Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SELAMAT DATANG PRAKTIKUM KWU. KONTRAK BELAJAR  Praktikan harus datang 5 menit sebelum praktikum dimulai, terlambat lebih dari 10 menit dengan alasan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SELAMAT DATANG PRAKTIKUM KWU. KONTRAK BELAJAR  Praktikan harus datang 5 menit sebelum praktikum dimulai, terlambat lebih dari 10 menit dengan alasan."— Transcript presentasi:

1 SELAMAT DATANG PRAKTIKUM KWU

2 KONTRAK BELAJAR  Praktikan harus datang 5 menit sebelum praktikum dimulai, terlambat lebih dari 10 menit dengan alasan apapun tidak diijinkan mengikuti praktikum dan harus mengganti pada hari lain.  Praktikan wajib membawa jas praktikum dan lap bersih pada saat praktikum.  Mahasiswa masuk ruangan praktikum tanpa menunggu diperintah oleh asisten maupun dosen. Mahasiswa langsung mengebon alat dan dilarang bersedekap selama di dalam lab.  Ijin ketidakhadiran hanya berlaku jika sakit (disertai keterangan dokter), keluarga (bapak, ibu, adik, kakak) ada yang meninggal, dan sebab keadaan darurat berkaitan jiwa dan mahasiswa wajib mengganti praktikum pada hari lain.  Bila kehadiran praktikum kurang dari 75 % dari seluruh mata praktikum kewirausahaan, maka mahasiswa tersebut dinyatakan tidak lulus praktikum dan harus mengulang pada tahun berikutnya.

3 Mahasiswa dilarang berpakaian yang melanggar batas kesopanan dan kesusilaan. Tidak diperkenankan berpakaian ketat, mengenakan kaos tanpa krah, bersandal (termasuk slop). Mahasiswa putra boleh berambut panjang namun harus rapi. Pelanggaran terhadap tata tertib ini berupa skorsing dikeluarkan dari ruang praktikum. Mahasiswa dilarang berpakaian yang melanggar batas kesopanan dan kesusilaan. Tidak diperkenankan berpakaian ketat, mengenakan kaos tanpa krah, bersandal (termasuk slop). Mahasiswa putra boleh berambut panjang namun harus rapi. Pelanggaran terhadap tata tertib ini berupa skorsing dikeluarkan dari ruang praktikum. Selama praktikum dilarang membuka ponsel kecuali menerima telpon. Selama praktikum dilarang membuka ponsel kecuali menerima telpon. Setelah selesai praktikum, alat harus dikembalikan dalam keadaan bersih dan kering. Setelah selesai praktikum, alat harus dikembalikan dalam keadaan bersih dan kering. Laporan praktikum dibuat secara kelompok dan dikumpulkan pada saat praktikum berikutnya dan diserahkan kepada dosen/asisten masing-masing sesuai format laporan yang telah ditentukan. Laporan praktikum dibuat secara kelompok dan dikumpulkan pada saat praktikum berikutnya dan diserahkan kepada dosen/asisten masing-masing sesuai format laporan yang telah ditentukan. Mahasiswa harus aktif dan berinisiatif sendiri mencari pengumuman berkaitan dengan tugas dan laporan, kesalahan menerima informasi menjadi tanggung jawab mahasiswa. Mahasiswa harus aktif dan berinisiatif sendiri mencari pengumuman berkaitan dengan tugas dan laporan, kesalahan menerima informasi menjadi tanggung jawab mahasiswa. Tata tertib ini dibuat untuk ditaati demi kelancaran dan ketertiban praktikum yang dijalankan. Tata tertib ini dibuat untuk ditaati demi kelancaran dan ketertiban praktikum yang dijalankan.

4 PENILAIAN Kerja 25 % Hasil 20 % Laporan 25 % Responsi 30 % Tidak ada pretes

5 Penilaian Kerja (masing-masing ada nilainya) On time Ketepatan waktu penyelesaian praktikum Kebersihan –Tempat –Alat –Serbet Keaktifan dalam kerja tim Laporan sementara lengkap

6 Penilaian Hasil Label ( harus disiapkan dari rumah) Kelengkapan informasi Desain Estetika wadah Kemasan Ukuran Jenis kemasan Penampilan produk

