Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

AHIHUD DAN ABEDNEGO KAM, 18 MARET 2013 PDT. A. LETLORA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "AHIHUD DAN ABEDNEGO KAM, 18 MARET 2013 PDT. A. LETLORA."— Transcript presentasi:

1 AHIHUD DAN ABEDNEGO KAM, 18 MARET 2013 PDT. A. LETLORA.

2 AHIHUD  Ahihud ("saudara yang terhormat"). [1] Seorang pemimpin Asyer (Bilangan 34:27). [2] Seorang anggota keluarga Ehud, keturunan bani Benyamin (I Taw. 8:7).

3

4 1. SUKU ASYER  Suku Asyer menerima daerah kepunyaan mereka berdasarkan undian ke-5 pada zaman Yosua. Daerah mereka ialah Helkat, Hali, Beten, Akhsaf, Alamelekh, Amad dan Misal; dan batasnya menyinggung gunung Karmel dan sungai Libnat di sebelah barat; kemudian berbalik ke arah matahari terbit, ke Bet-Dagon; menyinggung daerah Zebulon dan lembah Yiftah- El di sebelah utara, Bet-Emek dan Nehiel, dan menuju ke Kabul di sebelah utara, dan ke Ebron, Rehob, Hamon dan Kana sampai ke Sidon Besar.

5  Kemudian batas itu berbalik ke Rama dan sampai ke kota yang berkubu Tirus, kemudian batas itu berbalik ke Hosa dan berakhir di laut. Lagipula Mahalab, Akhzib, Uma, Afek dan Rehob; dua puluh dua kota dengan desa-desanya.  Berkat Musa  Ulangan 33:24-25: Tentang Asyer ia berkata: "Diberkatilah Asyer di antara anak-anak lelaki; biarlah ia disukai oleh saudara-saudaranya, dan biarlah ia mencelupkan kakinya ke dalam minyak. Biarlah dari besi dan dari tembaga palang pintumu, selama umurmu kiranya kekuatanmu."

6  Sejarah  Orang-orang dari suku Asyer termasuk yang datang memenuhi panggilan Gideon untuk berperang melawan Midian.  Ketika Kerajaan Israel pecah pada zaman raja Rehabeam, suku Asyer bergabung dengan Kerajaan Israel Utara bersama 9 suku lain. Sewaktu kerajaan utara dikalahkan oleh Asyur pada tahun 722 SM dan semua penduduknya dibuang ke tempat lain, suku ini ikut tersebar dan terhitung sebagai 10 suku terhilang dari Israel.

7  Orang-orang yang terkenal dari - 1Taw 7:30-40; Luk 2:36  Tolong menolong dengan raja Hizkia dalam pembaharuan. 2Taw 30:11-14

8  Pada masa pembagian tanah perjanjian itulah Ahihud menjadi pemimpin suku Asyer. Refleksi :

9

10  2. SUKU BENYAMIN.  Seorang anggota keluarga Ehud, keturunan bani Benyamin (I Taw. 8:7).  Wasiat Yakub  Kejadian 49:27: "Benyamin adalah seperti serigala yang menerkam; pada waktu pagi ia memakan mangsanya dan pada waktu petang ia membagi-bagi rampasannya."

11  Berkat Musa  Ulangan 33:12: Tentang Benyamin ia berkata: "Kekasih TUHAN yang diam pada-Nya dengan tenteram! TUHAN melindungi dia setiap waktu dan diam di antara lereng-lereng gunungnya.“  Orang-orang terkenal dari suku ini Saul, raja pertama Israel. Paulus, rasul dan penulis sebagian surat-surat di Perjanjian Baru

12 PAULUS DAN SAUL

13 Siapakah Ehud ?  Hakim 3: 15 “ Lalu orang Israel berseru kepada TUHAN, maka TUHAN membangkitkan bagi mereka seorang penyelamat yakni Ehud, anak Gera, orang Benyamin, seorang yang kidal. Dengan perantaraannya orang Israel biasa mengirimkan upeti kepada Eglon, raja Moab.”  Ehud adalah seorang yang kidal. Tuhan memilih seorang Ehud dengan rencanaNya yang luar biasa. 18 tahun mereka direndahkan oleh Moab, tapi Tuhan membangkitkan Ehud bin Benyamin. Ehud, seorang yang kidal. Bukan sekedar kidal, melainkan tangan kanannya cacat sehingga ia harus menggunakan tangan kirinya saja untuk melakukan aktivitasnya. Bahkan dikatakan Alkitab bahwa orang-orang dari suku Benyamin memang kebanyakan adalah orang-orang kidal.

14 Apakah yang kita pelajari ? 1. _________________________ 2. _________________________ 3. _________________________

15 ABEDNEGO  Abednego.  (hamba terang, hamba atau penyembah Nebo), nama Babilonia (Kasdim) yang diberikan kepada Azarya, salah seorang dari ketiga sahabat Daniel yang terpelihara dari nyala api ketika dibuang ke dapur api. Daniel 1:7; 3.

16  Dia diangkat menjadi pegawai di satu propinsi Babel. Tapi dipecat kemudian karena menolak menyembah patung (Dan 3:13), namun diangkat kembali setelah lolos dari perapian (3:30).  Nama ini mungkin terjemahan Aramais dari nama Babel yg berarti 'hamba Dia yg Bersinar', mungkin juga ada permainan kata mengenai nama dewa Babel, Nabu.

17  Sadrakh, Mesakh dan Abednego (bahasa Inggris: Shadrach, Meshach, and Abednego) adalah tiga orang Israel dari Kerajaan Yehuda yang kemudian bekerja di Babel pada abad ke-6 SM, seperti tercatat dalam Kitab Daniel di Alkitab Ibrani atau Perjanjian Lama di Alkitab Kristen.  Mereka bertiga bersama Daniel dibawa ke Babel karena Nebukadnezar "bertitah kepada Aspenas, kepala istananya, untuk membawa beberapa orang Israel, yang berasal dari keturunan raja dan dari kaum bangsawan, yakni orang-orang muda yang tidak ada sesuatu cela, yang berperawakan baik, yang memahami berbagai-bagai hikmat, berpengetahuan banyak dan yang mempunyai pengertian tentang ilmu, yakni orang-orang yang cakap untuk bekerja dalam istana raja, supaya mereka diajarkan tulisan dan bahasa orang Kasdim

18  Dalam Kitab Daniel, mereka selalu disebutkan bersama-sama.  Lalu Sadrakh, Mesakh dan Abednego menjawab raja Nebukadnezar: "Tidak ada gunanya kami memberi jawab kepada tuanku dalam hal ini. Jika Allah kami yang kami puja sanggup melepaskan kami, maka Ia akan melepaskan kami dari perapian yang menyala- nyala itu, dan dari dalam tanganmu, ya raja; tetapi seandainya tidak, hendaklah tuanku mengetahui, ya raja, bahwa kami tidak akan memuja dewa tuanku, dan tidak akan menyembah patung emas yang tuanku dirikan itu.“ ( Daniel 3 : )

19 Apakah yang dapat dipelajari ? 1. __________________________ 2. __________________________ 3. __________________________


Download ppt "AHIHUD DAN ABEDNEGO KAM, 18 MARET 2013 PDT. A. LETLORA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google