Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Manipulasi Langsung dan Lingkungan Maya Interaksi Manusia dan Komputer Pertemuan 5b.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Manipulasi Langsung dan Lingkungan Maya Interaksi Manusia dan Komputer Pertemuan 5b."— Transcript presentasi:

1 Manipulasi Langsung dan Lingkungan Maya Interaksi Manusia dan Komputer Pertemuan 5b

2 Learning Outcomes Mahasiswa dapat mendesain antarmuka pemakai grafis dengan pola interaksi manipulasi langsung.

3 Topik Bahasan Manipulasi langsung Contoh-contoh sistem manipulasi langsung Pemikiran visual dan ikon Pemrograman manipulasi langsung Manipulasi langsung remote Lingkungan maya 3

4 Manipulasi Langsung Representasi visual (metafora) dari “dunia aksi”: –Objek dan aksi terlihat. –Mengundang pemikiran analogis. Aksi yang cepat, inkremental, dan dapat dibatalkan. Mengetik diganti dengan menunjuk dan memilih. Hasil aksi langsung terlihat. 4

5 Kelebihan Manipulasi Langsung Kompatibilitas kendali dan tampilan. Lebih sedikit sintaks, karena itu tingkat kesalahan berkurang. Lebih banyak pencegahan kesalahan. Lebih cepat dipelajari dan lebih mudah diingat. Mendorong penjelajahan. 5

6 Kekurangan Manipulasi Langsung Memakan lebih banyak sumber daya sistem. Beberapa aksi menyusahkan. Teknik makro sering lemah. Sulit dicatat dan ditelusuri. Sulit digunakan oleh pemakai yang penglihatannya terganggu. 6

7 Contoh-contoh Sistem Manipulasi Langsung Command-line vs display editor vs word processors Spreadsheet Spatial data management Video games Computer-aided design (CAD) Office automation 7

8 Command-line vs Display Editor vs Word Processors Pada 1980-an, mengedit teks dilakukan dengan bahasa perintah berorientasi baris. Dengan display editor kinerja meningkat dan waktu belajar berkurang. Awal 1990-an, word processor yang bersifat WYSIWYG diperkenalkan. 8

9 1-9 © 2010 Pearson Addison-Wesley. All rights reserved. Examples of Direct-Manipulation Systems: WYSIWYG word processing 6-9

10 Beberapa kelebihan WYSIWYG word processor: –Menampilkan sehalaman penuh teks. –Menampilkan dokumen dalam bentuk sebagaimana akan terlihat pada bentuk cetakan. –Menampilkan aksi kursor yang terlihat. –Mengendalikan kursor dengan cara yang jelas secara fisik dan alami intuitif. 10 Command-line vs Display Editor vs Word Processors

11 Beberapa kelebihan WYSIWYG word processor (Lanj.): –Menggunakan ikon berlabel. –Menampilkan hasil aksi segera. –Memberikan respons dan tampilan yang cepat. –Memungkinkan aksi dibatalkan. 11 Command-line vs Display Editor vs Word Processors

12 Teknologi yang Diturunkan dari Pengolah Kata Integrasi grafik, spreadsheet, animasi, foto, dll. dalam badan dokumen (Windows: OLE). Desktop publishing software, mis.: Adobe PageMaker, Corel Ventura. Slide-presentation software, mis.: Microsoft PowerPoint. Hypermedia environments, mis.: WWW, HyperCard. 12

13 Fasilitas makro yang diperbaiki, misalnya pada Microsoft Office. Spelling checkers dan thesaurus, misalnya pada Microsoft Office. Grammar checkers, misalnya pada Microsoft Office. Document assemblers, misalnya Microsoft Office wizards. 13 Teknologi yang Diturunkan dari Pengolah Kata (lanj…)

14 Spreadsheet Lembar kerja yang menampilkan data yang dapat dimanipulasi dalam bentuk kolom dan baris. Mendukung formula, makro, grafik. Contoh: VISICALC, Microsoft Excel, Lotus 1-2-3, Lotus Improv. 14

