Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh: Niknik M. Kuntarto, S.Pd., M.Hum.. Tujuan Instruksional Umum dan Khusus Mahasiswa dapat mengembangkan kepribadian dengan cara memiliki sikap dan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh: Niknik M. Kuntarto, S.Pd., M.Hum.. Tujuan Instruksional Umum dan Khusus Mahasiswa dapat mengembangkan kepribadian dengan cara memiliki sikap dan."— Transcript presentasi:

1 Oleh: Niknik M. Kuntarto, S.Pd., M.Hum.

2 Tujuan Instruksional Umum dan Khusus Mahasiswa dapat mengembangkan kepribadian dengan cara memiliki sikap dan pengetahuan menuangkan gagasan ke dalam kalimat dan paragraf dalam menulis akademik Mahasiswa dapat menerapkan kesantunan kalimat dalam menulis karangan ilmiah Mahasiswa dapat menerapkan kesantunan paragraf dalam menulis karangan ilmiah

3 Bacalah paragraf A berikut ini! Ada komentar? David Beckham adalah seorang pemain sepak bola yang sukses. Kehidupan David Beckham selalu bergelimang kekayaan dan kepopuleran. David Beckham masih terikat kontrak dengan Real Madrid sampai Juni David Beckham sudah mengumumkan secara resmi kepindahannya ke LA Galaxy di Liga Amerika Serikat. David Beckham sudah meneken kontrak transfeer 250 juta dolar AS untuk lima tahun. David Beckham banyak mendapatkan kritikan dan laporan di berbagai media masa. Masalah ini tetap membuat nama David Beckham populer dan menjadi buah bibir di jagat persepakbolaan dunia.

4 Bacalah paragraf B berikut ini! Ada komentar? David Beckham adalah seorang pemain sepak bola yang sukses. Buktinya, kehidupan David Beckham selalu bergelimpang kekayaan dan kepopuleran. Walaupun masih terikat kontrak dengan Real Madrid sampai Juni 2007, David Beckham sudah mengumumkan secara resmi kepindahannya ke LA Galaxy di liga Amerika Serikat. Bahkan, David Beckham sudah meneken kontrak transfer 250 juta dolar AS. Selain menerima gaji 15 juta euro per tahun hingga Juni 2007 dari Real Madrid, David Beckham juga akan menerima 250 juta dolar AS/ 5 tahun dari LA Galaxy. Akibat pemberitaan ini, David Beckham banyak mendapatkan kritikan dan laporan tidak sedap tentang dirinya di berbagai media masa, tetapi David Beckham tetap menjadi pemain sepak bola yang terpopuler dan tetap menjadi buah bibir di jagat persepakbolaan dunia.

5 Bacalah paragraf C berikut ini. Masih ada komentar? David Beckham adalah seorang pemain sepak bola yang sukses. Buktinya, suami Victoria Beckham ini selalu bergelimpang kekayaan dan kepopuleran. Walaupun masih terikat kontrak dengan Real Madrid sampai Juni 2007, mantan kapten Inggris ini sudah mengumumkan secara resmi kepindahannya ke LA Galaxy di liga Amerika Serikat. Bahkan, pemain yang memiliki tendangan jarak jauh yang mematikan lawan ini sudah meneken kontrak transfer 250 juta dolar AS/ 5 tahuan. Selain menerima gaji 15 juta euro per tahun hingga Juni 2007 dari Real Madrid, ia juga akan menerima 250 juta dolar AS dari LA Galaxy. Akibat pemberitaan ini, lelaki yang pernah berselisih dengan pelatihnya di Manchester United ini banyak mendapatkan kritikan dan laporan tidak sedap tentang dirinya di berbagai media masa, tetapi ayah dari Brooklyn, Romeo, dan Cruz ini tetap menjadi pemain sepak bola yang terpopuler dan menjadi buah bibir di jagat persepakbolaan dunia.

