Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

WISNU ADI HIDAYAT, 3351401073 ANALISIS KREDIT MACET USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI SENTRA KONVEKSI ULUJAMI PEMALANG.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "WISNU ADI HIDAYAT, 3351401073 ANALISIS KREDIT MACET USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI SENTRA KONVEKSI ULUJAMI PEMALANG."— Transcript presentasi:

1 WISNU ADI HIDAYAT, ANALISIS KREDIT MACET USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI SENTRA KONVEKSI ULUJAMI PEMALANG

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : WISNU ADI HIDAYAT - NIM : PRODI : Akuntansi - JURUSAN : Akuntansi - FAKULTAS : Ekonomi - sumanto_17_04 pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : - PEMBIMBING 2 : - TGL UJIAN :

3 Judul ANALISIS KREDIT MACET USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI SENTRA KONVEKSI ULUJAMI PEMALANG

4 Abstrak Konveksi Ulujami Pemalang UMKM masih belum dapat mewujudkan kemampuan dan perannya secara optimal dalam perekonomian nasional. Hal ini disebabkan UMKM masih menghadapi berbagai hambatan dan kendala, baik yang berisfat eksternal maupun internal, dalam bidang produksi dan pengolahan, pemasaran, permodalan, sumber daya manusia dan teknologi, serta iklim usaha yang belum mendukung bagi perkembangnya. Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kredit macet dan ingin mengetahui seberapa besar faktor-faktor tersebut mempengaruhi kredit macet di Sentra Konveksi Ulujami Pemalang. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM konveksi Ulujami Pemalang yang yaitu sejumlah 97 UMKM dan semua UMKM yang mengalami kredit macet dijadikan unit analisis dalam penelitian ini. Data ditekankan pengumpulannya melalui metode angket, kemudian dilakukan uji validitas, reliabilitas, analisis deskripsi dan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan: 1) dari 38 indikator, terbentuk 11 faktor inti dan mampu menjelaskan sebesar 75,167% yang berpengaruh terhadap antisipasi kredit macet dan sisanya sebesar 24,837% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini; 7) faktor yang paling berpengaruh terhadap antisipasi kredit macet adalah faktor pemasaran dan persaingan, dan yang paling kecil pengaruhnya adalah faktor pendapatan. Kredit yang diberikan kepada UMKM agar tidak macat disarankan: 1) agar tidak terjadi kredit macet, pemerintah membantu pengusaha konveksi di Sentara Konveksi Ulujami dengan cara menyalurkan atau memasarkan hasil produksi ke luar daerah; 2) untuk mengurangi persaingan khususnya persaingan harga, hendaknya pengusaha Sentra Konveksi Ulujami Pemalang melakukan kerjasama dalam bentuk asosiasi yang melembaga untuk membeli bahan baku secara bersamaan dan menjual hasil produksi melalui asosiasi; 3) pengusaha Sentra Konveksi Ulujami Pemalang, benar-benar memperhatikan kridit yang diterima agar dipergunakan sesuai dengan rencana awal pada saat pengajuan kredit dan lebih baik jika mengajukan kredit tidak dalam kesulitan (hutang yang menumpuk) dan 4) jika pengusaha Sentra Konveksi Ulujami Pemalang, yang hutangnya cukup banyak, lebih baik mengadakan kerja sama dengan pengusaha yang berada di Sentra Konveksi Ulujami Pemalang sehingga beban hutang tidak bertambah.

5 Kata Kunci Kredit Macet, Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Sentra

6 Referensi Adam, D James Migrant and Local Entrepreneurial Net Works Development. Jurnal management & Kewirausahaan. Vol 6. No 2. FE.UKP. Hal Akyuwen, Roberto Efeketivitas Kelembagaan Keuangan Dalam Penyaluran Kredit Mikro: kajian Pendekatan Ekonomi Kelembagaan Baru. Semarang: FE Undip Anselmus Bata Suara Pembaharuan: Pemberdayaan UKM lebih Retorikanya, 5 Agustus. Hal 4 Arifin, Bustanul Pendekatan Baru Pengembangan Pasar Keuangan Pedesaan: Bukan Sekedar Basis Komersial, Tetapi Penguatan Modal Sosial. Jakarta: INDEF Arikunto, Suharsini Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta Bank Rakyat Indonesia Manajemen Kredit Bermasalah: Materi Pendidikan Untuk Account Officer. Jakarta Budisantoso Totok & Triandaru Sigit Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya Edisi 2. Salemba 4. Jakarta Cooper Donal R & Emory William C Metode Penelitian Bisnis. Jilid I. Jakarta: Erlangga Glendoh, Harman, Sentot Pembinaan Dan Pengembangan Usaha Kecil. Jurnal Management & Kewirausahaan. Vol 3. No 1. FE.UKP. Hal 1-13 Gozali Imam Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Undip. Semarang Hadari, Nawawi Metodologi Bidang Sosial, Yogyakarta: Gajah Mada Pres Jawa Pos UKM Selalu Terbentur Birokrasi. 16 Juli. Hal 10A Kasmir Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: Raja Grafindo Persada Katsikeas, S Constantine Export Competitive Advamtages: The Relevance Of Firm Characteristics. International Marketing Review. MCB University Pres Vol 11. No. 33. Page Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi Dan Kontrol. Jakarta: Prenhallindo Lincolin, Arsyad Ekonomi pembangunan. Yogyakarta: STIE YKPN Malhotra K Naresh, Marketing Research: An Applied Orientation. Prentice-Hall. Englewood Cliffs. New Jersey Sugiyono, Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta Suyatno, Thomas Dasar-dasar Perkreditan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama Thompson, Paul Bank Lending And The Environment: Policies and Opportunies. International Journal Of Bank Marketing. MCB University Pres. Vol 16. No 6. Page

7 Terima Kasih


Download ppt "WISNU ADI HIDAYAT, 3351401073 ANALISIS KREDIT MACET USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI SENTRA KONVEKSI ULUJAMI PEMALANG."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google