Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kimia Pengenalan Ilmu Kimia. Etika dalam Lab KIMIA Setelah menghirup bahan bahaya Keluar ke tempat sepi dan hembus udara Hirup udara bersih sebanyak banyaknya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kimia Pengenalan Ilmu Kimia. Etika dalam Lab KIMIA Setelah menghirup bahan bahaya Keluar ke tempat sepi dan hembus udara Hirup udara bersih sebanyak banyaknya."— Transcript presentasi:

1 Kimia Pengenalan Ilmu Kimia

2 Etika dalam Lab KIMIA Setelah menghirup bahan bahaya Keluar ke tempat sepi dan hembus udara Hirup udara bersih sebanyak banyaknya Menelan bahan berbahaya Minum air sebanyak banyaknya Terkena bahan iritasi Cuci bagian yang terkena bahan iritasi dengan air mengalir Masuk ke LAB Gunakan baju LAB dan sepatu tertutup

3 SIFAT-SIFAT BAHAN KIMIA YANG BERBAHAYA

4 SIFAT BAHAN KIMIA : Korosif Merusak daging manusia secara kimia Dapat menghancurkan logam Mulai merusak saat: Kontak dengan kulit Dihirup  Sistem Respirasi Dicerna  Sistem Pencernaan Contoh : Natrium Hidroksida (NaOH) Natrium Asetat (C2H3NaO2) Asam Klorida (HCl)

5 SIFAT BAHAN KIMIA : Iritasi Material yang dapat menyebabkan iritasi Berupa pembengkakan, pemerahan,dan rasa sakit Beberapa bahan kimia iritasi dapat menyebabkan Gangguan system pernafasan Contoh : Kalium Kromat (Kr2CrO4) Kalsium Sulfat (CaSO4) NaNo3 (Natrium Nitrat)

6 SIFAT BAHAN KIMIA : Beracun Material yang secara umum merusak organisme Mengganggu kerja organ manusia Dapat menyebabkan kematian Contoh : Natrium Nitrit (NaNO2) Merkuri Iododa (HgI2) Kalium Cianida (KCN)

7 SIFAT BAHAN KIMIA : Pengoksidasi Adalah pelepasan elektron oleh sebuah molekul, atom, atau ion Oksidasi berarti mendapatkan oksigen Penjelasan tentang oksidasi sebatas itu saja Contoh : Natrium Nitrit (NaNO2) NaNo3 (Natrium Nitrat) Potasium Nitrat (KNO3)

8 SIFAT BAHAN KIMIA : Mudah Terbakar Bahan kimia yang bereaksi dengan oksigen dan dapat menimbulkan kebakaran Dapat terjadi bila ada O2 dan bahan bakar Contoh : Aseton (C3H6O) Etanol (C2H6O) Karbon disulfide (CS2)

9 SIFAT BAHAN KIMIA TAMBAHAN Mudah Meledak Aseton (C3H6O) Etanol (C2H6O) Karbon disulfide (CS2) Berbahaya untuk Lingkungan Aseton (C3H6O) Etanol (C2H6O) Karbon disulfide (CS2)

10 ALAT-ALAT DI LAB KIMIA

11 #1 Neraca O HaussMenimbang dengan teliti Tabung Reaksi dengan RakKegiatan reaksi zat jumlah sedikit Labu UkurMengukur volume tertentu (cairan) Silinder UkurMengukur volume cairan Pipet GondokMengambil larutan dengan volume tertentu CorongAlat bantu menuang Labu ErlenmeyerWadah larutan serta filtrasi Gelas ArlojiWadah zat padat

12 #2 Pipet TetesMengambil larutan bervolume teliti PengadukMengaduk Gelas KimiaMenyiapkan larutan Evaporating DishWadah Lampu SpiritusAlat pemanas dengan spiritus Pelat TetesMeneteskan berbagai macam larutan Kaki TigaPenyangga wadah yang akan digunakan Botol SemprotMencuci, menyemprot, dll Penjepit Tabung ReaksiMenjepit tabung reaksi

13 HAL YANG DIPELAJARI DALAM ILMU KIMIA Pengetahuan Alam yang mempelajari materi Materi  segala sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang Mempelajari ilmu kimia harus melewati percobaan/ eksperimen Struktur Materi, Sifat Materi, Perubahan Materi, Susunan Materi, Energi yang menyertai Materi

14 PENJELASAN Struktur Materi  gambaran tentang bagaimana atom-atom saling terikat dalam materi tersebut. Sifat Materi Sifat Fisika: Berkaitan dengan penampilan atau keadaan fisis materi, yaitu wujud, titik leleh, titik didih, indeks bias, daya hantar, warna, rasa, dan bau. Sifat Kimia : Berkaitan dengan perubahan kimia yang dapat dialami oleh suatu materi, misal dapat terbakar, berkarat, mudah bereaksi, beracun, dan bersifat asam atau basa.

15 PENJELASAN Perubahan Materi Perubahan Fisika Perubahan zat yang tidak menghasilkan zat baru, hanya menyangkut perubahan keadaan (bentuk dan wujud). air menguap es mencair lilin meleleh campuran air dengan pasir proses destilasi kawat nikrom dibakar hingga berpijar Perubahan Kimia perubahan zat yang menghasilkan zat baru. kertas terbakar pita magnesium terbakar reaksi antara logam Na dengan air nasi menjadi basi pembuatan tape

16 PENJELASAN Susunan materi menyangkut komposisi dari materi tersebut. Contohnya Air adalah suatu senyawa dari hidrogen dan oksigen. Rumus kimianya H2O Alkohol (etanol) adalah senyawa dari karbon, hidrogen, dan oksigen. Rumus kimianya C2H6O Perubahan yang terjadi pada materi selalu disertai dengan energi. Energi dapat dihasilkan karena adanya perubahan atau energi dihasilkan oleh perubahan materi itu sendiri.

17 UNSUR SENYAWA CAMPURAN Unsur  Zat tunggal yang paling sederhana dan memiliki partikel dinamakan atom Contoh : Nitrogen,Emas,dll Senyawa  Gabungan 2 unsur atau lebih di mana sifat zat penyusunnya berubah Contoh : Air [(H2O) Hidrogen dan Oksigen] Campuran  Gabungan 2 unsur atau lebih di mana sifat zat penyusun awalnya tidak berubah Contoh : Kopi (Masih terasa dan menunjukkan bahwa punya sifat asal)

18 ATOM ION MOLEKUL Atom  Partikel terkecil dari suatu zat Ion  Atom yang bermuatan (-) Anion (+) Kation Molekul  kumpulan dari sedikitnya dua atom dalam susunan tertentu yang terikat bersama oleh ikatan kimia Molekul Unsur  Kumpulan atom berasal dari unsur sama Molekul Senyawa  Kumpulan atom berasal dari dua unsur atau lebih berbeda


Download ppt "Kimia Pengenalan Ilmu Kimia. Etika dalam Lab KIMIA Setelah menghirup bahan bahaya Keluar ke tempat sepi dan hembus udara Hirup udara bersih sebanyak banyaknya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google