Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Cahya Herwening, S.TP. TTL: Sleman, 20 Mei 19** Alamat: Sonayan, Madurejo, Prambanan, Sleman. Hobi: Membaca, menulis, merenung, diskusi, olah raga, petualangan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Cahya Herwening, S.TP. TTL: Sleman, 20 Mei 19** Alamat: Sonayan, Madurejo, Prambanan, Sleman. Hobi: Membaca, menulis, merenung, diskusi, olah raga, petualangan."— Transcript presentasi:

1

2 Cahya Herwening, S.TP. TTL: Sleman, 20 Mei 19** Alamat: Sonayan, Madurejo, Prambanan, Sleman. Hobi: Membaca, menulis, merenung, diskusi, olah raga, petualangan. Blog: bangcahyo.wordpress.com , YM & FB:

3 (Problematika Umat)

4 Prediksi Rasulullah SAW 14 abad silam....

5  Dari Tsauban ra. ia berkata: Rasulullah Saw. bersabda, “Suatu masa nanti, bangsa-bangsa akan memperebutkan kalian seperti orang-orang yang sedang makan yang memperebutkan makanan di atas nampan.” Kemudian ada sahabat yang bertanya, “Apakah saat itu kita (kaum Muslimin) berjumlah sedikit [sehingga bisa mengalami kondisi seperti itu]?”.

6  Rasulullah Saw. menjawab, “Sebaliknya, jumlah kalian saat itu banyak, namun kalian hanyalah bak buih di atas air bah (yang dengan mudah dihanyutkan ke sana ke mari). Dan Allah Swt. akan mencabut rasa takut dari dalam diri musuh- musuh kalian terhadap kalian, sementara Dia meletakkan penyakit wahn dalam hati kalian.” Ada sahabat yang bertanya lagi, “Wahai Rasulullah Saw., apakah wahn itu?” Beliau menjawab, ”Cinta dunia dan takut mati.” (Hr. Ahmad)

7 Kenyataan saat ini....

8 Kondisi Umat Islam 1. Rusak aqidahnya  Ragu thd kebenaran Islam & keunggulannya  Praktek kesyirikan 2. Tertinggal sistem pendidikannya  Anggaran rendah  Korupsi  Jual beli gelar 3. Picik lagi sempit wawasannya  Pendidikan rendah, tertinggal dlm teknologi, semangat belajar rendah

9 4. Lemah dakwahnya  Kuantitas penyebaran rendah  Kualitas muatan kurang  Sarana terbatas 5. Lemah manajemen pengorganisasiannya  Manajemen tidak efektif & efisien 6. Rusak & rendah moral/akhlaknya  Perkataan, perilaku & pola pikir menyimpang dari Islam

10 Bila kondisi itu dibiarkan... Maka....

11 KEHANCUR AN!!

12 Padahal.... Potensi umat Islam sungguh banyak...

13 Potensi Umat Islam (1) 1. Syari’ah/peraturan yang lengkap, mencakup seluruh aspek kehidupan. Tercakup dalam Al Qur’an dan Hadists/Sunnah. (2: 2 & 185) 2. Kekayaan alam yang sebagian besar berada di negeri-negeri muslim (65%). 3. Jumlah pemeluk Islam yang sangat banyak (sepertiga penduduk bumi).

14 Potensi Umat Islam (2) 4. Jaminan kemenangan dari Allah. (61: 9) 5. Sejarah Islam yang penuh kejayaan pada masa lalu.

15 Lalu.....? Kok bisa...??

16 Faktor Penyebab Kemunduran Umat Islam 1. Faktor Internal (dari dalam diri umat sendiri) 2. Faktor Eksternal (dari luar)

17 Faktor Internal 1. Jauhnya umat Islam dari AlQur’an dan As- Sunnah, 2. Terpecah belah karena perbedaan masalah furu’, 3. Perasaan rendah diri terhadap umat lain (3: 19) & 139), 4. Gejala taqlid dengan semua yang datang dari kaum kafir (17: 36), 5. Tertinggal dalam IPTEK,

18 Faktor Eksternal 1. Perang fisik (ghozwul harbi), 2. Harakatul irtidad (gerakan pemurtadan), 3. Ghazwul fikri (perang pemikiran)

19 “Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: "Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang benar)". Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu.” (QS. Al-Baqarah: 120)

20 Konspirasi Internasional itu memang ada...  Dalam bukunya Tafsir Islam Atas Realitas, Muhamad Qutb mengatakan bahwa Nixon pernah mengatakan, ”untuk menghadapi ancaman bersama; yaitu Islam, maka tidak boleh tidak pertentangan antara Rusia dan Amerika Serikat harus segera dihilangkan”.

21  Willy Claes (Mantan Sekjen NATO) menyebutkan bahwa “Islam adalah satu- satunya musuh Barat setelah Uni Soviet tumbang”.  Simon Perez (Mantan Menteri Luar Negeri Israel) mengatakan bahwa ”setelah komunisme runtuh, ’Fundamentalis Islam’ (baca: Islam) adalah satu-satunya bahaya terbesar yang akan mengancam perdamaian dan kestabilan serta perekonomian dunia”.

