Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

“Life Cycle Assessment Susu Kambing Bubuk dan Susu Sapi Bubuk” Nama Kelompok : Juwita S. Retnaning M (0811030040) R. Suparto R. P(0811030061) Rafni Akta(0811030062)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "“Life Cycle Assessment Susu Kambing Bubuk dan Susu Sapi Bubuk” Nama Kelompok : Juwita S. Retnaning M (0811030040) R. Suparto R. P(0811030061) Rafni Akta(0811030062)"— Transcript presentasi:

1 “Life Cycle Assessment Susu Kambing Bubuk dan Susu Sapi Bubuk” Nama Kelompok : Juwita S. Retnaning M ( ) R. Suparto R. P( ) Rafni Akta( ) Arif Wahyu ( ) Dias Risti Puspitasari ( )

2 Latar Belakang Susu merupakan bahan pangan alami yang mempunyai nutrisi sangat lengkap dan telah dikonsumsi oleh seluruh lapisan masyarakat. Susu dapat dihasilkan oleh binatang mamalia seperti sapi, kambing, unta. Susu merupakan makanan alami dengan komposisi lemak, protein, laktosa, mineral, enzim, dan berbagai vitamin. Diantara jenis susu dari hewan mamalia, susu yang mempunyai manfaat lebih tinggi adalah susu kambing.

3 Lingkup dan Tujuan Susu Kambing Bubuk VS Susu Sapi Bubuk Tujuan = Membandingkan proses produksi dua jenis susu bubuk.

4 Process Flow Diagram Susu Sapi Bubuk

5 Process Flow Diagram Susu Kambing Bubuk

6 FUNGSI Kandungan nutrisi yang sangat lengkap membuat susu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, di antaranya mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis, membantu pembentukan otot, melindungi dan mencegah timbulnya kerusakan gigi, serta menetralisasi berbagai racun atau toksin yang masuk ke tubuh. UNIT FUNGSI Tingkat konsumsi susu sapi pada tahun 2010 Indonesia masih rendah, yaitu, 7,7 Ltr/kap/tahun atau setara dengan 19 gram perhari atau sekitar 1/10 konsumsi susu di dunia, sedangkan tingkat konsumsi susu kambing sebesar 6,46 kg/kapita/tahun. Susu bubuk yang diproduksi juga harus memenuhi standar, standar yang digunakan adalah Standar Nasional Indonesia yaitu SNI tentang susu bubuk.

7 Hal-hal yg perlu dipertimbangkan.. 1.INPUTS Sumber energi  listrik, gas, genset Material yang digunakan  susu murni dari kambing dan sapi. Tenaga kerja stakeholder dengan penyalur susu segar, kemasan, dan juga agen-agen distribusi atau penyalur. 2.OUTPUT Produk yang berupa susu bubuk yang sesuai dengan SNI

8 Tipe Data Life Cycle Inventory Analysis Susu hanya dapat bertahan tidak lebih dari 2 jam pada suhu kamar. Pemilihan teknologi pada proses Evaporasi: dilakukan untuk mengurangi kandungan air dengan failing film yang terdapat pada alat evaporasi, sehingga penguapan dapat dilakukan dengan tepat dan waktu kontak dengan media pemanas singkat. Standar yang digunakan adalah Standar Nasional Indonesia yaitu SNI tentang susu bubuk.

9 Limbah yang dihasilkan..

10 Penanganan limbah.. Penanganan air limbah pada proses pembuatan susu bubuk dapat diatasi dengan melakukan recycle melalui sistem tertutup sehingga dapat digunakan kembali. Limbah padat yang dihasilkan oleh industri pengolahan susu dihasilkan dari proses pengemasan dan sisa pembungkus bahan baku akan didaur ulang menjadi produk yg lebih bermanfaat oleh pihak ke 3

11 Kesimpulan Perbandingan pembuatan susu bubuk dengan bahan baku susu kambing dan susu sapi, berdasarkan diagram Life Cycle adalah pada proses produksinya. Proses produksi susu bubuk menggunakan bahan baku susu kambing tidak memerlukan proses homogenisasi pada tahap awal. Sedangkan proses pembuatan susu bubuk menggunakan bahan baku susu sapi memerlukan proses homogenisasi pada tahap awal.

12


Download ppt "“Life Cycle Assessment Susu Kambing Bubuk dan Susu Sapi Bubuk” Nama Kelompok : Juwita S. Retnaning M (0811030040) R. Suparto R. P(0811030061) Rafni Akta(0811030062)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google