7 Penilaian hasil pH, rasa, bentuk, warna Khusus Yoghurt selain syarat diatas ditambah persyaratan dibawah ini :

8 Untuk kosmetika Penampilan Penampilan Homogenitas Homogenitas kekentalan kekentalan

9 Laporan (kelompok)  Laporan sementara (dibawa pada saat praktikum pada hari H)  Judul  Tujuan  Dasar teori (minimal 3 referensi)  Alat dan bahan  Cara kerja (skematis)

10 Laporan resmi (kelompok) Cover Cover Tujuan Tujuan Tinjauan pustaka15 Tinjauan pustaka15 Alat dan bahan5 Alat dan bahan5 Cara kerja skematis5 Cara kerja skematis5 Analisis hasil (diterangkan dibawah)35 Analisis hasil (diterangkan dibawah)35 Pembahasan25 Pembahasan25 Kesimpulan10 Kesimpulan10 Daftar pustaka5 Daftar pustaka5

11 Analisis Hasil Hasil percobaan Analisis usaha  Modal  Biaya operasional ◊ Biaya tetap ◊ Biaya tidak tetap  Perhitungan keuntungan  Perhitungan BEP  Payback periode

12 MATERI PRAKTIKUM PEMBUATAN SEDIAAN OBAT TRADISIONAL PEMBUATAN YOGHURT PEMBUATAN KOSMETIKA MARKETING PEMBUATAN SEDIAAN OBAT TRADISIONAL PEMBUATAN YOGHURT PEMBUATAN KOSMETIKA MARKETING

13 PEMBUATAN SEDIAAN OBAT TRADISIONAL ALAT – ALAT ≈ Blender/juicer ≈ Kompor ≈ Wajan ≈ Mortir-stamper (seperangkat cobek) ≈ Pengaduk dari kayu ≈ Sendok ≈ Ayakan/saringan ≈ Gelas belimbing ≈ Baskom

14 INSTAN JAHE BAHAN –Jahe 75 gram –Aquadest 50 ml –Gula putih 250 gram CARA KERJA : –75 gram jahe dicuci bersih, dijuicer/diblender, kemudian disaring. –Tuang sari jahe, aquadest dan gula putih ke dalam wajan. –Panaskan di atas kompor,aduk sampai konsistensi kental dan timbul kristal, angkat dan sambil terus tetap diaduk tanpa pemanasan sampai didapatkan bentuk kristal.

15 INSTAN BERAS KENCUR BAHAN –Tepung beras 5 gram –Kencur 150 gram –Aquadest 100 ml –Gula putih 250 gram CARA KERJA : –Kencur dicuci bersih, dijuicer selanjutnya disaring. –Tepung beras disangrai (digoreng tanpa minyak) smpai warna kecoklatan. –Campur tepung beras, perasan air kencur, aquadest dan gula putih ke dalam wajan, panaskan di atas kompor aduk hingga konsistensi kental dan mulai terbentuk kristal, angkat sambil terus tetap diaduk tanpa pemanasan sampai terbentuk kristal.

16 POTIO KUNIR ASAM BAHAN –Kunyit 250 gram –Asam jawa 25 gram –Gula putih 25 gram –Gula jawa 75 gram –Aquadest 500 ml –Na Benzoat 0,1 % ( bila perlu ) CARA KERJA –Timbang semua bahan –Kunyit dipotong tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. –Masukkan semua bahan kedalam panci stainless stell, panaskan di atas kompor, aduk sampai mendidih dan tercium bau sedap. –Setelah dingin, saring dan masukkan dalam wadah yang telah disiapkan dan diberi etiket.

17 INSTAN MAHKOTA DEWA BAHAN : –Mahkota dewa 30 gram –Aquadest 300 gram –Gula putih 250 gram CARA KERJA : –Rebus mahkota dewa dengan aquadest sampai mendidih, biarkan menit, saring dalam keadaan panas. –Masukkan sari mahkota dewa, gula putih ke dalam wajan, aduk hingga konsistensi kental dan mulai terbentuk kristal. –Angkat dan dinginkan sambil terus diaduk hingga terbentuk kristal sempurna.

18 INSTAN TEMU MANGGA BAHAN : –Temu mangga 150 gram –Aquadest 100 ml –Gula putih 250 gram CARA KERJA : –Temu mangga di cuci bersih, dijuicer, selanjutnya disaring. –Tuang sari mangga, aquadest dan gula putih ke dalam wajan, aduk hingga konsistensi kental dan mulai terbentuk kristal. –Angkat dan dinginkan sambil terus diadukn hingga terbentuk kristal sempurna.

