Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RISKI NURROHMAN, 3351405566 PENGARUH PROFESIONALISME DAN PENGETAHUAN AUDITOR AUDIT LAPORAN KEUANGAN (STUDI EMPIRIS KAP DI KOTA SEMARANG).

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RISKI NURROHMAN, 3351405566 PENGARUH PROFESIONALISME DAN PENGETAHUAN AUDITOR AUDIT LAPORAN KEUANGAN (STUDI EMPIRIS KAP DI KOTA SEMARANG)."— Transcript presentasi:

1 RISKI NURROHMAN, PENGARUH PROFESIONALISME DAN PENGETAHUAN AUDITOR AUDIT LAPORAN KEUANGAN (STUDI EMPIRIS KAP DI KOTA SEMARANG).

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : RISKI NURROHMAN - NIM : PRODI : Akuntansi - JURUSAN : Akuntansi - FAKULTAS : Ekonomi - rinu_sway pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Drs. Asrori, MS. - PEMBIMBING 2 : Rediana Setiyani, S.Pd. M.Si - TGL UJIAN :

3 Judul PENGARUH PROFESIONALISME DAN PENGETAHUAN AUDITOR AUDIT LAPORAN KEUANGAN (STUDI EMPIRIS KAP DI KOTA SEMARANG).

4 Abstrak Auditor independen adalah auditor profesional yang menyediakan jasanya kepada masyarakat umum terutama dalam bidang audit atas laporan keuangan yang dibuat oleh kliennya. Tugas auditor adalah memeriksa dan memberikan opini terhadap kewajaran laporan keuangan suatu entitas usaha berdasarkan standar yang ditentukan IAI. Salah satu tanggung jawab auditor adalah menentukan pertimbangan tingkat materialitas laporan keuangan kliennya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Apakah profesionalisme dan pengetahuan auditor berpengaruh secara parsial terhadap pertimbangan tingkat materialitas dalam proses audit laporan keuangan. (2) Apakah profesionalisme dan pengetahuan auditor berpengaruh secara simultan terhadap pertimbangan tingkat materialitas dalam proses audit laporan keuangan. Populasi dalam penelitian ini adalah para auditor yang bekerja di kantor akuntan publik di kota Semarang. Sampel penelitian diambil dengan teknik convenience sampling yang berjumlah 39 auditor. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Profesionalisme dan Pengetahuan Auditor, sedangkan variabel dependennya adalah Pertimbangan Tingkat Materialitas auditor. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan profesionalisme dan pengetahuan auditor berpengaruh signifikan terhadap pertimbangan tingkat materialitas dan secara parsial menunjukkan bahwa variabel profesionalisme auditor berpengaruh signifikan terhadap pertimbangan tingkat materialitas, sedangkan pengetahuan auditor tidak berpengaruh secara signifikan. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa secara bersama-sama Profesionalisme dan Pengetahuan Auditor memberikan sumbangan terhadap variabel terikat (Pertimbangan Tingkat Materialitas) sebesar 45,8% dan selebihnya 54,2% dipengaruhi faktor lain diluar model penelitian ini. Berdasarkan penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa Profesionalisme dan Pengetahuan Auditor simultan mempunyai pengaruh signifikan terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas. Sedangkan secara parsial hanya variabel profesionalisme auditor yang berpengaruh signifikan terhadap tingkat materialitas. Para auditor diharapkan untuk senantiasa meningkatkan profesionalisme dan pengetahuannya melalui pendidikan, pelatihan atau kursus yang lain yang dapat menambah pengetahuan dan pengalaman auditor, karena dengan profesionalisme dan pengetahuan yang tinggi akan dapat meningkatkan kemampuan dalam menentukan pertimbangan materialitas yang akan berpengaruh terhadap kualitas audit laporan keuangan dan dapat dipercaya sebagai dasar pengambilan keputusan yang berguna bagi pihak yang berkepentingan.

5 Kata Kunci Profesionalisme, Pengetahuan Auditor, Tingkat Materialitas

6 Referensi Alim, M. Nizarul, Trisni dan Liliek Pengaruh Kompetensi dan Independensi terhadap Kualitas Audit dengan Etika Auditor sebagai Variabel Moderasi. Fakultas Ekonomi Universitas Trunojoyo Bangkalan. SNA X. Arikunto, Suharsimi Dr Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. Arrens dan Loebbecke Auditing suatu Pendapat Terpadu. Salemba Empat. Christiawan, Yulius Jogi Aktivitas Pengendalian Mutu Jasa Audit Laporan Keuangan Historis. Jurusan Ekonomi Akuntansi, Fakultas Ekonomi - Universitas Kristen Petra. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka. Direktori Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) Elfarini, Eunike C “Pengaruh Kompetensi Dan Independensi Auditor Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris pada KAP di Jawa Tengah)”. Skripsi Program Akuntansi Universitas Negeri Semarang (tidak dipublikasikan). Ghozali, Imam Aplikasi Analisis Multi Variate untuk SPSS for Windows. Semarang : Badan Penerbit UNDIP. Gujarati, Damodar, Ekonometrika Dasar, Penerbit Erlangga, Jakarta. Guy, Dan M., C. Wayne Alderman, dan Alan J. Winters Auditing. Edisi 5 Jilid 1. Jakarta : Erlangga. Herawaty, Arleen dan Susanto, Yulius Kurnia Profesionalisme, Pengetahuan Akuntan Publik dalam Mendeteksi Kekeliruan, Etika Profesi dan Pertimbangan Tingkat Materialitas. Skripsi. Jakarta: Trisakti School of Management. Ikatan Akuntansi Indonesia Standar Profesional Akuntan Publik. Jakarta: Salemba Empat. Institut Akuntan Publik Indonesia Directory 2008 Kantor Akuntan Publik dan Akuntan Publik. Jakarta. Jusup, Al. Haryono Dasar-Dasar Akuntansi. Edisi 6 Jilid 1, STIE YKPN, Yogyakarta. Mardiyah, Aida Ainul Pengaruh Dimensi Profesionalisme Auditor Terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas Dalam Proses Pengauditan Laporan Keuangan. Simposium Nasinal Akuntansi 9 Padang, Agustus Muhammad, Rifqi Analisis hubungan antara profesionalisme auditor dengan Pertimbangan tingkat materialitas dalam proses pengauditan Laporan keuangan. Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Univervitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Mulyadi Auditing. Edisi Pertama. Cetakan Keenam. Jakarta :Salemba Empat. Pramono, Ristyo Pengaruh Dimensi Profesionalisme Auditor Terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas Dalam Proses Pengauditan Laporan Keuangan. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Semarang. Sekaran, Uma Research Methode for Business Buku 1 dan 2. Jakarta: Salemba Empat. Simamora, Henry Auditing. Yogyakarta: YKPN.

7 Terima Kasih


Download ppt "RISKI NURROHMAN, 3351405566 PENGARUH PROFESIONALISME DAN PENGETAHUAN AUDITOR AUDIT LAPORAN KEUANGAN (STUDI EMPIRIS KAP DI KOTA SEMARANG)."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google