15 1-15 © 2010 Pearson Addison-Wesley. All rights reserved. Examples of Direct-Manipulation Systems (cont.): spreadsheet 6-15

16 Spatial Data Management Representasi spasial dalam bentuk peta. Digunakan dalam sistem informasi geografis (GIS). Contoh: ArcView GIS dari ESRI, Inc. 16

17 Spatial Data Management (Lanj.) ArcView GIS

18 1-18 © 2010 Pearson Addison-Wesley. All rights reserved. Examples of Direct-Manipulation Systems (cont.) spatial data management 6-18

19 Video Games Bidang aksi visual yang membangkitkan minat. Perintah berupa aksi fisik dan hasilnya langsung terlihat. Game komersial pertama: Pong (Atari). Kini berkembang pada PC maupun mesin game seperti Sony Playstation, bahkan handphone. 19

20 Video Games (Lanj.) 20

21 1-21 © 2010 Pearson Addison-Wesley. All rights reserved. Examples of Direct-Manipulation Systems (cont.) Guitar Hero video game 6-21

22 Computer-Aided Design (CAD) Untuk merancang mobil, rangkaian elektronik, arsitektur, pesawat terbang. Aplikasi ini menyenangkan untuk digunakan karena objek yang diinginkan dapat dimanipulasi secara langsung. Berhubungan: Computer-Aided Manufacturing (CAM). 22

23 Office Automation Sistem office automation dewasa ini menggunakan prinsip-prinsip manipulasi langsung. Contoh: GUI: Windows, Mac OS. 23

24 24 Evolution of Windows Source: Xerox, Apple, Microsoft, Wikipedia Xerox Star Windows 3.1 Mac OS Windows Vista

25 1-25 © 2010 Pearson Addison-Wesley. All rights reserved. Continuing evolution of Direct- Manipulation Systems Direct-Manipulation interfaces are being used in a wide range of applications, e.g. management dashboard for a retail store 6-25

26 1-26 © 2010 Pearson Addison-Wesley. All rights reserved. Continuing evolution of Direct- Manipulation Systems (cont.) 6-26

27 Penjelasan tentang Manipulasi Langsung Masalah-masalah dengan manipulasi langsung: –Representasi visual atau visual dapat terlalu menyebar. –Pemakai harus mempelajari arti komponen- komponen representasi visual. –Representasi visual dapat menyesatkan. –Mengetik perintah di keyboard bisa lebih cepat. 27

28 Penjelasan tentang Manipulasi Langsung (Lanj.) Sifat-sifat sistem manipulasi langsung yang menguntungkan: –Pemula dapat belajar dengan cepat. –Ahli dapat bekerja dengan cepat. –Pemakai intermittent dapat mempertahankan konsep operasional. –Pesan kesalahan jarang dibutuhkan. –Pemakai langsung melihat jika aksi malah memperjauh tujuan mereka. –Lebih sedikit ketegangan. –Pemakai lebih percaya diri dan menguasai sistem. 28

29 Pemikiran Visual dan Ikon Konsep bahasa visual dan pemikiran visual diajukan oleh Rudolf Arnheim (1972). Arah baru pemikiran visual: WIMP (Windows, Icons, Mouse, Pull-down Menu). Ikon adalah gambar atau simbol yang mewakili suatu konsep. 29

30 Pemikiran Visual dan Ikon (Lanj.) Pedoman perancangan ikon: –Representasikan objek atau aksi dengan cara yang dikenal. –Batasi jumlah ikon yang tampil. –Buat agar ikon jelas terlihat dari latar belakangnya. –Pertimbangkan ikon tiga dimensi: menarik tapi bisa mengalihkan perhatian. –Pastikan ikon yang terpilih jelas ketika dikelilingi yang tidak terpilih. 30

31 Pemikiran Visual dan Ikon (Lanj.) Pedoman perancangan ikon (lanj.): –Pastikan ikon dapat dibedakan dari yang lain. –Pastikan keselarasan setiap ikon sebagai anggota kelompok ikon. –Rancang animasi pergerakan ikon. –Tambahkan informasi rinci. –Pikirkan penggunaan kombinasi ikon untuk menciptakan objek atau aksi baru. 31

