Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN Jl. Letjen. Sutoyo Pontianak, Telp. (0561) 736711, Website:

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN Jl. Letjen. Sutoyo Pontianak, Telp. (0561) 736711, Website:"— Transcript presentasi:

1

2 PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN

3 PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN Jl. Letjen. Sutoyo Pontianak, Telp. (0561) , Website: 2

4 PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN Jl. Letjen. Sutoyo Pontianak, Telp. (0561) , Website: BERKOMUNIKASI DENGAN BAHASA INDONESIA SETARA TINGKAT MADIA STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR Menggunakan kalimat tanya secara tertulis sesuai dengan situasi komunikasi.

5 PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN Jl. Letjen. Sutoyo Pontianak, Telp. (0561) , Website: 1.Menyampaikan pertanyaan yang relevan dengan topik pembicaraan secara tertulis dengan santun. 2.Menyampaikan pertanyaan yang memerlukan jawaban ya atau tidak secara tertulis dengan tujuan untuk memantapkan klarifikasi dan konfirmasi. 3.Menyampaikan pertanyaan retorik (tidak memerlukan jawaban) secara tertulis sesuai dengan tujuan dan situasi. 4.Menyampaikan pertanyaan secara tersemar dengan kalimat tanya secara tertulis dengan tujuan selain bertanya seperti memohon, meminta, menyuruh, mengajak, merayu, menyindir, meyakinkan, menyetujui, atau menyanggah. TUJUAN PEMBELAJARAN

6 PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN Jl. Letjen. Sutoyo Pontianak, Telp. (0561) , Website: 5 MATERI AWAL. Kalimat tanya adalah kalimat yang bertujuan menggali informasi, memastikan informasi dan menilai suatu ainformasi. Ciri-ciri kalimat tanya yaitu : 1. menggunakn kalimat tanya, 2. menggunakn partikel –lah, apabiila dalam bentuk tertulis maka kalimat tanya di akhiri dengan penggunaan tanda baca ( ? ) 3. membalikan urutan kata dalam kalimat berita kalimat. contoh : Syarif sudah mengerjakn tugas ( kalimat berita ) Sudahkah Syarif mengerjakan tugas?( kalimat tanya ) 4. menempatkan kata bukan, belum, atau tidak. Kata itu ditempatkan di akhir kalimat dan diselingi tanda koma contoh : 1. para siswa tidak setuju. para siswa tidak setuju, bukan? kata bukan dipakai dalam kalimat yang menyatakan konfirmasi, yakni penegasan tentang sesuatu yang ditanyakan Kalimat tanya yang efektif dengan formula 5W1H (what, who, where, when, why, how) dalam menyampaikan pertanyaan sesuai dengan situasi komunikasi. ( Modul hal. 149 s.d. 155 )

7 PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN Jl. Letjen. Sutoyo Pontianak, Telp. (0561) , Website: 6 A.Santun Bertanya Untuk memperoleh informasi sebagaimana kita harapakan, kita perlu memperhatikan santun bertany. Hal itu dimaksudkan agar pertanyaan yang kita ajukan mendapat respon dari narasumber. Oleh karena itu, sebelum bertanya mengajukan pertanyaan kepada narasimber. Perhatikan santun bertanya berikut ini! 1) Ajukan pertanyaan yang betul-betul memerlukan informasi dari narasumber yang tidak melenceng dari topik pembicaraan. 2) Tempatkan diri kita pada posisi yang lebih rendah daripada narasumber agar ia merasa dihargai 3) Jangan memotong jawaban narasumber karena selain kurang etis, hal itu akan merusak alur informasi yang diberikan MATERI LANJUTAN

8 PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN Jl. Letjen. Sutoyo Pontianak, Telp. (0561) , Website: 7 B. Pertanyaan untuk menggali informasi Cara-cara menggali informasi. 1 ) Rumuskan lebih dahulu pokok-pokok pikiran atau masalah-masalah yang relevan untuk kita tanyakan kepada narasumber. 2) Jika perlu, buatlah kalimat tanyaan berdasarkan daftar pokok pikiran atau masalah di atas. 3) Mulailah dengan pertanyaan ringan ynag bersifat pengenalan masalah, kemudian berangsur-angsur meningkat makin serius, dan mendekati akhir penggalian informasi gunakan pertanyaan yang bersifat penegasan saja. C. Pertanyaan untuk klarifikasi dan konfirmasi Kalimat Tanya berjawab ya/tidak berserta variasinya memang bukan mengungkap informasi yang lengkap atau terurai, melainkan untuk menguji benar tidaknya sesuatu.

9 PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN Jl. Letjen. Sutoyo Pontianak, Telp. (0561) , Website: 8 MATERI AKHIR D. Kalimat Tanya Retorik Selain untuk menanyakan sesuatu, kalimat Tanya dapat juga digunakan sebagai cara atau gaya dalam berbahasa. Dengan kalimat Tanya retorik, boleh juga jadi penanya bermakud menyatakan sesuatu yang berkebalikan dari apa yang ditanyakan. Atau, dengan kalimat tersebut penanya bermaksud menegaskan hal tertentu untuk mendapatkan perhatian mitra pembicara.

10 PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN Jl. Letjen. Sutoyo Pontianak, Telp. (0561) , Website: 9

11 PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN Jl. Letjen. Sutoyo Pontianak, Telp. (0561) , Website: Iskak, Yustina Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK dan MAK Kelas X. Jakarta: Penerbit Erlangga REFERENSI

12 PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN Jl. Letjen. Sutoyo Pontianak, Telp. (0561) , Website: NAMA EVITA TRI NENGSIH, S.Pd NIP TEMPAT TUGAS SMKN 1 PONTIANAK NAMA EVITA TRI NENGSIH, S.Pd NIP TEMPAT TUGAS SMKN 1 PONTIANAK PENYUSUN


Download ppt "PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN PEMERINTAH KOTA PONTIANAK DINAS PENDIDIKAN Jl. Letjen. Sutoyo Pontianak, Telp. (0561) 736711, Website:"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google