Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PROTEIN Asam amino Protein Pembentukan molekul protein.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PROTEIN Asam amino Protein Pembentukan molekul protein."— Transcript presentasi:

1 PROTEIN Asam amino Protein Pembentukan molekul protein

2 Apakah sebenarnya protein itu ? Protein berasal dari bahasa Yunani Proteios artinya yang pertama atau yang utama. Protein merupakan senyawa polimer dengan monomernya berupa asam amino. Protein terbentuk melalui reaksi polimerasi kondensasi dari bermacam-macam asam amino.

3 ASAM AMINO Asam amino merupakan monomer penyusun protein dan merupakan turunan asam karboksilat dengan gugus amina. Oleh karena itu, dalam setiap molekul asam amina terdapat sekurang- kurangnya dua buah gugus fungsi yaitu gugus karboksilat dan gugus amina. Untuk asam amino alami yang merupakan hasil hidrolisis protein memiliki gugus karboksil dan amino yang melekat pada atom karbon .

4 PROTEIN Protein adalah senyawa polipeptida yang dihasilkan dari polimerasi asam amino antar molekul asam amino yang saling berikatan membentuk protein terdapat ikatan kovalen yang disebut sebagai ikatan peptida. Ikatan peptida ini terjadi antara atom C dari gugus –COOH dengan atom N dari gugus –NH 2.

5 Pengelompokan protein a. Berdasarkan bentuk atau konformasinya : Protein globular adalah protein yang bentuknya menggulung. Protein fibrous adalah protein yang bentuknya memanjang dan berupa serat atau serabut.

6 b. Berdasarkan fungsinya : Enzim, berfungsi sebagai biokatalis misalnya tripsin. Protein transpor, berfungsi mengangkut O 2 misalnya hemoglobin. Protein cadangan, berfungsi sebagai cadangan makanan misalnya ovalbumin. Protein kontrktil, berfungsi menggerakkan otot misalnya aktin. Protein struktural, berfungsi melindungi jaringan di bawahnya misalnya keratin. Protein pelindung, berfungsi sebagai pelindung terhadap mikro organisme patogen misalnya antibodi dan trombin. Hormon, berfungsi mengatur reaksi dalam tubuh misalnya insulin

7 c. Berdasarkan hasil hidrolisis Protein majemuk, hasil hidrolisisnya berupa asam amino dan zat-zat lain, seperti lemak dan karbohidrat Protein tunggal, hasil hidrolisisnya berupa asam amino.

8 d. Berdasarkan gugus alkil pada rantai protein serabut terdapat berbagai macam protein, misalnya  keratin (protein dalam tanduk, rambut, kulit),  keratin (serat yang dihasilkan kepompong ulat sutra, jaring laba-laba, paruh burung atau unggas, kuku), dan kalogen (pada kulit, urat, tulang, jaringan penghubung).

9 e. Berdasarkan sumber asalnya Protein nabati merupakan protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Protein jenis ini banyak terdapat dalam biji-bijian dan kacang-kacangan. Protein hewani merupakan protein yang berasal dari hewan. Banyak terdapat dari daging susu dan ikan.

10 Sifat dan kegunaan protein Sifat-sifatKegunaan 1. M r -nya kecil 2. Larutannya dalam air membentuk koloid hidrifil 3. Tidak tahan suhu tinggi 4. Dapat dihidrolisis menjadi amino 1. Sumber gizi 2. Biokatalis dalam sistem hidup yaitu enzim 3. Pengangkut, misalnya hemoglobin dalam darah 4. Bahan pembuatan sikat gigi, serat, tekstil, lem dan cat 5. Sebagai pelindung pada beberapa binatang misalnya bisa ular

11

12 STRUKTUR KIMIA DNA dan RNA DNARNA 1. Gula Deoksiribosa 2. Fosfat 3. Basa nitrogen GSAT 1. Gula D-ribosa 2. Fosfat 3. Basa nitrogen GSUT

13 Fungsi DNA dan RNA : DNA berhubungan erat dengan pengendali faktor-faktor keturunan dan sintesis protein. RNA berhubungan dengan sintesis protein.

14

15 A T P ATP pembawa energi kimia Semua bentuk energi kimia yang dipindahkan dalam sel adalah suatu senyawa khusus yaitu Adenosintrifosfat (ATP). Adenosin terdiri atas dua satuaan kecil bahan kimia yaitu Adenin (suatu senyawa cincin bernitrogen) yang terikat pada gula berkarbon lima D-ribosa. Adenosin dapat digabungkan dengan asam Ortofostas (AMP), dan mengeluarkan unsur-unsur airnya. Senya ini dapat difosforilasi lebih lanjut sehingga menghasilkan mula- mula Adenosindifosfat (ADP) menjadi Adenosintrifosfat (ATP).

16 Hal penting yang harus diperhatikan adalah tiga gugus fosfat terikat pada residu Adenosin dalam sebuah garis. Dengan menggunakan singkatan P untuk gugus fosfat maka ATP  A – P – P – P.

17 Fungsi ATP Sebagai bahan rangkai reaksi yang lebih berupa reaksi sel daripada bahab lain dengan ikatan fosfat berenergi tinggi. Sebagai pengikat antara sumber energi yang tersedia bagi sel hidup dan proses kimia, osmosis, serta proses lain yang berkaitan dengan pertumbuhan dan reproduksi sel


Download ppt "PROTEIN Asam amino Protein Pembentukan molekul protein."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google