32 1-32 © 2010 Pearson Addison-Wesley. All rights reserved. 3D Interfaces “Pure” 3D interfaces have strong utility in some contexts, e.g., medical, product design. In other situations, more constrained interaction may actually be preferable to simplify interactions. “Enhanced” interfaces, better than reality, can help reduce the limitations of the real-world, e.g., providing simultaneous views. Avatars in multiplayer 3-D worlds First person games 6-32

33 1-33 © 2010 Pearson Addison-Wesley. All rights reserved. 3D Interfaces (cont.) 6-33

34 1-34 © 2010 Pearson Addison-Wesley. All rights reserved. 3D Interfaces (cont.) Features for effective 3D –Use occlusion, shadows, perspective, and other 3D techniques carefully. –Minimize the number of navigation steps for users to accomplish their tasks. –Keep text readable. –Avoid unnecessary visual clutter, distraction, contrast shifts, and reflections. –Simplify user movement. –Prevent errors. –Simplify object movement –Organize groups of items in aligned structures to allow rapid visual search. –Enable users to construct visual groups to support spatial recall. 6-34

35 1-35 © 2010 Pearson Addison-Wesley. All rights reserved. 3D Interfaces (cont.) Guidelines for inclusion of enhanced 3D features: –Provide overviews so users can see the big picture –Allow teleoperation –Offer X-ray vision so users can see into or beyond objects. –Provide history keeping –Permit rich user actions on objects –Enable remote collaboration –Give users control over explanatory text and let users select for details on demand. –Offer tools to select, mark, and measure. 6-35

36 1-36 © 2010 Pearson Addison-Wesley. All rights reserved. 3D Interfaces (cont.) Guidelines for inclusion of enhanced 3D features (cont.): –Implement dynamic queries to rapidly filter out unneeded items. –Support semantic zooming and movement –Enable landmarks to show themselves even at a distance –Allow multiple coordinated views –Develop novel 3D icons to represent concepts that are more recognizable and memorable. 6-36

37 Manipulasi Langsung Remote Piranti dapat dioperasikan dari jarak jauh jika antarmuka pemakai yang memadai dapat dibangun. Contoh: telemedicine, yaitu perawatan medis melalui saluran komunikasi. 37

38 Manipulasi Langsung Remote (Lanj.) Arsitektur lingkungan manipulasi angsung remote mempunyai beberapa faktor komplikasi: –Penundaan waktu. Penundaan transmisi. Penundaan operasi. –Umpan balik yang tidak lengkap. –Umpan balik dari berbagai sumber. –Interferensi yang tidak diantisipasi. 38

39 Manipulasi Langsung Remote (Lanj.) Diagram telepatologi sederhana 39

40 Lingkungan Maya Virtual reality (kenyataan maya) adalah lingkungan buatan yang diciptakan dengan hardware dan software dan dipresentasikan kepada pemakai dengan cara sedemikian sehingga lingkungan tersebut tampil dan terasa seperti lingkungan asli. Augmented reality: dunia nyata dengan lapisan tambahan informasi. Situational awareness: informasi tentang dunia nyata di sekitar pemakai dengan mendeteksi pergerakan dan lokasi. 40

41 Lingkungan Maya (Lanj.) Lingkungan maya yang berhasil tergantung dari integrasi berbagai teknologi: –Visual display (biasanya ditempatkan di kepala sebagai head mounted display). –Head-position sensing. –Hand-position sensing. –Force feedback. –Sound input and output. –Sensasi lainnya (getaran, suhu, bau). –Cooperative and competitive VR. 41

42 1-42 © 2010 Pearson Addison-Wesley. All rights reserved. Impact of this technology in our everyday lives 6-42

43 Lingkungan Maya (Lanj.) Cy-Visor Mobile Personal Display 43

44 Lingkungan Maya (Lanj.) Sony PC Glasstron PLM-S700 44


Download ppt "Manipulasi Langsung dan Lingkungan Maya Interaksi Manusia dan Komputer Pertemuan 5b."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google