Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGANTAR KOMPUTER Pertemuan 8 Bilangan Binari. Pada dasarnya, komputer baru bisa bekerja kalau ada aliran listrik yang mengalir didalamnya. Dalam hal.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGANTAR KOMPUTER Pertemuan 8 Bilangan Binari. Pada dasarnya, komputer baru bisa bekerja kalau ada aliran listrik yang mengalir didalamnya. Dalam hal."— Transcript presentasi:

1 PENGANTAR KOMPUTER Pertemuan 8 Bilangan Binari

2 Pada dasarnya, komputer baru bisa bekerja kalau ada aliran listrik yang mengalir didalamnya. Dalam hal ini, aliran listrik yang mengalir ternyata memiliki dua kondisi, yaitu kondisi ON yang berarti ada arus listrik, dan kondisi OFF yang berarti tidak ada arus listrik.

3 Berdasar hal tersebut kemudian dibuat perjanjian, bahwa kondisi ON diberi lambang 1 (angka satu), dan kondisi OFF diberi lambang 0 (angka nol).

4 Seluruh data yang berupa angka, abjad ataupun special character kemudian ditulis dalam rangkaian kombinasi 0 dan 1, misal angka 5 ditulis dalam bentuk dan huruf D ditulis dalam Pabrik komputer membuat seluruh terjemahan ini dalam bentuk rangkaian elektronik yang tersimpan didalamnya.

5 Dengan demikian, seandainya kita kemudian memasukkan tulisan yang berbunyi: I LOVE YOU melalui keyboard, tulisan ini secara otomatis akan diterjemahakan kedalam bentuk 1 dan 0 oleh komputer.

6 Agar bisa dibaca oleh manusia, hasil terjemahan ini kemudian diterjemahkan kembali kedalam bentuk dan huruf ataupun angka seperti asalnya, dan kemudian dikeluarkan melalui layar monitor.

7 Karena hanya memiliki 2 angka dasar, yaitu 0 dan 1, maka sistem bilangan semacam ini kemudian dikenal sebagai sistem bilangan biner (binary number). Untuk perbandingan, sistem bilangan yang telah kita kenal disebut sebagai sistem bilangan desimal; Disebut desimal karena memiliki angka dasar yang berjumlah 10, yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9.

8 Sistem bilangan yang selama ini kita kenal adalah sistem bilangan desimal, dimana sistem bilangan desimal ini memiliki angka dari 0 hingga 9, dengan jumlah bilangan mencapai 10 buah. Dalam contoh terlihat, bahwa angka 3675 bisa diartikan sebagai (5X101) + (7X101) + (6X102) + (3X103). Angka 10 merupakan jumlah angka dasar yang dimiliki oleh bilangan desimal. a. Sistem Bilangan Desimal

9 Untuk lebih jelasnya, lihat kenaikan angka pada bilangan di bawah ini : 10³10²10¹10º Bilangan desimal inilah yang kita kenal dalam kehidupan sehari-hari, yaitu satuan, puluhan, ratusan, ribuan, dan seterusnya.

10 Contoh : Bilangan desimal : 3867, terdiri dari ³ 10² 10¹10º X X X X = 3867

11 Karena sistem bilangan binary hanya memiliki angka 0 dan 1 saja, maka nilai dalam bilangan biner dapat diartikan sebagai: (0x20) + (1x21) + (0x22) + (1x23) + (1x24) = 26. Angka 2 merupakan jumlah angka dasar yang dimiliki oleh bilangan biner. Untuk mengkonversikan bilangan desimal ke-binary, maka langkah yang bisa dilakukan adalah : b. Sistem Bilangan Binary

12 Apabila bilangan tersebut bisa dibagi dengan 2, maka hasilnya ditulis 0 pada sisi sebelah kanan.Tetapi apabila tidak, maka angka 1 yang ditulis. Untuk melakukan penambahan pada bilangan binary, langkah yang dilakukan adalah sama dengan langkah penambahan pada bilangan desimal. Karena angka tertinggi yang dimiliki hanyalah angka 1, maka seandainya pada penjumlahan tersebut mehasilkan angka 2, maka akan ditulis 0 dengan catatan masih menyimpan.

13 Seandainya pada penjumlahan menghasilkan angka 3, maka akan ditulis 1 dan masih menyimpan 1. Apabila dalam melakukan pengurangan ternyata angka yang dimiliki masih kurang nilainya, maka bisa diambil langkah dengan cara meminjam angka yang berada disebelah kiri. 1 angka apabila dipinjam/dipindah keposisi kanan, akan mempunyai nilai 2.

14 Langkah yang dilakukan pada saat perkalian pada bilangan binary juga sama dengan langkah yang dilakukan pada bilangan desimal. Hal ini bisa dilihat pada contoh yang ada. Prinsip pembagian pada bilangan binary juga tidak berbeda dengan prinsip pembagian pada bilangan desimal. Hal ni bisa terlihat pada contoh yang ada.

15 Untuk lebih jelasnya, lihat kenaikan angka pada bilangan binary sebagai berikut : 2³ 2² 2¹ 2º

16 Contoh : Bilangan bulat : 0010 mempunyai nilai desimal yaitu : 20 2³2²2¹2º = 20

17 Bilangan pecahan : mempunyai bilangan desimal yaitu : 14 ¼ 2³2²2¹2º.2¯¹2¯² ½¼ = 14 ¼

18 Penjumlahan : Pada bilangan binary bila angka yang dijumlahkan lebih dari 1, akan dipindahkan ( carry 0 angka 1 ke angka di sebelah kiri. Untuk lebih jelasnya, lihat rumus dibahas ini : 0 + 0, hasilnya adalah , hasilnya adalah , hasilnya adalah , hasilnya adalah 0 dan carry adalah 1 Contoh :  carry  hasil penjumlahan

19 Pengurangan : Pada bilangan binary bila angka yang akan dikurangi masih belum dapat mencukupi nilainya, akan dipindahkan ( carry ) angka 1 di sebelah kiri. Untuk lebih jelasnya, lihat rumus di bawah ini : 0 - 0, hasilnya adalah , hasilnya adalah , hasilnya adalah 1 dan carry 1 yang dimabil di sebelah kiri 1 - 1, hasilnya adalah 0 Contoh : 11 1  carry  hasil pengurangan

20 Selain menggunakan sistem binary, komputer juga menggunakan sistem bilangan octal, dimana mempunyai jumlah bilangan dasar sebanyak 8 dan sistem bilangan hexa-desimal yang mempunyai bilangan dasar sejumlah 16. Susunan angka yang dimiliki kedua bilangan, seperti yang nampak. c. Sistem Bilangan Octal dan Hexadesimal

21 SELESAI

22 1. Apa yang dijadikan dasar dalam menggolongkan komputer ? 2. Sebutkan macam-macam komputer berdasarkan generasinya ? LATIHAN... Seperti Biasa..??


Download ppt "PENGANTAR KOMPUTER Pertemuan 8 Bilangan Binari. Pada dasarnya, komputer baru bisa bekerja kalau ada aliran listrik yang mengalir didalamnya. Dalam hal."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google