Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MEMAHAMI ELEMEN GELOMBANG, JENIS-JENIS DAN INTERAKSI GELOMBANG MEMAHAMI SIFAT DASAR SINYAL AUDIO By Sarbini, S.Pd (SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MEMAHAMI ELEMEN GELOMBANG, JENIS-JENIS DAN INTERAKSI GELOMBANG MEMAHAMI SIFAT DASAR SINYAL AUDIO By Sarbini, S.Pd (SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta)"— Transcript presentasi:

1 MEMAHAMI ELEMEN GELOMBANG, JENIS-JENIS DAN INTERAKSI GELOMBANG MEMAHAMI SIFAT DASAR SINYAL AUDIO By Sarbini, S.Pd (SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta)

2 Teknologi dan Rekayasa PENGETAHUAN DASAR 1.PENGERTIAN AUDIO Audio diartikan sebagai suara atau reproduksi suara. Gelombang suara : gelombang yang dihasilkan dari sebuah benda yang bergetar. Gelombang suara memiliki lembah dan bukit, satu buah lembah dan bukit akan menghasilkan satu siklus ( periode).

3 Teknologi dan Rekayasa Frekuensi adalah jumlah siklus yang terjadi dalam satu detik.(Satuan Hz)

4 Teknologi dan Rekayasa Ilustrasi Bidang Audio

5 Teknologi dan Rekayasa AREA BIDANG AUDIO :  Studio Sound Engineer  Live Sound Engineer  Musician  Music Producer  DJ (Disc Jocky)  Teknisi radio  Perekam suara Film/Television Field Sound Engineer  Editor Audio Post-Production Audio Creator

6 Teknologi dan Rekayasa Dua hal pemahaman tentang audio yaitu:  Gelombang suara: apa itu suara, bagaimana menghasilkan dan bagaimana mendengarkannya  Peralatan suara : apa perbedaan komponen, bagaimana kerjanya, bagaimana memilih peralatan yang benar dan bagaimana menggunakannya dengan tepat.

7 Teknologi dan Rekayasa  Gelombang dengan frekuensi konstan

8 Teknologi dan Rekayasa Getaran udara ini menyebabkan gendang telinga pendengar bergetar dengan pola yang sama

9 Teknologi dan Rekayasa  Panjang Gelombang: Jarak antar titik gelombang dan titik ekuivalen pada fasa berikutnya.  Amplitudo : Kekuatan atau daya gelombang sinyal. Tinggi gelombang yang bisa dilihat sebagai grafik.

10 Teknologi dan Rekayasa  Frekuensi : Jumlah getaran yang terjadi dalam waktu satu detik  Getaran gelombang suara semakin cepat, frekuensi semakin tinggi.  Frekuensi lebih tinggi diinterpretasikan sebagai jalur lebih tinggi.

11 Teknologi dan Rekayasa 2. FREKUENSI, PERIODE DAN FASA Frekuensi (F) : jumlah getaran yang terjadi dalam waktu satu detik atau banyaknya gelombang/getaran listrik yang dihasilkan tiap detik. Perioda (T) : selang waktu yang diperlukan untuk melakukan satu getaran sempurna.

12 Teknologi dan Rekayasa  Hubungan antara Periode dan Frekuensi : f = 1/T  T = 1/f Ket : f : frekuensi, dalam siklus per detik(Hz) T : periode (detik).

13 Teknologi dan Rekayasa Jika kecepatan perputaran sudut dinyatakan dengan , maka frekuensinya sama dengan kecepatan sudut dibagi dengan besarnya sudut satu putaran penuh (2  ) atau dapat ditulis : f =  /2    = 2  f Dengan pengertian  adalah kecepatan sudut dalam Radial/detik.

14 Teknologi dan Rekayasa PERCAMPURAN GELOMBANG 1. Gelombang suara dalam fasa yang sama dijumlahkan menghasilkan gelombang yang lebih kuat.

15 Teknologi dan Rekayasa 2.Gelombang suara dengan fase berlawanan, tertinggal 180 derajat masing- masing dijumlahkan menghasilkan nol. Ini banyak dijumpai pada kerja piranti penundaan noise. + =

16 Teknologi dan Rekayasa 3. Gelombang suara yang mempunyai hubungan fasa bervariasi menghasilkan pengaruh suara yang berbeda. + =

17 Teknologi dan Rekayasa 3. PROPAGASI GELOMBANG Panjang gelombang = kecepatan / frekuensi ë = c/f c = kecepatan rambat gelombang suara m/detik ( f = frekuensi (Hertz) ë = panjang gelombang (m)

18 Teknologi dan Rekayasa 4. KOMBINASI GELOMBANG SINUS 5. KOMBINASI GELOMBANG SINUS TERTUNDA


Download ppt "MEMAHAMI ELEMEN GELOMBANG, JENIS-JENIS DAN INTERAKSI GELOMBANG MEMAHAMI SIFAT DASAR SINYAL AUDIO By Sarbini, S.Pd (SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google