Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

A. Pengertian Menurut bahasa miskin adalah kefakiran yang sangat. Menurut istilah adalah tidak memiliki harta sekaligus penghasilan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "A. Pengertian Menurut bahasa miskin adalah kefakiran yang sangat. Menurut istilah adalah tidak memiliki harta sekaligus penghasilan."— Transcript presentasi:

1 A. Pengertian Menurut bahasa miskin adalah kefakiran yang sangat. Menurut istilah adalah tidak memiliki harta sekaligus penghasilan.

2 Madzhab Hanafi dan Maliki Yang berpendapat miskin itu adalah orang yang tidak mempunyai suatu apapun juga. Madzhab Hambali dan Syafii Yang menyatakan miskin itu adalah orang yang mempunyai seperdua dari keperluannya atau lebih tetapi tidak mencukupi.

3 Secara garis besar dapat digolongkan menjadi 3 yaitu: a. Kemiskinan Alamiah b. Kemiskinan yang disebabkan oleh rendahnya kualitas SDM akibat kultur masyarakat tertentu. c. Kemiskinan Struktural

4  Penyebab Individual  Penyebab Keluarga  Penyebab Agensi E. Dampak Kemiskinan:  Banyaknya Pengangguran  Masalah Pendidikan  Masalah Kekerasan  Masalah Kesehatan

5 Menciptakan lapangan pekerjaan Memberikan Subsidi Menghapus Korupsi Menggalakan Program Zakat G. Mengatasi Kemiskinan menurut Islam: Pemahaman kembali konsep islam yang mengarah pada perkembangan sosial kemasyarakatan. Bersabar dan bersikap qana’ah terhadap kekayaan dunia. Mewajibkan laki-laki untuk memenuhi kebutuhan pribadi dan keluarga.

6 Menganjurkan dan mewajibkan kerabat dekat untuk membantu dan memberikan nafkah untuk saudaranya yang membutuhkan. Mewajibkan negara membantu rakyatnya yang miskin. Mewajibkan dan menganjurkan kaum muslim untuk berbagi dan membantu kaum yang membutuhkan. Islam menganjurkan pendistribusian kekayaan dan pengembangaannya melalui cara-cara yang telah ditentukan.


Download ppt "A. Pengertian Menurut bahasa miskin adalah kefakiran yang sangat. Menurut istilah adalah tidak memiliki harta sekaligus penghasilan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google