Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Buku Dunia Maritim Pantai Barat Sumatera Bagian IV Pelaku dan Lembaga Niaga (Non Pemerintah) NAMA:UPIK NOVIANI NIM:3101409001 ROMBEL:02.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Buku Dunia Maritim Pantai Barat Sumatera Bagian IV Pelaku dan Lembaga Niaga (Non Pemerintah) NAMA:UPIK NOVIANI NIM:3101409001 ROMBEL:02."— Transcript presentasi:

1 Buku Dunia Maritim Pantai Barat Sumatera Bagian IV Pelaku dan Lembaga Niaga (Non Pemerintah) NAMA:UPIK NOVIANI NIM: ROMBEL:02

2 Saudagar Eropa Saudagar Eropa yang dimaksud disini adalah semua saudagar yang berasal dari berbagai bangsa Eropa yang sudah lama bermukim di kawasan ini. Salah satu contohnya adalah Inggris dan Belanda.

3 Saudagar Inggris Saudagar Inggris berdagang di pantai barat Bergerak di bidang ekspor impor Ada dugaan modal usaha di dapat dari gaji mereka selama bekerja di EIC Mereka berperan sebagai transportaannemers

4 Saudagar Belanda Usaha rumah dagang Ekspor impor Perdagangan kopi Selain itu usaha yang dilakukan oleh bangsa Eropa adalah usaha jasa pelayaran dan perhotelan, mendirikan berbagai pabrik es, minyak kelapa, pabrik sabun, kue, penggilingan padi, pengulitan biji kopi, bengkel, dan pembuatan serta reparasi sepatu dan jam.

5 Saudagar Timur Asing saudagar timur asing yang terdiri dari para pedagang Cina, India, dan Arab dan kelompok ini sering disebut dengan kelompok timur asing (vreemde oosterlingen). Beberapa dari mereka sudah tinggal di daerah Sumatera barat ini.

6 Lanjutan... Mereka mendapat kemudahan dari Pemerintah Kolonial diantaranya adalah diberikannya hak penarikan (pachter) berbagai macam pajak, penjualan candu, pendistribusian garam, pengelolaan sarang burung laying – laying, dan transportannemer kepada bangsa Cina, serta kemudahan untuk mendapatkan kredit dari lembaga keuangan pemerintah dan NHM.

7 Saudagar Pribumi saudagar pribumi, yang termasuk dalam kelompok ini adalah saudagar Melayu (terutama Minangkabau), Aceh, Batak, Jawa dan Bugis. Kain merupakan salah satu komoditas perdagangan yang relatife tetap berada di tangan para saudagar pribumi.

8 Lanjutan... bidang usaha lain dari kelompok masyarakat pribumi ini adalah pada bidang pembuatan tembikar, kerajinan emas dan perak, ukiran kayu, pembuatan senjata tajam, pembuatan tikar pandan dan rotan, pembuatan minyak kelapa, penggilingan padi (kincir air), pertenunan kain serta tukang rumah, pembuatan perahu dan kapal.

9 Lembaga – lembaga Niaga Lembaga yang ada adalah konsulat dagang, persoalan yang paling banyak ditangani lembaga ini adalah masalah administrasi. Masalah – masalah itu antara lain berupa masalah perizinan berdagang (juga berlabuh) serta menghubungkan saudagar asing yang datang dengan rumah dagang yang ada dikawasan ini.

10 Lanjutan... Beberapa Negara asing yang membuka konsulat atau wakil konsulat perdagangannya dikawasan ini adalah Amerika (1864), Perancis (1866), Denmark (1868), Inggris (1873), Belgia (1874), Swedia dan Norwegia (1874), Jeman dan Italia. Masing – masing perwakilan ini dipimpin oleh pejabat setingkat konsul atau wakil konsul. Sebagian besar pejabat yang bertindak sebagai konsul atau wakil konsul bukan warga dari Negara yang bersangkutan.

11 Perkebunan Besar dan Pertambangan Tahun 1687 Pemerintah Hindia Belanda mengeluaran maklumat mengenai penghapusan tanam paksa (untuk Indonesia secara keseluruhan). Sebagai gantinya bermunculan berbagai bentuk usaha, seperti perkebunan dan pertambangan yang dimiliki oleh para pemilik modal.

12 Lanjutan... Berdasarka Undang – Undang Agraria No.55 Tahun 1870 serta diperkuat oleh keputusan mengenai pelaksanaanya di pantai barat yang dimuat dalam Lembaga Negara No.94F tahun 1874, maka masing – masing pemilik modalwajib membayar sewa tanah. Didaerah ini juga dibuka beberapa pertambangan.

13 Lanjutan... Dua di antaranya adalah tambang emas dengan nama “Mijinbouw Maatschappij Sumatra” dan tambang emas Salido. Reiner D. Verbeek adalah tokoh yang pertama kali menemukan adanya cadangan emas dilokasi ini. Namun dibandingkan dengan perkebunan besar, kehadiran tambang ini tidak begitu besar artinya bagi kegiatan perdagangan dan pelayaran kawasan pantai barat.

14 TERIMA KASIH


Download ppt "Buku Dunia Maritim Pantai Barat Sumatera Bagian IV Pelaku dan Lembaga Niaga (Non Pemerintah) NAMA:UPIK NOVIANI NIM:3101409001 ROMBEL:02."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google