Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SHAPE AND FORM. Kata-kata Shape dan Form sering digunakan bergantian. Untuk keperluan studi nirmana 2D, kedua kata tersebut mempunya pengertian yang agak.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SHAPE AND FORM. Kata-kata Shape dan Form sering digunakan bergantian. Untuk keperluan studi nirmana 2D, kedua kata tersebut mempunya pengertian yang agak."— Transcript presentasi:

1 SHAPE AND FORM

2 Kata-kata Shape dan Form sering digunakan bergantian. Untuk keperluan studi nirmana 2D, kedua kata tersebut mempunya pengertian yang agak berbeda. Shape adalah figur yang terlihat rata/datar, sedangkan form adalah figure yang terlihat tiga dimensi. Kata lain dari form adalah mass dan volume. Terkadang kata form mengacu pada tatanan keseluruhan dari suatu karya.

3 PENGERTIAN SHAPE : “Gambaran yang terbentuk dari suatu kesatuan garis atau sesuatu yang dibatasi oleh warna.” Sebuah shape dapat terbentuk secara alami dan di tangkap oleh indra secara sempurna, dan di terjemahkan secara manual melalui hand drawing, dengan komputer (software), dan fotografi.

4 SUMBER-SUMBER UNTUK MEMPEROLEH INSPIRASI BENTUK (ZELANSKI, 1996) GEOMETRIC SHAPES CIRCLES, SQUARES, RECTANGLES, TRIANGLES, AND SO ON. Mudah dikenali INVENTED SHAPES Tidak mudah dikenali karena bentuknya yang baru LETTERS Enlarged lines, letters, and Numbers NUMBERS FAMILIAR OBJECTS Shapes that remind us of structures from the natural world may be called biomorphic shapes.

5 KLASIFIKASI SHAPE : (Wong, 1972) 1. Geometri (Segitiga, Persegi, Lingkaran) 2. Organik (terbentuk oleh curve, dan memberikan kesan mengalir dan bertumbuh) 3. Rectilinear/Bersudut (terbentuk oleh garis lurus yang tidak beraturan) 4. Irregular/Tidak beraturan ( terbentuk dari garis lurus dan curve yang tidak beraturan) 5. Hand-drawn (dibentuk oleh gambaran tangan secara manual) 6. Accidental/Kebetulan (merupakan efek dari proses pengerjaan/ material tertentu, atau terbentuk secara tidak sengaja)

6

7 Assignment 6 - in studio 21 September 2010 Untuk tugas di kelas, siapkan: Jangka Pensil HB-5B Kertas karton hitam Art Paper A3 Kertas sketsa A3 Tinta Cina hitam Kuas kanvas Rapido 0.2, 0.5, 0.7/0.8 Penggaris segitiga MOR Penggaris besi Alas potong (cutting mat) Cutter bentuk pensil Gunting Lem kertas / UHU Alas hitam tebal (misal: impra board) untuk alas menempelkan project setelah jadi Siapkan label nama : Nama: NIM: Mata Kuliah: Judul Tugas: Tanggal pemasukan: Nilai:

8 Assignment 7 – take-home 21 September 2010 Buat presentasi power point mengenai: Format (page Robin Landa, Rose Gonnella, & Steven Brower, 2D:Visual Basics for Designers, Thomson Delmar Learning, 2007) Line (page Robin Landa, Rose Gonnella, & Steven Brower, 2D:Visual Basics for Designers, Thomson Delmar Learning, 2007) Polygon Tesselations Figure-ground relation in composition Color composition Kelas dibagi menjadi 6 group. Anggota disusun ulang. Tidak boleh sama dengan minggu lalu. Masing-masing group yang sedang tidak presentasi, menyusun satu pertanyaan untuk regu yang sedang presentasi, dan memberikan feedback/masukan yang membangun untuk presentasi berikutnya. File power point dikumpulkan dalam format CD, diberi nama penyusun


Download ppt "SHAPE AND FORM. Kata-kata Shape dan Form sering digunakan bergantian. Untuk keperluan studi nirmana 2D, kedua kata tersebut mempunya pengertian yang agak."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google