19 INSTAN BUNGA ROSELA BAHAN : –Bunga rosela kering 15 gram –Aquadest 300 ml –Gula putih 250 gram CARA KERJA : –Bunga rosela kering dan aquadest di panaskan sampai mendidih, diamkan 5 – 10 menit saring dalam keadaan panas. –Tuang sari bunga rosela dan gula putih ke dalam wajan, aduk hingga konsistensi kental dan mulai terbentuk kristal. –Angkat sambil terus di aduk hingga terbentuk kristal sempurna.

20 KAPSUL HABBATUSSAUDA (Jinten Hitam) BAHAN : –Habbatussauda (Jinten hitam) 300 mg X 5 kapsul –Kapsul No. 0 5 buah CARA KERJA : –Timbang sejumlah bahan, masukkan ke mortir tumbuk halus. –Siapkan cangkang kapsul, kemudian masukkan serbuk yang telah halus ke dalam kapsul.

21 PEMBUATAN YOGHURT ALAT : –Panci penangas –Seperangkat alat titrasi –Erlenmeyer 500 ml –Termometer –Pengaduk kaca –Pembakar spiritus –Gelas ukur ALAT : –Panci penangas –Seperangkat alat titrasi –Erlenmeyer 500 ml –Termometer –Pengaduk kaca –Pembakar spiritus –Gelas ukur

22 BAHAN : Kertas alumunium foil Susu sapi Susu skim Starter Streptococcus Thermophilus dan Lactobacillus Bulgaris NaOH Indikator Phenopthalein Perasa ( strawberry, melon, duren, coklat, mocca) Kertas alumunium foil Susu sapi Susu skim Starter Streptococcus Thermophilus dan Lactobacillus Bulgaris NaOH Indikator Phenopthalein Perasa ( strawberry, melon, duren, coklat, mocca)

23 CARA KERJA Panaskan 500 ml susu segar dengan cara memasukkan susu ke dalam erlenmeyer, kemudian erlenmeyer ini dimasukkan ke dalam panci besar yang telah berisi air ( seperti membuat nasi tim ) hingga suhunya kurang lebih 90 0 C selama 15 menit. Susu didinginkan sampai suhu mencapai 45 0 C, lalu ditambahkan starter Streptococcus Thermophilus dan Lactobacillus Bulgaris sebanyak 3 – 5 % sedikit demi sedikit sambil diaduk supaya larut. Campuran diletakkan ke dalam wadah-wadah steril yang sudah disiapkan, kemudian tutup dengan alumunium foil dan diinkubasikan pada suhu 43 0 C selama 4 jam atau pada suhu kamar selama 18 jam. Setelah inkubasi selesai, yoghurt yang dihasilkan segera didinginkan dalam lemari es atau dipasteurisasikan pada suhu 65 0 C selama 30 menit agar fermentasi tidak terus berlanjut. Pengamatan dilakukan dengan melihat harga pH, kandungan asam laktat, rasa, jumlah mikroba, protein dan kandungan laktosanya. Bila akan dikonsumsi bisa dicampur dengan sirup atau dengan gula secukupnya. Panaskan 500 ml susu segar dengan cara memasukkan susu ke dalam erlenmeyer, kemudian erlenmeyer ini dimasukkan ke dalam panci besar yang telah berisi air ( seperti membuat nasi tim ) hingga suhunya kurang lebih 90 0 C selama 15 menit. Susu didinginkan sampai suhu mencapai 45 0 C, lalu ditambahkan starter Streptococcus Thermophilus dan Lactobacillus Bulgaris sebanyak 3 – 5 % sedikit demi sedikit sambil diaduk supaya larut. Campuran diletakkan ke dalam wadah-wadah steril yang sudah disiapkan, kemudian tutup dengan alumunium foil dan diinkubasikan pada suhu 43 0 C selama 4 jam atau pada suhu kamar selama 18 jam. Setelah inkubasi selesai, yoghurt yang dihasilkan segera didinginkan dalam lemari es atau dipasteurisasikan pada suhu 65 0 C selama 30 menit agar fermentasi tidak terus berlanjut. Pengamatan dilakukan dengan melihat harga pH, kandungan asam laktat, rasa, jumlah mikroba, protein dan kandungan laktosanya. Bila akan dikonsumsi bisa dicampur dengan sirup atau dengan gula secukupnya.

