEKTIKA INTERAKSIONAL TRADISIONAL DIALEKTIKA KONTEKSTUAL Otonomi – Keterikatan Publik – Privat Keterbukaan – Perlindungan Yang Nyata – Yang Ideal Hal yang Baru – Hal yang Dapat Diprediksi

22 dialektika_relasional_joice cs22 Melampaui Dialektika Dasar DIALEKTIKA INTERAKSIONAL KONTEKS DI MANA DITEMUKAN Penilaian – Penerimaan Persahabatan Bawahan – Setara Tempat Kerja Kelompok – Indivdiual Kelompok Komunitas Kegiatan Terjadwal – Kegiatan Mendadak Kelompok Komunitas Keterlibatan – Keterkucilan Kelompok Komunitas Perilaku yang Dapat Diterima – Perilaku yang Tidak Dapat Diterima Kelompok Komunitas Kehadiran – Ketidakhadiran Keluarga / Keluarga Tiri Kebahagiaan – Kesedihan Keluarga Memberikan Informasi – Membentuk Identitas Pertemanan dalam Televisi

23 dialektika_relasional_joice cs23 Respons terhadap Dialektika Empat strategi untuk mengelola ketegangan: Empat strategi untuk mengelola ketegangan:  Cyclic Alternation: merujuk pada perubahan sejalan dengan waktu.  Segmentation: merujuk pada perubahan akibat konteks.  Selection: merujuk pada pemberian prioritas pada oposisi-oposisi yang ada.  Integration: merujuk pada membuat sintesis oposisi, terdiri atas tiga strategi: 1) Neutralizing: merujuk pada kompromi terhadap dua oposisi. 2) Reframing: merujuk pada mentransformasi oposisi. 3) Disqulifying: merujuk pada pengecualian pada beberapa isu dari pola umum.

24 dialektika_relasional_joice cs24 Respons terhadap Dialektika RESPONSDESKRIPSI Cyclic Alternation Memilih kutub-kutub berbeda untuk saat yang berbeda. Mis: Dekat pada saat muda dan sedikit lebih jauh seiring dengan bertambahnya usia. Segmentation Memilih kutub-kutub yang berbeda untuk konteks yang berbeda. Mis: Dekat saat di rumah dan sedikit lebih jauh di tempat kerja. Selection Memilih satu kutub dan bersikap seakan yang lainnya tida ada. Mis: Menjadi keluarga yang sangat dekat. Integration Melakukan sintesis terhadap oposisi-oposisi dalam ketegangan dialektik. Terdiri dari 3 substrategi: Neutralizing Mis: Menjadi cukup dekat. Reframing Mis: bahwa kedekatan hanya dapat dicapai jika jaraknya kecil. Disqualifying Mis: Memutuskan untuk terbuka mengenai semua topik, kecuali sex.

25 dialektika_relasional_joice cs25 Three Dialectics within Relationships Internal Dialectic (within the relationships) External Dialectic (between couple and community) Connectedness – Separateness Inclusion – Seclusion Certainty – Uncertainty Conventionality – Uniqueness Openness - Closedness Revelation - Concealment

26 dialektika_relasional_joice cs26 Practical Ways of Dealing with Dialectical Tensions Denial Denial Is the practice of continually responding to one pole of a dialectic while ignoring the other. Is the practice of continually responding to one pole of a dialectic while ignoring the other.

27 dialektika_relasional_joice cs27 Practical Ways of Dealing with Dialectical Tensions Disorientation Disorientation Is a nonfunctional response that arises from an utter feeling of helplessness. Is a nonfunctional response that arises from an utter feeling of helplessness.

28 dialektika_relasional_joice cs28 Practical Ways of Dealing with Dialectical Tensions Spiraling Alteration Spiraling Alteration Between contrasting poles is the process of separating the dialectical forces over time by responding to one pull now the other pull later. Between contrasting poles is the process of separating the dialectical forces over time by responding to one pull now the other pull later.

29 dialektika_relasional_joice cs29 Practical Ways of Dealing with Dialectical Tensions Segmentation Segmentation Is a tactic of compartmentalization by which partners insolate different aspects of their relationship. Is a tactic of compartmentalization by which partners insolate different aspects of their relationship.

30 dialektika_relasional_joice cs30 Practical Ways of Dealing with Dialectical Tensions Balance Balance Is a compromise approach that promotes ongoing dialogue because partners see both dialectical poles as equally legitimate. Is a compromise approach that promotes ongoing dialogue because partners see both dialectical poles as equally legitimate.

31 dialektika_relasional_joice cs31 Practical Ways of Dealing with Dialectical Tensions Integration Offers Integration Offers a way for parties to simultaneously respond to opposing forces without dilution or delusion. a way for parties to simultaneously respond to opposing forces without dilution or delusion.

32 dialektika_relasional_joice cs32 Practical Ways of Dealing with Dialectical Tensions Recalibration Recalibration Is the process of temporarily reframing a situation so that te tugs and pulls on partners no longer seem to be in opposite directions. Is the process of temporarily reframing a situation so that te tugs and pulls on partners no longer seem to be in opposite directions.

33 dialektika_relasional_joice cs33 Practical Ways of Dealing with Dialectical Tensions Reaffirmation Reaffirmation Involves an active recognition by both partner that dialectical tensions will never go away. Involves an active recognition by both partner that dialectical tensions will never go away.

34 dialektika_relasional_joice cs34 Kritik Memberikan tambahan yang besar bagi kerangka penjelasan yang kita gunakan untuk memahami hidup berhubungan: Memberikan tambahan yang besar bagi kerangka penjelasan yang kita gunakan untuk memahami hidup berhubungan:  Kita dapat berpikir secara spesifik mengenai isu seputar bagaimana pasangan dalam suatu hubungan membentuk makna.  Kita dapat memindahkan bingkai yang statis dan memberikan penekanan kita pada interaksi antara perubahan dan stabilitas.

35 dialektika_relasional_joice cs35 Kritik RDT merupakan teori yang heuristik. RDT merupakan teori yang heuristik. RDT dapat diuji. RDT dapat diuji. RDT memiliki nilai kegunaan yang bagus. RDT memiliki nilai kegunaan yang bagus. Dialektika dapat bersifat terlalu parsinomi. Dialektika dapat bersifat terlalu parsinomi.


Download ppt "Dialektika_relasional_joice cs 1 Teori Dialektika Relasional berdasarkan penelitian Leslie Baxter dan Barbara Montgomery Asumsi Elemen Dialektika Dialektika."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google