Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TRI ADI WIDODO, 6450402114 FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KAPASITAS VITAL PARU KARYAWAN PERUSAHAAN GENTENG MALINDO SOKKA KEBUMEN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TRI ADI WIDODO, 6450402114 FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KAPASITAS VITAL PARU KARYAWAN PERUSAHAAN GENTENG MALINDO SOKKA KEBUMEN."— Transcript presentasi:

1 TRI ADI WIDODO, FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KAPASITAS VITAL PARU KARYAWAN PERUSAHAAN GENTENG MALINDO SOKKA KEBUMEN

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : TRI ADI WIDODO - NIM : PRODI : Kesehatan Masyarakat - JURUSAN : Ilmu Kesehatan Masyarakat - FAKULTAS : Ilmu Keolahragaan - primitif_04 pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : DRS. BAMBANG WAHYONO - PEMBIMBING 2 : IRWAN BUDIONO, SKM, M.KES - TGL UJIAN :

3 Judul FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KAPASITAS VITAL PARU KARYAWAN PERUSAHAAN GENTENG MALINDO SOKKA KEBUMEN

4 Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini adalah dari hasil survey pendahuluan pada 20 karyawan, 40% (8 karyawan) mengalami restriksi sedang, keluhan batuk dan sesak napas pada bagian pembakaran serta karyawan tidak menggunakan masker. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kapasitas vital paru (KVP) karyawan perusahaan genteng Malindo Sokka Kebumen. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan metode survei dan pendekatan cross sectional. Populasi studi dalam penelitian adalah seluruh karyawan perusahaan genteng Malindo Sokka Kebumen. Sampel yang diambil sebanyak 41 orang yang diperoleh dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah spirometer hutchinson, timbangan injak, microtoice, dan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik uji chi square dengan derajat kemaknaan (α = 0,05). Dari hasil penelitian didapatkan bahwa ada hubungan antara penggunaan masker (p=0,04) dan kebiasaan olah raga (p=0,04) dengan kapasitas vital paru karyawan. Dan tidak ada hubungan antara masa kerja (p=0,43), umur (p=0,37), jenis kelamin (p=0,29), riwayat penyakit (p=0,29), riwayat penyakit (p=0,22), kebiasaan merokok (p=0,22) dan status gizi (p=0,27) dengan kapasitas vital paru karyawan perusahaan genteng Malindo Sokka Kebumen. Saran yang yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini bagi karyawan adalah 1). Perlunya penggunaan masker saat bekerja dan peningkatan kebiasaan olah raga bagi karyawan guna menghindari gangguan kesehatan pada sistem pernapasan, 2). Sebaiknya selalu ada pemantauan kesehatan oleh pihak perusahaan secara berkala. Saran bagi civitas akademika adalah hendaknya perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai paparan debu pada karyawan perusahaan genteng dengan menggunakan variabel yang lain misalnya dengan kadar debu.

5 Kata Kunci Kapasitas Vital Paru, Karyawan Malindo Sokka

6 Referensi AM Sugeng Budiono dkk Bunga Rampai Hiperkes dan Kaesehatan. Semarang: Badan Penerbit UNDIP Arthur C Guyton, John E Hall Fisiologi Kedokteran. Terjemahan Irawati Setiawan. Jakarta: EGC Bhismamurti Prinsip dan Metode Riset Epidemiologi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press Corwin J, Elizabeth Buku Saku Patofisologi. Jakarta: EGC Depkes RI Keputusan Menteri Kesehatan RI dan Keputusan Dirjen PPM&PLP tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Kerja. Jakarta: Depes RI Depnaker RI Surat Edaran MenNaKer No SE 01/MEN/1997 NAB Faktor Kimia di Udara Lingkungan Kerja. Jakarta Harrington,Gill Buku Saku Kesehatan Kerja. Jakarta : EGC Herry Koesyanto dan Eram Tunggul Pawenang Panduan Praktikum Laboratorium Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Semarang: UPT UNNES Press I Dewa Nyoman Supariasa, dkk Penentuan Status Gizi. Jakarta: EGC Jan Tambayong Anatomi Fisiologi untuk Keperawatan. Jakarta: Rineka Cipta Joko Suyono. Deteksi Dini Penyakit Akibat Kerja. Jakarta : EGC Mukhtar Ikhsan Penatalaksanaan Penyakit Paru Akibat Kerja. Jakarta: UI Press Muhammad Solech Hubungan Lama Pemaparan Debu Kapur Tulis dengan Kapasitas Vital Fungsi Paru (FVC & FEV1) Guru SLTPN 1 Grobogan Juni Skripsi. Semarang: UNDIP M. Sopiyudin Dahlan Statistika untuk Kedokteran dan Kesehatan. Jakarta: PT Arkans Pearce, Evelyn C Anatomi Fisiologi Untuk Paramedis. Jakarta : PT Gramedia Pusat Utama Siti Muslikatul Mila Hubungan Antara Masa Kerja, Pemakaian APD Pernafasan (Masker) Pada Tenaga Kerja Pengamplasan Dengan Kapasitas Fungsi Paru PT Ascent House Pecangaan Jepara. Skripsi. UNNES Srikandi Fardiaz Polusi air dan udara. Yogyakarta: Kanisius Sudigdo Sastroasmoro dan Sofyan Ismael Dasar Metodologi Penelitian Klinis. Jakarta: Rineka Cipta Suma’mur PK Higene Perusahaan dan Kesehatan Kerja. Jakarta: PT Gunung Agung Syaifudin Anatomi Fisiologi Untuk Siswa Perawat. Jakarta: EGC Tim penyusun KBBI Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka Wiwiek Pudjiastuti Modul Pelatihan bagi Fasilitator Kesehatan Kerja. Jakarta : Pusat Kesehatan Kerja Departemen Kesehatan RI Yuli Setiyani Zaenal Hubungan antara Amsa Kerja dengan Kapasitas Fungsi Paru pada Pengemudi Bus DAMRI Unit Kota Semarang Jalur Terboyo- Mangkang Skripsi. UNNES

7 Terima Kasih


Download ppt "TRI ADI WIDODO, 6450402114 FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KAPASITAS VITAL PARU KARYAWAN PERUSAHAAN GENTENG MALINDO SOKKA KEBUMEN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google