Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kelompok 8 PERUBAHAN,PERGESERAN DAN PEMERTAHANAN BAHASA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kelompok 8 PERUBAHAN,PERGESERAN DAN PEMERTAHANAN BAHASA."— Transcript presentasi:

1 Kelompok 8 PERUBAHAN,PERGESERAN DAN PEMERTAHANAN BAHASA

2 1. Perubahan Bahasa Terjadinya sebuah perubahan bahasa itu sulit untuk diamati, sebab perubahan itu sudah menjadi sifat hakiki bahasa, berlangsung pada waktu yang relatif lama, sehingga tidak mungkin diobservasi oleh seseorang yang mempunyai waktu yang relatif terbatas. Bukti adanya perubahan itupun terbatas pada bahasa-bahasa yang empunyai tradisi tulis, dan mempunyai dokumen tertulis dari masa-masa yang sudah lama berlalu. Terjadinya sebuah perubahan bahasa itu sulit untuk diamati, sebab perubahan itu sudah menjadi sifat hakiki bahasa, berlangsung pada waktu yang relatif lama, sehingga tidak mungkin diobservasi oleh seseorang yang mempunyai waktu yang relatif terbatas. Bukti adanya perubahan itupun terbatas pada bahasa-bahasa yang empunyai tradisi tulis, dan mempunyai dokumen tertulis dari masa-masa yang sudah lama berlalu.

3 Perubahan bahasa lazim diartikan sebagai perubahan kaidah, entah kaidahnya itu direvisi, menghilang atau munculnya kaidah baru, dan semuanya itu dapat terjadi pada tataran linguistik seperti: Perubahan bahasa lazim diartikan sebagai perubahan kaidah, entah kaidahnya itu direvisi, menghilang atau munculnya kaidah baru, dan semuanya itu dapat terjadi pada tataran linguistik seperti: a.Perubahan fonologi b.Perubahan morfologi c.Perubahan semantik d.Perubahan sintaksis e.Perubahan leksikon

4 2. Pergeseran Bahasa Menyangkut masalah penggunaan bahasa oleh seorang penutur atau sekelompok penutur yang bisa terjadi sebagai akibat pemindahan dari satu masyarakat tutur kemasyarakat tutur lain. Menyangkut masalah penggunaan bahasa oleh seorang penutur atau sekelompok penutur yang bisa terjadi sebagai akibat pemindahan dari satu masyarakat tutur kemasyarakat tutur lain.

5 3. Pemertahanan Bahasa Sumarsono (1990) mengenai pemertahanan penggunaan bahasa melayu loloan, di desa loloan, termasuk dalam kota Bali. Menurut sumarsono penduduk desa loloan yang berjumlah sekitar tiga ribu orang itu tidak menggunakan bahasa Bali, melainkan menggunakan sejenis bahasa melayu yang disebut bahasa melayu loloan, sebagai B-1 nya dan mereka semua beragama Islam. Ditengah-tengah B2 yang dominan, yaitu bahasa Bali mereka bertahan untuk tetap menggunakan B1nya, yaitu bahasa melayu loloan. Sumarsono (1990) mengenai pemertahanan penggunaan bahasa melayu loloan, di desa loloan, termasuk dalam kota Bali. Menurut sumarsono penduduk desa loloan yang berjumlah sekitar tiga ribu orang itu tidak menggunakan bahasa Bali, melainkan menggunakan sejenis bahasa melayu yang disebut bahasa melayu loloan, sebagai B-1 nya dan mereka semua beragama Islam. Ditengah-tengah B2 yang dominan, yaitu bahasa Bali mereka bertahan untuk tetap menggunakan B1nya, yaitu bahasa melayu loloan.


Download ppt "Kelompok 8 PERUBAHAN,PERGESERAN DAN PEMERTAHANAN BAHASA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google