Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MENEMUKAN TOPIK/MASALAH PENELITIAN Amat Jaedun FT UNY Puslit Dikdasmenjur, LPPM UNY Pascasarjana UNY.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MENEMUKAN TOPIK/MASALAH PENELITIAN Amat Jaedun FT UNY Puslit Dikdasmenjur, LPPM UNY Pascasarjana UNY."— Transcript presentasi:

1 MENEMUKAN TOPIK/MASALAH PENELITIAN Amat Jaedun FT UNY Puslit Dikdasmenjur, LPPM UNY Pascasarjana UNY

2 Dari mana diperoleh ide/gagasan ….? Merenungkah…..? Membacakah …..? Apa yang perlu dibaca ….? 1.Hasil-hasil penelitian yg relevan 2.Permasalahan aktual yg terkait dgn topik yang diminati 3.Menyimak sinyalemen-sinyalemen dari para pengamat

3 KATEGORI PERMASALAHAN…..? Permasalahan yg benar-benar memang problem (riil)  genuine problems Permasalahan semu (dibuat/direkayasa)  pseudo problems

4 Bagaimanakah Menemukan Topik/ Permasalahan……………?  Kajian thd Sistem Pendidikan  Input – Proses – Output – Outcomes  Kajian thd Kebijakan dan Program peningkatan mutu pendidikan (bersifat aktual)  Apa saja..?  Kajian thd hasil-hasil penelitian yg relevan  Hasil-hasil penelitian pada Jurnal-jurnal luar negeri  umumnya bersifat melanjutkan/ menyempurnakan penelitian yg sudah dilakukan orang lain.  Bagaimana dgn penelitian kita ….?

5 TEMA-TEMA PENELITIAN SKRIPSI… 1. Input Peserta Didik : Kajian Sistem Seleksi Peserta Didik Baru (PSB), khususnya pada SMK RSBI 2. Input Guru : Penilaian Kompetensi Mengajar Guru Berdasarkan Peserta Didik Manajemen Peningkatan Mutu Guru SMK 3. Input Sarana dan Prasarana : Kajian Bangunan Pendidikan  Pemenuhan terhadap Standar Kajian Sarana (misal: peralatan bengkel)  Pemenuhan terhadap Standar Pengembangan Media yang Cocok untuk Pembelajaran di SMK

6 Lanjutan Tema-tema Penelitian… 4. Input Kurikulum : Kajian Kurikulum dan Implementasi Kurikulum SMK 5. Komponen Proses: Kajian tentang Manajemen SMK Kajian tentang Pembelajaran (Strategi, Pendekatan, dan Metode) Kajian tentang Penilaian/Evaluasi Pembelajaran Kajian Pelaksanaan Prakerin, Bimbingan Kejuruan

7 Lanjutan Tema-tema Penelitian… 6. Komponen Output : Kajian tentang Kualitas Output (Kompetensi Siswa), baik hard skill maupun soft skill -nya Kajian tentang Unas Kejuruan dan Uji Kompetensi 7. Komponen Outcomes (Dampak) : Kajian mengenai Peluang Kerja Lulusan SMK di Industri Daya Serap lulusan oleh Lapangan Kerja (Masa Tunggu) Kajian tentang Relevansi Lulusan dengan Kebutuhan Dunia Kerja.

8 Bagian Pendahuluan, mencakup: 1.Latar belakang masalah, 2.Identifikasi dan pembatasan masalah, 3.Rumusan masalah (dalam penelitian evaluasi berupa pertanyaan evaluasi), 4.Tujuan penelitian, dan 5.Manfaat hasil penelitian. 1.Latar belakang masalah, 2.Identifikasi dan pembatasan masalah, 3.Rumusan masalah (dalam penelitian evaluasi berupa pertanyaan evaluasi), 4.Tujuan penelitian, dan 5.Manfaat hasil penelitian.

9 Latar belakang masalah, berisi: Gambaran ttg adanya masalah, yg menunjukkan adanya kesenjangan antara: a.kondisi yang diharapkan, dengan b.kondisi riil yang terjadi. Hal-hal yang mendorong atau alasan yang melatar-belakangi dilaksanakannya kegiatan penelitian yg akan diajukan. Gambaran ttg adanya masalah, yg menunjukkan adanya kesenjangan antara: a.kondisi yang diharapkan, dengan b.kondisi riil yang terjadi. Hal-hal yang mendorong atau alasan yang melatar-belakangi dilaksanakannya kegiatan penelitian yg akan diajukan.

10 Identifikasi dan Pembatasan Masalah: Dalam proposal penelitian kadang tidak ada identifikasi masalah dan pembatasan masalah, karena rumusan masalah langsung dirumuskan sebagai intisari dari masalah yg telah diuraikan dalam latar belakang masalah.

11 Rumusan Masalah  Dirumuskan dengan kalimat pertanyaan.  Mencerminkan variabel yang akan diteliti.  Menggunakan kata ”Apakah” atau ”Sejauhmanakah” untuk penelitian positivistik, dan  ”Bagaimanakah, untuk penelitian tindakan.  Dirumuskan dengan kalimat pertanyaan.  Mencerminkan variabel yang akan diteliti.  Menggunakan kata ”Apakah” atau ”Sejauhmanakah” untuk penelitian positivistik, dan  ”Bagaimanakah, untuk penelitian tindakan.

12 Tujuan Penelitian: 1.Dirumuskan dengan kalimat pernyataan. 2.Rumusan tujuan penelitian umumnya diselaraskan dengan rumusan masalah penelitian yang diajukan. 3.Tujuan penelitian akan menjadi pemandu bagi peneliti untuk melakukan penelitian. 1.Dirumuskan dengan kalimat pernyataan. 2.Rumusan tujuan penelitian umumnya diselaraskan dengan rumusan masalah penelitian yang diajukan. 3.Tujuan penelitian akan menjadi pemandu bagi peneliti untuk melakukan penelitian.

13 Manfaat Hasil Penelitian Dalam penelitian konvensional, manfaat biasanya mencakup dua hal, yaitu manfaat dalam pengembangan ilmu (manfaat secara teoretis) dan manfaat praktis. Penelitian tindakan kelas (PTK) biasanya menuliskan manfaat bagi: siswa, guru, dan sekolah. Dalam penelitian evaluasi, manfaat berkaitan dengan manfaat praktis, terutama dalam menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan tentang program yang sedang dan telah diimplementasikan. Dalam penelitian konvensional, manfaat biasanya mencakup dua hal, yaitu manfaat dalam pengembangan ilmu (manfaat secara teoretis) dan manfaat praktis. Penelitian tindakan kelas (PTK) biasanya menuliskan manfaat bagi: siswa, guru, dan sekolah. Dalam penelitian evaluasi, manfaat berkaitan dengan manfaat praktis, terutama dalam menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan tentang program yang sedang dan telah diimplementasikan.


Download ppt "MENEMUKAN TOPIK/MASALAH PENELITIAN Amat Jaedun FT UNY Puslit Dikdasmenjur, LPPM UNY Pascasarjana UNY."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google