Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan 03 - Memparafrasekan MEMPARAFRASEKAN [Veit & Gould, 2004:127-147]

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan 03 - Memparafrasekan MEMPARAFRASEKAN [Veit & Gould, 2004:127-147]"— Transcript presentasi:

1 Pertemuan 03 - Memparafrasekan MEMPARAFRASEKAN [Veit & Gould, 2004: ]

2 Ungkapkan Kembali Dengan Kata-kata Sendiri Kalimat- kalimat 2 Menit (tambahkan contoh bila perlu): “Orang yang benar-benar berpendidikan adalah orang yang telah memahami cara belajar.” – Carl Rogers, Psikologi Pendidikan.

3 Ungkapkan Kembali … “Apa yang Anda ketahui hari ini tak akan menjamin kesuksesan pada hari esok. Pengetahuan ini bisa saja jadi usang! Karena pembelajaran sepanjang hayat adalah kunci menuju sukses, kita perlu memiliki pengetahuan tentang cara belajar yang efektif.” – Colin Rose

4 “Mendapatkan cukup informasi pada masa kini tidaklah sulit. Bahkan kita dibanjiri oleh berbagai informasi, termasuk informasi sampah. Rahasia kesuksesan adalah menggunakan informasi yang dimiliki semua orang untuk menciptakan gagasan baru yang tak terpikirkan orang lain.” – Colin Rose Ungkapkan Kembali …

5 “Membaca yang efektif adalah percakapan dengan penulisnya.” – Colin Rose Ungkapkan Kembali …

6 “Persentase Daya Ingat: Membaca20% Mendengar30% Melihat40% Mengucapkan50% Melakukan60% Melihat+mengucapkan+mendengar+melakukan 90%.” – Colin Rose Ungkapkan Kembali …

7 Contoh-contoh Parafrase Seorang pakar psikologi pendidikan bernama Carl Rogers mengungkapkan bahwa orang yang berpendidikan adalah mereka yang telah memahami cara belajar (Rogers, 2003).

8 Contoh-contoh … Colin Rose mengungkapkan bahwa informasi dan pengetahuan yang telah dimiliki oleh seseorang dapat menjadi usang. Oleh karena itu, proses pembelajaran harus dilakukan sepanjang hayat dengan cara yang efektif (Rose, 2003).

9 Contoh-contoh … Colin Rose mengungkapkan bahwa saat ini setiap orang cukup mudah mendapatkan informasi. Informasi tersebut dapat digunakan untuk menciptakan gagasan baru yang belum dipikirkan oleh orang lain (Rose, 2003).

10 Contoh-contoh … Colin Rose mengungkapkan bahwa cara membaca yang efektif adalah dengan secara aktif mengajukan pertanyaan serta menemukan jawabannya dari bacaan yang bersangkutan (Rose, 2003).

11 Contoh-contoh … Colin Rose mengungkapkan bahwa persentase kemampuan daya ingat seseorang dipengaruhi oleh aktivitas pembelajaran yang dilakukannya, yaitu: membaca - 20%, mendengar - 30%, melihat - 40%, mengucapkan - 50%, melakukan - 60%, melakukan semuanya - 90% (Rose, 2003). ”

12 Pengertian Parafrase Parafrase merupakan salah satu STRATEGI MEMBACA. Parafrase adalah pengungkapan kembali suatu pernyataan, pesan singkat, atau pun suatu teks secara konkrit dengan menggunakan kata- kata pembaca itu sendiri sesuai dengan pemahamannya.

13 Pengertian … Respon Dalam Membaca ObyektifSubyektif Respon Personal (pemahaman pembaca) Parafrase (ide-ide penulis)

14 Pertemuan 03 - Memparafrasekan Pengertian … Pentingnya parafrase: Memastikan pembaca berhasil menangkap poin-poin penting bacaan. Meningkatkan kemampuan pembaca dlm mengutarakan & menjelaskan berbagai informasi serta ide-ide bacaan dgn bahasanya sendiri. Memberi peluang kpd pembaca utk mendemonstrasikan pengetahuan & wawasannya berkaitan dengan bacaan. Meningkatkan percaya diri pembaca.

