Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Komunikasi Suatu Proses Era Revolusi Komunikasi atau Masyarakat Pasca Industri atau Abad Komunikasi atau gelombang ketiga. Salah satu ciri yang menyertai.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Komunikasi Suatu Proses Era Revolusi Komunikasi atau Masyarakat Pasca Industri atau Abad Komunikasi atau gelombang ketiga. Salah satu ciri yang menyertai."— Transcript presentasi:

1 Komunikasi Suatu Proses Era Revolusi Komunikasi atau Masyarakat Pasca Industri atau Abad Komunikasi atau gelombang ketiga. Salah satu ciri yang menyertai berbagai istilah tersebut adalah karena digunakanya alat komunikasi sebagai media yang sangat penting dalam tata pergaulan manusia.

2 Saat ini kita telah memasuki global village.Ini dikarenakan oleh ledakan komunikasi massa sehingga informasi mengenai berbagai hal dari berbagai belahan dunia kita dapat nikmati. Lima Revolusi Komunikasi: Mesin Cetak Kamera/film Transmitter/tabung hampa Transistor/ tabung gambar Satelit

3 Bagaimana komunikasi bisa dijelaskan sebagai proses sosial, budaya, dan politik? I. Komunikasi sebagai Esensi dasar Manusia Manusia adalah mahluk individu yang berusaha untuk memenuhi kebutuhannya dalam level individu kemudian kebutuhan itu berkembang yaitu kebutuhan sosial. Dapat ditarik kesimpulan bahwa manusia merupakan mahluk individu dan mahluk sosial jika tercukupi kebutuhan sosialnya maka manusia akan terlihat jati dirinya. Peran komunikasi disini adalah sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan manusia.

4 II. Komunikasi sebagai Proses sosial Proses sosial diartikan sebagai pengaruh timbal balik antara berbagai kehidupan bersama (individu, masyarakat, organisasi, lembaga kemasyarakatan, asosiasi, dll). Dalam hubungan dengan proses sosial, komunikasi menjadi sebuah cara dalam melakukan perubahan sosial (social Change). Komunikasi menjembatani perbedaan dalam masyarakat. Komunikasi dipengaruhi oleh norma, nilai, dan pranata masyarakatnya.

5 Komunikasi bagian integral dari masyarakat dalam proses sosial. Fungsi komunikasi dalam proses sosial: Komunikasi sebagai penghubung antar komponen masyarakat. Komponennya tidak hanya masyarakat tapi juga lembaga sosial, asosiasi. Komunikasi menjadi penentu hidupnya lembaga tersebut. Komunikasi membuka peradaban baru manusia. Komunikasi adalah manifesasi kontrol sosial dalam masyarakat. Komunikasi berperan dalam sosialisasi nilai ke masyarakat. individu berkomunikasi dengan orang lain menunjukan jati diri kemanusiannya.

6 III. Komunikasi sebagai proses budaya Asumsi dasarnya adalah komunkasi merupakan suatu proses budaya. Artinya, komunikasi yang ditujukan pada orang atau kelompok lain tak lain adalah sebuah pertukaran kebudayaan. Dalam proses tersebut terkandung unsur-unsur kebudayaan salah satunya adalah bahasa. Dengan demikian maka komunikasi juga disebut sebagai proses budaya. Komunikasi yang ditujukan pada orang atau kelompok lain tak lain adalah sebuah pertukaran kebudayaan.

7 Kebudayaan adalah keseluruhan gagasan dan karya manusia yang harus dibiasakannya dengan belajar, beserta keseluruhan dari hasil karyanya. Yang disebut Cultural universal meliputi: Peralatan dan perlengkapan hidup manusia Mata pencaharian dan sistem ekonomi Sistem kemasyarakatan Bahasa Kesenian Sistem pengetahuan Religi

8 Jika dilihat secara konkret hubungan antara komunikasi dengan isi kebudayaan: Komunikasi manusia dalam praktiknya membutuhkan peralatan tertentu Komunikasi menghasilkan mata pencaharian hidup manusia. Sistem kemasyarakatn menjadi bagian tak terpisahkan dari komunikasi. Komunikasi akan disampaikan dengan bahasa.

9 IV. Komunikasi sebagai Proses Politik Komunikasi ibarat darah yang mengalir dalam pesan politik berupa tuntutan, protes dan dukungan ke jantung proses sistem politik. Realitas Politik Sebelum masuk dalam pembahasan komunikasi sebagai proses politik maka kita lihat dulu bagaimana realitas politik yang terjadi di Indonesia.

10 Kondisi politik negara antara lain terbagi atas pemerintahan: Politik Orde Baru Era Habibie K.H. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Megawati SBY


Download ppt "Komunikasi Suatu Proses Era Revolusi Komunikasi atau Masyarakat Pasca Industri atau Abad Komunikasi atau gelombang ketiga. Salah satu ciri yang menyertai."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google