Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Media Management Session 5 Oleh: Ambang Priyonggo, M.A.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Media Management Session 5 Oleh: Ambang Priyonggo, M.A."— Transcript presentasi:

1 Media Management Session 5 Oleh: Ambang Priyonggo, M.A.

2 Nature of Media Product Dalam ilmu ekonomi, produk biasanya didefinisikan sebagai “segala sesuatu yang bisa ditawarkan ke pasar dan dapat memenuhi kebutuhan konsumen.” Dalam konteks produk media, definisi ini masih relevan. Produk media bisa ditawarkan ke pasar (audience) untuk memenuhi kebutuhan mereka akan informasi dan hiburan. Namun, perlu diingat, produk media bersifat UNIK dan KOMPLEKS jika dibanding produk industri lainnya.

3 Komponen produk media Secara garis besar, produk media terdiri dari dua komponen: 1. Immaterial component (komponen tak berwujud)  news, fiksi, materi persuasif 2. Material Componen (komponen berwujud)  medium atau sarana yang digunakan dalam menjangkau konsumen

4 Komponen produk media Kedua komponen produk media ini berfungsi bersama untuk memenuhi kebutuhan publik. Namun secara umum, demand/permintaan konsumen media utamanya tergantung pada elemen muatan acara (content) dari komponen tak berwujud. Sementara dalam porsi yang kecil namun penting, deman/permintaan konsumen tergantung pada komponen material (transmisi)

5 Komponen produk media Dari nature-nya, produk media ini bisa merupakan barang ekonomi (economic goods) dan juga barang- barang hasil dari proses sosial dan budaya (dari variasi ragam muatan acaranya) Aspek kunci produk media ini adalah untuk memenuhi kepuasan kliennya atas content yang bersifat: informatif, persuasif, dan hiburang.

6 TIGA ASPEK DASAR KARAKTER PRODUK MEDIA 1. Produk media sebagai “barang informasi”(information goods) 2. Produk media sebagai “barang rangkap/berlipat (dual/multiple goods) 3. Produk media sebagai “barang talenta” (talent goods)

7 1. Produk media sebagai “barang informasi”(information goods) Barang Informasi adalah barang apapun yang bisa didigitalkan. “Anything than can be digitized” (Varian, 1999) Barang informasi ini bercirikan: a. sebagai experience goods (kualitas barang tidak bisa dilihat langsung di awal namun harus dikonsumsi lebih dulu) b. Terjadi skala ekonomi c. Menunjukkan fitur –fitur yang mirip dengan barang publik.

8 2. Produk media sebagai “barang rangkap/berlipat Disebut barang rangkap karena media menghasilkan dua produk tambahan pada dua market berbeda: “content untuk audiens” dan “waktu yang diluangkan audiens untuk pengiklan.” Media= jembatan antara audiens dan pengiklan.

9 Audiens Advertiser ATTENTION GOODS CONTENT

10 3. Produk media sebagai “barang talenta” (talent goods) Produk media tergantung pada bakat orang-orang. Bahkan aset terpenting pada sektor media adalah SDM yang kreatif. Tidak semua media menggantungkan dirinya pada talenta-talenta individu pada level yang sama. Namun bagaimana memanfaatkan talenta inilah menjadi kunci dari sukses dan tidaknya media.

11 3. Produk media sebagai “barang talenta” (talent goods) Jurnalis, penanyi, aktor, scripwriter (penulis naskah), dan SDM media lainnya terus berusaha untuk mempertahankan taste, kecondongan, dan pandangan profesionalnya. Pada ujungnya ini akan memengaruhi langsung kuantitas dan kualitas dari fitur-fitur dalam produk kreatif media.

12 Genre Utama Muatan Media Kategori utama muatan (content) media Kategori utama ini disebut GENRE. A genre is a category of artistic composition, as in music and literature, marked by a distinctive style, form, or content.

13 Genre Utama Muatan Media Entertainment News Information Education Advertising

14 1. Entertainment Berasal dari kata Latin tenere, yang berarti “menahan atau membuat tetap stabil, sibuk, terhibur.” Praktisi media kemudian mendefinisikan entertainment sebagai “materi yang dapat mencuri perhatian para audiens dan meninggalkan kesan menyenangkan bagi mereka.”

15 Sub Genre Entertainment - Festival /music - Gaming - Drama - Comedy Masing-masing subgenre ini masih bisa dibagi lagi dalam bentuk sub kategori.

16

17 Formula membuat acara Entertainment Formula/rumus  pendekatan terpola untuk memproduksi muatan program (content) yang ditandai dengan penggunaan setting tertentu, karakter tertentu, dan pola aksi (pattern of action). SETTING, KARAKTER, POLA AKSI

18 Formula membuat acara Entertainment SETTING : lingkungan tempat program acara itu berlangsung. Grey’s Anatomy: di rumah sakit Sitcom OB: di stasiun televisi

19 Karakter Khas Tokoh atau sosok menonjol yang dominan atau secara reguler muncul pada suatu acara.

20 Pola Aksi Aktivitas yang dapat diduga dari tokoh/karakter dalam setting Siaran langsung sepak bola: pola aksi dari karakter dalam program ini (pembawa acara, komentator, pemain, wasit dll) terpusat pada aturan permainan yang dibatasi oleh jam (dua kali 45 menit) dan lapangan permainan.

21 Hybrid Genres Produser tidak selalu memakai “genre murni,” namun dengan mencampurnya dengan genre-genre yang lain. Proses mencampur genre/sub genre ini disebut hibriditas. Contoh: Dramady ( a sub genre that blends the rules associated with drama (serious) and comedy (funny)  The Sopranos

22 2. News Genre News (berita) pada dasarnya mirip dengan genre pada entertainment. Berita, seperti entertainment, melibatkan “telling of the story.” Macam News Hard News Investigative Report Soft News

23 3. Information Apa beda informasi dan berita? Informasi adalah bahan mentah yang “diambil” oleh wartawan. Sektor industri media yang bergenre ini: Lexis Nexis, Equifax, AC Nielsen dll. Pada dunia broadcast, media yang fokus pada genre ini: BBC Knowledge, Nat Geo, Discovery Channel

24 4. Education Edukasi: muatan acara yang “mengajarkan” orang tentang ide khusus tentang dunia yang khusus. Contoh: Pelajaran bahasa Inggris di TV (BBC World)

25 CASE STUDY: BBC TOP GEAR This show is hosted by Jeremy Clarkson, Richard Hammond and James May Go to library or any other place where u can access - In search box, type in: BBC Top Gear - Click and watch the followings: 1.Mustang GT500 car review - Top Gear – BBCMustang GT500 car review - Top Gear – BBC 2.Top Gear - killing a Toyota pt 1 - BBCTop Gear - killing a Toyota pt 1 - BBC 3.Mitsubishi Evo vs. Subaru Impreza - Top Gear - BBCMitsubishi Evo vs. Subaru Impreza - Top Gear - BBC

26 Top Gear - killing a Toyota pt 1 - BBC Mustang GT500 car review - Top Gear - BBC Mitsubishi Evo vs. Subaru Impreza - Top Gear - BBC 1.Watch the movie and identify: the genre, the entertainment formula (Setting, Typical Characters, dan Pattern of Action of each episode. 2.Can we categorise the TV show genre as hybrid? Why? Explore your answer? 3.What creative talents do you think should involve in producing such a TV Show?


Download ppt "Media Management Session 5 Oleh: Ambang Priyonggo, M.A."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google