Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

4. Zoom Zoom adalah command untuk memperbesar atau memperkecil tampilan tanpa merubah skala benda. Terdapat beberapa macam zoom: -Z-Zoom all, untuk melihat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "4. Zoom Zoom adalah command untuk memperbesar atau memperkecil tampilan tanpa merubah skala benda. Terdapat beberapa macam zoom: -Z-Zoom all, untuk melihat."— Transcript presentasi:

1 4. Zoom Zoom adalah command untuk memperbesar atau memperkecil tampilan tanpa merubah skala benda. Terdapat beberapa macam zoom: -Z-Zoom all, untuk melihat seluruh objek beserta limits yang telah dibuat. -Z-Zoom center, untuk membuat display baru dengan meletakkan center point sebagai titik acuan. -Z-Zoom dynamic, untuk melihat objek sesuai dengan besar kecilnya view box. -Z-Zoom extents, untuk melihat seluruh objek tanpa limits. -Z-Zoom previous, untuk kembali pada tampilan zoom sebelumnya. -Z-Zoom windows, untuk memperbesar tampilan objek dengan window yang akan menjadi tampilan penuh. -Z-Zoom scale, untuk memperbesar atau memperkecil tampilan objek dengan memasukkan nilai skala. 5. Pan Pan adalah command untuk menggeser tampilan.

2 6. Regen Regen adalah command untuk pengulangan proses gambar secara otomatis. 7. Rectangle Rectangle adalah command untuk membuat objek yang berbentuk kotak. 8. Polygon Polygon adalah command untuk membuat segi beraturan. Untuk membuat polygon terdapat 2 cara, yaitu: -M-Menentukan Radius  Inscribed & Circumscribed -M-Menentukan panjang sisinya 9. Arc Arc adalah command untuk membuat busur. Terdapat beberapa cara untuk membuat busur, yaitu:

3 -3-3 Point -S-Start, Center, End -S-Start, Center, Angle -S-Start, Center, Length -S-Start, End, Angle -S-Start, End, Direction -S-Start, End, Radius -C-Center, Start, End -C-Center, Start, Angle -C-Center, Start, Length 10. Ellipse Ellipse adalah command untuk membuat elip. Ellipse terbuat dari 3 acuan, yaitu: -Mid point of first axis atau titik pusat elip -End point of first atau jarak antara 2 ujung sumbu elip pertama -Distance atau setengah jarak antara 2 ujung sumbu elip kedua

4 Atau dapat juga membuat elip dengan menentukan: -Major axis atau sumbu utama elip -Minor axis atau sumbu kedua elip -Distance atau setengah jarak sumbu utama elip 11. Point Point adalah command untuk membuat titik. Dalam membuat titik yang harus diperhatikan adalah menentukan jenis titik. sebelum membuat point seharusnya merubah dahulu point style. 12. Polyline polyline adalah command untuk membuat garis ataupun busur sekaligus. Dengan menggunakan polyline, garis atau busur yang dihasilkan merupakan satu kesatuan objek. 13. Spline Spline adalah command untuk membuat busur atau kurva.

5 14. Donut Donut adalah command untuk membuat suatu cincin berisi (filled rings). dalam membuat donut diperlukan: - Center - Inside diameter - Outside diameter 15 Solid Solid adalah command untuk membuat isian padat bersegi. Yang perlu diperhatikan adalah untuk pemilihan sudutnya tidak boleh keliling. 16. Copy Copy adalah command untuk menggandakan objek, baik dengan jarak maupun dengan bantuan object snap.

6 17. Move Move adalah command untuk memindahkan objek. 18. Mirror Mirror adalah command untuk mencerminkan suatu objek. 19. Offset Offset adalah command untuk menggandakan objek terpilih pada jarak tertentu. Objek yang dapat digandakan line, arc, circle, 2D polylines, ellipse dan planar spline. 20. Rotate Rotate adalah command untuk memutar objek dengan sudut tertentu. 21. Trim Trim adalah command untuk memotong objek dengan bantuan satu atau lebih objek pemotong. Objek pemotong dapat berupa: line, arc, circle, polyline, ellipse, spline.

7 22. Extend Extend adalah command untuk memperpanjang suatu objek menuju objek lain atau memperpanjang sebuah objek menuju perpanjangan (invisible) objek lain. 23. Fillet Fillet adalah command untuk membuat suatu busur dari pertemuan 2 buah garis. 24. Chamfer Chamfer adalah command untuk membuat kemiringan dari pertemuan 2 buah garis. 25. Array Array adalah command untuk menggandakan dengan pola tertentu. terdapat 2 pola yaitu Rectangular (baris dan kolom) dan polar (circular)

8 26. Stretch Stretch adalah command untuk memindahkan koordinat ke koordinat lain. Yang perlu diperhatikan, dalam pemilihan objek harus dengan “cross”. 27. Scale Scale adalah command untuk mengubah besaran objek (skala) secara proposional.

9 CONTOH


Download ppt "4. Zoom Zoom adalah command untuk memperbesar atau memperkecil tampilan tanpa merubah skala benda. Terdapat beberapa macam zoom: -Z-Zoom all, untuk melihat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google