Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENCARIAN (SEARCHING). PENGERTIAN SEARCHING Searching merupakan suatu proses pencarian data pada sejumlah data yang ada. Setelah proses pencarian dilaksanakan,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENCARIAN (SEARCHING). PENGERTIAN SEARCHING Searching merupakan suatu proses pencarian data pada sejumlah data yang ada. Setelah proses pencarian dilaksanakan,"— Transcript presentasi:

1 PENCARIAN (SEARCHING)

2 PENGERTIAN SEARCHING Searching merupakan suatu proses pencarian data pada sejumlah data yang ada. Setelah proses pencarian dilaksanakan, akan diperoleh salah satu dari dua kemungkinan, yaitu data yang dicari ditemukan (successful) tidak ditemukan (unsuccessful).

3 TEKNIK SEARCHING Contoh teknik pencarian : pencarian sekuensial (sequential search) pencarian biner (binary search). Perbedaan dari dua teknik ini terletak pada keadaan data. Pencarian sekuensial digunakan apabila data dalam keadaan acak atau tidak terurut. pencarian biner digunakan pada data yang sudah dalam keadaan urut.

4 Sequential Searching (Pencarian berurutan) Merupakan metode pencarian yang paling sederhana. Pencarian berurutan menggunakan prinsip sebagai berikut : data yang ada dibandingkan satu per satu secara berurutan dengan yang dicari sampai data tersebut ditemukan atau tidak ditemukan.

5 Lanjutan… Kemungkinan terbaik (best case) adalah jika data yang dicari terletak di indeks array terdepan (elemen array pertama) sehingga waktu yang dibutuhkan untuk pencarian data sangat sebentar (minimal). Kemungkinan terburuk (worst case) adalah jika data yang dicari terletak di indeks array terakhir (elemen array terakhir) sehingga waktu yang dibutuhkan untuk pencarian data sangat lama (maksimal).

6 Ilustrasi Sequential Searching Mencari posisi data dengan nilai 3. key=3; Data[4]=3 sama dengan key=3 maka data ditemukan dan diberikan nilai pengembalian i (posisi) dan proses dihentikan.

7 Pencarian Biner (Binary Search) Salah satu syarat agar pencarian biner dapat dilakukan adalah data sudah dalam keadaan urut. Dengan kata lain, apabila data belum dalam keadaan urut, pencarian biner tidak dapat dilakukan. Contoh : saat ingin mencari suatu kata dalam kamus

8 Pencarian Biner (Binary Search) Prinsip dari pencarian biner dapat dijelaskan sebagai berikut : Data diambil dari posisi 1 sampai posisi akhir N Kemudian cari posisi data tengah dengan rumus: (posisi awal + posisi akhir) / 2 Kemudian data yang dicari dibandingkan dengan data yang di tengah, apakah sama atau lebih kecil, atau lebih besar? Jika lebih besar, maka proses pencarian dicari dengan posisi awal adalah posisi tengah + 1 Jika lebih kecil, maka proses pencarian dicari dengan posisi akhir adalah posisi tengah – 1 Jika data sama, berarti ketemu. Demikian seterusnya sampai data tengah sama dengan yang dicari.

9 Ilustrasi Binary Searching Contoh Data: Misalnya data yang dicari 17 Karena 17 > 15 (data tengah), maka: awal = tengah + 1 Karena 17 < 23 (data tengah), maka: akhir = tengah – 1 Karena 17 = 17 (data tengah), maka KETEMU!

10 KOMPLEKSITAS WAKTU Sequential SearchBinary Search Kasus terbaikTmin(n) = 1 Kasus terburukTmax(n) = nTmax(n) = 2 log n Kasus rata-rataTavg(n) = (n+1)/2 100 elemen1000 elemen elemen Sequential Search (average) Binary Search (worst case) 2 log 100=7 2 log 1000=14 2 log 1000=20


Download ppt "PENCARIAN (SEARCHING). PENGERTIAN SEARCHING Searching merupakan suatu proses pencarian data pada sejumlah data yang ada. Setelah proses pencarian dilaksanakan,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google