Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

A.KONTRADIKSI Definisi dari kontradiksi: Merupakan sebuah pernyataan (proposisi) jika pernyataan tersebut selalu bernilai salah untuk semua kemungkinan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "A.KONTRADIKSI Definisi dari kontradiksi: Merupakan sebuah pernyataan (proposisi) jika pernyataan tersebut selalu bernilai salah untuk semua kemungkinan."— Transcript presentasi:

1 A.KONTRADIKSI Definisi dari kontradiksi: Merupakan sebuah pernyataan (proposisi) jika pernyataan tersebut selalu bernilai salah untuk semua kemungkinan kombinasi nilai kebenaran dari pernyataan- pernyataan pembentuknya.

2 Contoh kontradiksi Contoh kontradiksi dalam bentuk kalimat 1.”Pratiwi seorang mahasiswa dan bukan mahasiswa” pernyataan ini selalu bernilai salah, tidak tergantung pada nilai kebenaran tadi. “pratiwi seorang mahasiswa” maupun “pratiwi bukan mahasiswa” jika r :pratiwi mahasiswa maka ̴ r : pratiwi bukan mahasiswa maka pernyataan tersebut berbentuk r ̴ r.

3 Perlu di ingat,,! Setiap pernyataan yang selalu bernilai salah, untuk setiap nilai kebenaran dari komponen- komponen disebut kontradiksi, karena kontradiksi selalu bernilai salah maka kontradiksi merupakan ingkaran dari tautologi dan sebaliknya.

4 Tabel Kebenaran Kontradiksi p ̴ p P ̴ P SBS B SS

5 B.KONTINGEN Definisi dari kontingen: Merupakan pernyataan (proposisi) yang tidak semua pernyataannya benar dan tidak semua pernyataannya bernilai salah.Dalam kontradiksi dua buah pernyataan dikatakan ekivalen (ekivalen logis), jika kedua pernyataan tersebut memiliki nilai kebenaran yang sama.pernyataan p dan q ekivalen dinotasikan dengan p = q

6 Contoh kontingen Contoh kontingen dalam bentuk kalimat 1.P = jakarta ibu kota indonesia (benar) q = surabaya adalah kota pahlawan (benar) p v q = jakarta ibu kota indonesia atau surabaya adalah kota pahlawan (benar)

7 Tabel kebenaran kontingen pqpvq BBB BSB

8


Download ppt "A.KONTRADIKSI Definisi dari kontradiksi: Merupakan sebuah pernyataan (proposisi) jika pernyataan tersebut selalu bernilai salah untuk semua kemungkinan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google