22 Bagaimanakah langkah mereka?

23 1. Menghancurkan Islam sebagai sebuah sistem nilai publik  meruntuhkan kekhalifahan Islam yakni kekhalifahan Turki Utsmani (1299–1923) dan mengganti dengan sistem sekuler.

24 2. Memusnahkan al-Qur’an dan membuat umatnya ragu akan agamanya  “Sesungguhnya kepentingan Eropa di Asia Jauh dan Asia Tengah terancam bahaya selama di sana ada al-Qur’an yang dibaca dan Ka’bah yang kerap dikunjungi”. (William Gladstone, Politisi kawakan Inggris)

25  “Kita harus menggunakan al-Qur’an sebagai senjata untuk melawan umat Islam sendiri. Kalau harus menjelaskan kepada umat Islam bahwa apa yang benar dalam al-Qur’an bukanlah sesuatu yang baru, sesungguhnya sesuatu yang baru dalam al- Qur’an belum tentu benar”. (Talky, Missionaris)

26 3. Merusak akhlak dan hubungan umat Islam dengan Allah  Samuel Zweimer seorang direktur organisasi missi pada konferensi pers missionaris di Kota al-Quds tahun 1935, berkata, “Misi utama yang dibebankan oleh negara-negara kristen kepada kita bukanlah menjadikan kaum muslimin menjadi kristen, karena hal itu adalah soal hidayah dan kemuliaan. Misi utama kita adalah mengeluarkan seorang muslim dari Islam, supaya menjadi orang yang tidak mempunyai hubungan apa-apa dengan Allah, sehingga ia tidak mempunyai ikatan akhlak sebagai pedoman hidup manusia”.

27 4. Membangun sistem liberal sebagai sistem berbagai aspek kehidupan publik  Pendapat dari W.K. Smith, seorang orientalis Amerika, ”Apabila umat Islam diberi kemerdekaan dalam sistem demokrasi, maka Islam akan menang. Dengan sistem diktator sajalah hubungan antar umat Islam dengan agamanya dapat dipermainkan”.

28 5. Merintangi umat Islam untuk maju dan menjadikan mereka sebagai komunitas konsumen  Dengan strategi ini mereka menempatkan umat Islam senantiasa tergantung kepada bangsa Barat, dengan begitu umat Islam akan tetap mereka jajah melalui penjajahan pendidikan, ekonomi, sosial, politik, budaya, pertahanan- keamanan dan teknologi.

29 6. Merusak moral wanita & generasi muda Islam serta menyebarluaskan penyelewengan seks melalui media, informasi dan seni  Dalam buku Wajah Dunia Islam, Dr. Muhammad Sayyid al-Wakil mengutip pernyataan seorang orientalis, ”Gelas dan artis mampu menghancurkan umat Muhammad daripada seribu meriam. Maka tenggelamkan umat Muhammad ke dalam cinta materi dan syahwat”.

30 SOLUSINYA GIMANA DONG ??

31 Solusi Permasalahan Umat 1. Kembali kepada Al-Qur’an!! - Membaca - Menghafal - Memahami - Mengamalkan - Mendakwahkan

32 2. Mendidik generasi Islam dengan sistem pendidikan Islami yang syamil (sempurna) & mutakamil (menyeluruh), berbasis Al-Qur’an.

33 3. Menyiapkan kekuatan semaksimal mungkin untuk menghadapi musuh - Ilmu pengetahuan - Teknologi - Ekonomi - Sosial - Politik - Budaya - Militer

34 QS. Al-Anfal : 60 “Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah dan musuhmu dan orang orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya; sedang Allah mengetahuinya. Apa saja yang kamu nafkahkan pada jalan Allah niscaya akan dibalasi dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dianiaya (dirugikan).”

35 4. Perjuangan dan pengorbanan total (jihad fii sabilillah)

36 Firman Allah...  “Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih?, (Yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahuinya,

37 niscaya Allah akan mengampuni dosa- dosamu dan memasukkan kamu ke dalam syurga yang mengalir di bawahnya sungai- sungai, dan (memasukkan kamu) ke tempat tinggal yang baik di dalam syurga Adn. Itulah keberuntungan yang besar.

38 Dan (ada lagi) karunia yang lain yang kamu sukai (yaitu) pertolongan dari Allah dan kemenangan yang dekat (waktunya). Dan sampaikanlah berita gembira kepada orang- orang yang beriman.” (QS. Ash-Shaff: 10-13)

39 Harapan itu masih ada...  Saat ini..... percik-percik api kebangkitan Islam sudah muncul di mana-mana... Tinggal menunggu waktu kapan percikan itu menjadi api yang kian membesar dan pada suatu saat memusnahkan kebathilan...

40 Pilihan ada pada kita... Mencukupkan diri sebagai penonton....?...Atau... Menjadi salah satu yang berperan di dalamnya...?


Download ppt "Cahya Herwening, S.TP. TTL: Sleman, 20 Mei 19** Alamat: Sonayan, Madurejo, Prambanan, Sleman. Hobi: Membaca, menulis, merenung, diskusi, olah raga, petualangan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google