Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MENJELASKAN HUBUNGAN JUMLAH PIKSEL DAN KUALITAS RESOLUSI GAMBAR MENJELASKAN DASAR-DASAR SINYAL VIDEO By Sarbini, S.Pd (SMK Muh 3 Yogyakarta)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MENJELASKAN HUBUNGAN JUMLAH PIKSEL DAN KUALITAS RESOLUSI GAMBAR MENJELASKAN DASAR-DASAR SINYAL VIDEO By Sarbini, S.Pd (SMK Muh 3 Yogyakarta)"— Transcript presentasi:

1 MENJELASKAN HUBUNGAN JUMLAH PIKSEL DAN KUALITAS RESOLUSI GAMBAR MENJELASKAN DASAR-DASAR SINYAL VIDEO By Sarbini, S.Pd (SMK Muh 3 Yogyakarta)

2 Teknologi dan Rekayasa ELEMENT GAMBAR  Gambar pada dasarnya tersusun dari sekumpulan titik-titik warna.  Untuk memahami sebuah gambar, prinsip pertama adalah dengan membagi suatu gambar menjadi titik- titik warna (color dots) dengan memperbesar gambar menjadi beberapa kali lipat sehingga tampak kotak-kotak.  Otak kita secara otomatis akan mengumpulkan kembali titik-titik tersebut menjadi sebuah gambar.  Tetapi jika diperbesar kembali, gambar tampak berbeda dan terlihat ada kotak-kotak pembentuk gambar. Susunan titik pembentuk gambar

3 Teknologi dan Rekayasa  Pada televisi atau komputer, titik ini disebut pixel (picture element) dengan ukuran jumlah titik horisontal x jumlah titik vertikal.  Misalnya layar dengan resolusi 1024x768 pixel, artinya ada 1024 titik horisontal untuk tiap 1 titik vertikal. Jadi totalnya ada titik pembentuk gambar.  Karena begitu banyaknya titik element gambar, maka gambar terlihat lebih halus.  Semakin kecil resolusi (jumlah piksel) maka gambar semakin terlihat kasar(kurang halus)

4 Teknologi dan Rekayasa PIKSEL MONITOR  Ada 2 cara mendeskripsikan ukuran dari sebuah layar yaitu aspek ratio dan ukuran layar (screen size).  Display komputer atau TV umumnya mempunyai sebuah aspek rasio (perbandingan dari lebar dan tinggi layar) 4:3.  Untuk layar lebar (widescreen) memiliki aspek ratio 16:9 ( untuk menampilkan film DVD yang memiliki format widescreen, dan Sistem HDTV).  Semua tipe dari display termasuk permukaan proyeksi (projection surface), dikenal sebagai layar (screen). Ukuran layar secara normal diukur dengan satuan inchi, dimulai dari satu sudut sampai sudut seberang lain secara diagonal.

5 Teknologi dan Rekayasa  Untuk layar CRT, ukuran layar diukur secara diagonal dari tepi luar body layar (lapisan terluar ikut diukur).  Untuk layar LCD, layar diukur secara diagonal dari sisi dalam bingkainya (tepi luar tidak ikut diukur)

6 Teknologi dan Rekayasa Jenis StandarResolusi (pixel)Pemakaian XGA (Extended Graphics Array) 1024x and 17-inch CRT monitors 15-inch LCD monitors SXGA (Super XGA)1280x and 17-inch CRT monitors 17-and 19-inch LCD monitors UXGA (Ultra XGA) 1600x , 20-, 21-inch CRT monitors 20-inch LCD monitors QXGA (Quad XGA) 2048x inch and larger CRT monitors WXGA (Wide XGA)1280x800Wide aspect 15.4-inch laptops LCD displays WSXGA+ (Wide SXGA plus) 1680x1050Wide aspect 20-inch LCD monitors WUXGA (Wide Ultra XGA) 1920x1200Wide aspect 22-inch and larger LCD monitors RESOLUSI DISPLAY STANDAR


Download ppt "MENJELASKAN HUBUNGAN JUMLAH PIKSEL DAN KUALITAS RESOLUSI GAMBAR MENJELASKAN DASAR-DASAR SINYAL VIDEO By Sarbini, S.Pd (SMK Muh 3 Yogyakarta)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google