6 Berdasarkan ketiga contoh a paragraf tersebut, kita dapat menyimpulkan Persyaratan paragraf yang baik: KEPADUAN Artinya setiap kalimat dalam sebuah paragraf harus memiliki hubungan yang logis. Hubungan yang logis ini dapat terangkai dengan adanya 1. Kata Penghubung 2. Kata Ganti

7 Jenis Kata Penghubung INTRAKALIMAT : menghubungkan antara anak kalimat dan induk kalimat ANTARKALIMAT: menghubungkan kalimat yang satu dengan yang kalimat yang lainnya

8 Kata Penghubung Intrakalimat Antarkalimat... sehingga karena bahwa Walaupun..., Jika , , tetapi , melainkan , sedangkan Selanjutnya,..... Kemudian,.... Oleh karena itu,.... Jadi,..... Sehubungan dengan itu,.... Namun,.... Akibatnya,.... Simpulannya,...

9 KESATUAN PARAGRAF Setiap paragraf memiliki satu pokok pikiran. Pokok pikiran ini diletakkan Di awal paragraf (DEDUKTIF) Di akhir paragraf (INDUKTIF)

10 Dilarang... Dan Tetapi, Sedangkan, Melainkan Sehingga,.....

11 PARAGRAF DEDUKTIF Abdul Rahman Wahid adalah seorang presiden yang unik dan nyentrik. Walaupun memiliki penglihatan yang kurang, ia dapat terpilih menjadi Presiden ke-4 RI. Pada awal masa pemerintahannya, Gus Dur sering mengadakan kunjungan ke luar negeri. Akibatnya, suami dari Shinta Nuriah ini sering menerima kritikan darip berbagai pihak, terutama dari lawan politiknya. Selain itu, mantan Ketua PKB ini sering mengeluarkan pernyataan yang kontroversial dan inkonvensional sehingga sering diminta mundur dari jabatannya sebagai Presiden RI. Namun, kyai dari Jawa Timur ini tetap ingin menjadi orang nomor satu di Indonesia.

12 PARAGRAF INDUKTIF Walaupun memiliki penglihatan yang kurang, Abdurrahman Wahid dapat terpilih menjadi Presiden ke-4 RI. Pada awal masa pemerintahannya, Gus Dur sering mengadakan kunjungan ke luar negeri. Akibatnya, suami dari Shinta Nuriah ini sering menerima kritikan darip berbagai pihak, terutama dari lawan politiknya. Selain itu, mantan Ketua PKB ini sering mengeluarkan pernyataan yang kontroversial dan inkonvensional sehingga sering diminta mundur dari jabatannya sebagai Presiden RI. Namun, kyai dari Jawa Timur ini tetap ingin menjadi orang nomor satu di Indonesia. Berdasarkan gambaran tersebut dapat disimpulkan bahwa Abdurrahman Wahid adalah seorang presiden yang unik dan nyentrik.

13 KELENGKAPAN PARAGRAF Berhubungan dengan cara mengembangkan kalimat-kalimat penjelas. Metode Perbandingan Metode Pertentangan Metode Analogi Metode Contoh Metode Definisi Metode Klasifikasi Metode Sebab Akibat

14 Berlatih, yuk...! Buatlah artikel tentang tokoh berikut ini! Mbah Surip Michael Jackson

15 Mengenal Teman Wawancarailah salah satu teman Anda, galilah informasi sedalam-dalamnya tentang dia. Buatlah artikel (3 paragraf) sebagai hasil dari wawancara. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Terapkan kesantunan kalimat dan paragraf yang baik. Jangan lupa, lengkapi artikel dengan foto teman Anda tersebut. Tanpa salah **, salah 1 – 3 * Selamat menulis...!

16 Bermain Kartun, yuk...! Urutkan cuplikan kartun berikut ini menjadi sebuah cerita. Simpulkan pesan yang terkandung di dalam cerita tersebut. Pesan yang terkandung dalam cerita kartun tersebut jadikan kalimat pokok yang bisa Anda letakkan di awal paragraf (deduktif) atau di akhir paragraf (induktif) Buatlah cerita kartun tersebut ke dalam 2 – 3 paragraf.


Download ppt "Oleh: Niknik M. Kuntarto, S.Pd., M.Hum.. Tujuan Instruksional Umum dan Khusus Mahasiswa dapat mengembangkan kepribadian dengan cara memiliki sikap dan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google