15 Parafrase Argumentasi Orang Lain [Setuju/Tidak Setuju] Miliki komitmen pribadi utk: Melakukan parafase tersebut scr obyektif, akurat, disertai dgn integritas, niat baik, & pertimbangan yg sungguh-sungguh. Melakukan parafrase tersebut dgn terlebih dahulu memahami, mempertimbangkan, & menghargai argumentasi tersebut. Contoh: Pengamat ekonomi yang sangat ekstrim itu, Fonny Arisandy Jacob, mengungkapkan …  Pengamat ekonomi, Fonny Arisandy Jacob, mengungkapkan …

16 Parafrase Dalam Tulisan Riset Perhatikan pembaca parafrase Anda. Khusus  pakai istilah yang spesifik (contoh: interpretasi, partner). Umum  pakai istilah yang mudah dipahami (contoh: pemahaman, rekan sekerja). Formal  contoh: Fonny mengakui kesalahannya. Informal  contoh: Fonny ngaku salah.

17 Parafrase Dalam … Parafrase utk memuji/menyetujui informasi. Konsumsi Daging Merah oleh Jeremy Rifkin: “ sapi dipotong setiap 24 jam di AS. 91% dari seluruh rumah tangga di AS membeli daging … Saat ini, orang Amerika mengkonsumsi 23% dari seluruh produksi daging dunia. Hari ini, rata-rata orang Amerika mengkonsumsi 65 pon daging per tahun.”

18 Parafrase Dalam … Parafrase utk memuji/menyetujui informasi. Contoh parafrase utk menyetujui informasi: Orang Amerika sangat tergantung pada daging. Hal ini ditunjukkan oleh data pembelian daging seluruh rumah tangga di AS sebesar 91% yang merupakan ¼ dari jumlah supply dunia. Secara individual, setiap orang Amerika rata-rata mengkonsumsi 65 pon daging setiap tahun sehingga pemotongan sapi perlu dilakukan sejumlah ekor setiap harinya (Rifkin, 2004).

19 Parafrase Dalam … Parafrase untuk menempatkan sebuah topik/isu ke dalam konteks Air Conditioning oleh Frank Trippett: “AC menyebabkan para keluarga lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dgn pintu & jendela yang tertutup, mengurangi kebutuhan utk bersosialisasi dgn tetangga, bahkan tendensi persaingan di antara mereka. Meskipun masih sedikit penelitian tentang pengaruh AC pada tubuh & pikiran manusia, beberapa ahli kesehatan mengungkapkan bahwa kebiasaan menghindari iklim alami akan mengurangi kemampuan manusia utk mengatasi stres.”

20 Parafrase Dalam … Parafrase untuk menempatkan sebuah topik/isu ke dalam konteks Contoh parafrase utk menempatkan sebuah topik/isu ke dalam konteks: Meskipun banyak orang menganggap AC merupakan alat bantu yang berguna, namun alat ini juga menimbulkan beberapa pengaruh negatif yang masih perlu ditelaah kembali. Penulis Frank Trippett (2004) menyebutkan beberapa di antaranya: mengurangi kebutuhan sosialisasi bertetangga, mengakibatkan tendensi persaingan, bahkan dapat mengurangi kemampuan manusia dalam mengatasi stres.

21 Parafrase Dalam … Parafrase untuk mendukung sebuah interpretasi atau opini Musik Untuk Kesenangan oleh Simon Frith: “Industri musik mengalami pergeseran dari secara aktif memproduksi musik menjadi secara pasif mengkonsumsi musik pop, penurunan tradisi subkultural, dan secara umum, hilangnya keahlian dalam bermusik. Alat-alat musik yang dapat dimainkan oleh orang-orang seperti saya saat ini hanyalah CD player dan tape-decks.”

22 Parafrase Dalam … Parafrase utk mendukung sebuah interpretasi atau opini Contoh parafrase utk mendukung sebuah interpretasi atau opini: Salah satu konsekuensi dari kekuatan industri rekaman adlh penurunan bakat musikal scr perlahan-lahan. Simon Firth, seorang mahasiswa budayawan populer, mengungkapkan bhw pemasaran CD scr massal tlh menghilangkan minat pemusik amatir untuk mengembangkan tradisi kesukuan. Hal ini menjadi pembatas bagi pengembangan bakat pribadi. Frith berkata, “Alat-alat musik yg dpt dimainkan oleh orang-orang spt saya saat ini hanyalah CD player & tape decks.”(2004).

23 Next Assignment (kumpulkan minggu depan) Latihan Memparafrasekan Parafrasekan beberapa teori, pernyataan, opini, teks, atau lainnya, sebagai berikut: Tulis kutipan dengan lengkap. Tulis parafrasenya. Perhatikan aturan parafrasenya (kurung, nama pengarang, tahun, halaman bacaan bila ada).

24 TERIMA KASIH


Download ppt "Pertemuan 03 - Memparafrasekan MEMPARAFRASEKAN [Veit & Gould, 2004:127-147]"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google