Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Penulisan Topik Skripsi 02 Pemilihan Topik. Menemukan Permasalahan Langkah pertama dalam memilih topik adalah menemukan masalah umum Permasalahan umum.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Penulisan Topik Skripsi 02 Pemilihan Topik. Menemukan Permasalahan Langkah pertama dalam memilih topik adalah menemukan masalah umum Permasalahan umum."— Transcript presentasi:

1 Penulisan Topik Skripsi 02 Pemilihan Topik

2 Menemukan Permasalahan Langkah pertama dalam memilih topik adalah menemukan masalah umum Permasalahan umum berkaitan dengan bidang kepakaran dan minat khusus peneliti Mempersempit permasalahan umum ke permasalahan khusus yang dapat dan akan diteliti

3 Sumber permasalahan Untuk penelitian setingkat skripsi, sumber utama permasalahan berasal dari pengalaman dan bacaan (media massa/populer), topik skripsi cukup berdasar curiousity Saran penelitian lanjutan dari penelitian sebelumnya Penelitian replikasi, minim penambahan pengetahuan dan pengalaman

4 Karakteristik Permasalahan Researchable (memungkinkan untuk diteliti), contoh yang tidak mungkin diteliti adalah: kebenaran agama dan filsafat. Bermakna, dari segi teoritis dan praktis, paling tidak berguna untuk meningkatkan mutu bidang yang diteliti. Sesuai dengan diri sendiri: – Keterampilan penelitian yang kita miliki – Akses terhadap sumber Keterbatasan waktu dan sumber daya lain

5 Pernyataan Permasalahan Tertulis dengan baik, biasanya berisi dua variabel yang diminati untuk diteliti, hubungan antara keduanya, dan tipe subjek yang dilibatkan Mencantumkan definisi operasional, Pernyataan masalah harus dinyatakan sesegera mungkin setelah bahasan yang mendasari cukup kuat, karena akan menjadi petunjuk arah perencanaan selanjutnya. Pernyataan permasalahan ditulis runtut dari penyajian latar belakang masalah.

6 Tinjauan Pustaka Merupakan studi pustaka untuk menjawab pertanyaan dalam penelitian, sementara Menemukan hal-hal yang telah dilakukan terhadap variabel yang akan diteliti Memberi masukan terhadap strategi penelitian, prosedur, dan instrumen yang akan digunakan Tinjauan pustaka sebaiknya singkat, relevan dan sistematis Permasalahan populer menghasilkan banyak acuan, memudahkan untuk memilah yang relevan Permasalahan baru, sedikit acuan memaksa peneliti untuk mencari tinjauan pustaka yang relevan Bobot permasalahan bukan terletak pada banyaknya literatur acuan yang tersedia

7 Persiapan Tinjauan Pustaka Waktu, harus luang tidak tergesa-gesa Menghemat waktu bila mengenal tempat mencari acuan Mengenali pelayanan dan aturan perpustakaan Membuat daftar jurnal online yang dapat di akses Buat daftar kata kunci untuk melakukan tinjauan pustakaan (indonesia - inggris)

8 Sumber Tinjauan Pustaka Sumber Primer: Adalah deskripsi riset yang ditulis oleh orang yang melakukan atau membuatnya. Sumber Sekunder: Umumnya deskripsi lebih pendek yang ditulis seseorang yang bukan peneliti aslinya. Cat: Sebaiknya kita tidak puas dengan sumber sekunder, dan bila memungkinkan mencari sumber primer.

9 Referensi 1.Sukadji, Soetarlinah. (2000). Menyusun dan Mengevaluasi Laporan Penelitian. Jakarta: UI-Press


Download ppt "Penulisan Topik Skripsi 02 Pemilihan Topik. Menemukan Permasalahan Langkah pertama dalam memilih topik adalah menemukan masalah umum Permasalahan umum."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google