24 PEMBUATAN BIBIT ??????

25 Dilakukan laboran !!!!!

26 PEMBUATAN KOSMETIKA (ada perubahan) ALAT : Beker glass Batang pengaduk Termometer Kompor Timbangan Gelas ukur Pipet

27 LULUR MANDI Oil Base –Asam stearic 30 g –Emulgide 5 g –Paraffin solid 7,5 g –Cetyl alkohol 10 g –Lanolin 2 g –BHT 0,25 g –Virgin Olive Oil 10 g –Paraffin liq 40 g

28 Water base Aqua 367,7 Propilenglycol 5 g Nipagin 1 g Nipasol 0,5 g TEA 2,5 g Titandioksid 2,5 g Fullcream 2,5 g

29 Fragrance Others Scrub 12,5 g Parfum Tambahkan salah satu dibawah ini (tergantung pembagian kelompoknya): □ Ekstrak Bengkoang 5 ml atau □ susu 5 ml atau □ madu 1,5 ml

30 CARA KERJA : Ac. Stearic, Emulgide, Parafin solid, Cetyl alkohol, lanolin, BHT, Olive oil dicampur dengan parafin liq sampai homogen kemudian panaskan sampai suhu 70 0 C Masukkan aqua DM kemudian propilenglycol, nipagin, nipasol, TEA, TiO 2, fullcream, aduk sampai rata, panaskan sebentar hingga homogen. Masukkan water base kedalam oil base di atas pada suhu 60 0 C, aduk sampai homogen. Masukkan scrub ketika campuran berada pada suhu kurang lebih 50 0 C.(lebih rendah suhunya lebih baik) Tambahkan parfum dan pewarna secukupnya.

31 Catatan : Untuk kelompok lain, susu diganti bengkoang, madu.

32 CLEANSING MILK Bahan –Oil Base ◊ Cera alba 5 g ◊ Emulgide 20 g ◊ BHT 0,25 g ◊ Virgin Olive oil 10 g ◊ Paraffin liq 90 g

33 Water base Aqua 367,75 Nipagin 1 g Nipasol 0,5 g TEA 2,5 g

34 Fragrance others Pewarna qs Pengharum qs

35 CARA KERJA : Campur cera alba, emulgide, BHT, olive oil, dengan parafin liq. Panaskan campuran tersebut sampai cair dan homogen, angkat dari kompor. Panaskan aqua DM, tambahkan nipagin dan nipasol sampai larut kemudian tambahkan TEA. Campur kedua larutan dengan memasukkan water base ke dalam oil base. Campur kedua larutan aduk sampai homogen dan dingin, terakhir beri pewarna dan pengharum yang sesuai.

36 MARKETING Mahasiswa diharapkan mampu memasarkan produk yang telah di buat di laboratorium. Atas dasar itu akan disediakan stand berupa:  Meja  Letak di lantai 2 Aspek yang dinilai : ‼ Kreatifitas menghias stand ‼ Ketrampilan menawarkan produk ‼ Kemasan produk ‼ Jumlah produk yang dijual

37 Sebelum marketing dilakukan mahasiswa diharapkan konsultasi terlebih dahulu dengan dosen pengampu masing-masing kelas.

38 RESPONSI Responsi dilakukan dengan mempresentasikan proposal kewirausahaan yang telah dibuat dan dilakukan diskusi dengan kelompok lain. Yang telah dikonsultasikan dengan dosen.

39 INGAT !!!!!!! SETIAP PRAK MEMBAWA Kemasan primer dan sekunder ( obat tradisional), etiket. Etiket dan kemasan sekunder (yoghurt) Kemasan primer dan etiket ( kosmetika) Serbet (HARUS MEMBAWA) Laporan sementara

40 Kemasan primer : kemasan yang kontak langsung dengan produk yang kita buat. Kemasan sekunder : kemasan yang kita buat hanya kontak dengan kemasan primer

41 TERIMA KASIH SAMPAI JUMPA PADA PRAKTIKUM KWU


Download ppt "SELAMAT DATANG PRAKTIKUM KWU. KONTRAK BELAJAR  Praktikan harus datang 5 menit sebelum praktikum dimulai, terlambat lebih dari 10 menit dengan alasan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google