Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Endar wulandari NPM 20090720183 DESAIN PELATIHAN Dosen Pengampu : Drs. Mujiyana M.Si Disusun Oleh : FAKULTAS AGAMA ISLAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TARBIYAH)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Endar wulandari NPM 20090720183 DESAIN PELATIHAN Dosen Pengampu : Drs. Mujiyana M.Si Disusun Oleh : FAKULTAS AGAMA ISLAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TARBIYAH)"— Transcript presentasi:

1

2 Endar wulandari NPM DESAIN PELATIHAN Dosen Pengampu : Drs. Mujiyana M.Si Disusun Oleh : FAKULTAS AGAMA ISLAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TARBIYAH) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA 2012/2013 Untuk Memenuhi Tugas : MID Semester 6

3 1. PERCAYA PADAKU  Jumlah Anggota:  Waktu: 30 menit  Materi: Menutup Mata  Tujuan: 1.Untuk membangun tim kelompok, dalam membangun kepercayaan antara yang satu dengan yang lain. BALON TEPUNG PERGI JALAN-JALAN BOLA MUSIC HOME PERMAINAN KATA PERCAYA PADAKU

4 Langkah-Langkah :  Fasilitator akan membagi kelompok menjadi 3-4 kelompok.  Peserta harus dengan sukarela.

5  Kelompok harus memilih satu orang untuk ditutup matanya.

6  Yang satu menjadi pemimpin yang akan memerintahka n orang ditutup matanya.

7  Kelompok harus memilih satu orang untuk ditutup matanya dan yang satu menjadi pemimpin yang akan memerintahkan orang ditutup matanya untuk berjalan dari ujung A ke ujung B. Instruksi boleh menggunakan perintah secara lisan.

8  Anggota kelompok yang lain boleh membantu seseorang yang ditutup matanya, untuk membuat dia yakin atau jangan sampai dia menabrak sesuatu.  Ketika berjalan (dua atau tiga menit) menyelesaikan, orang-orang harus merubah peran dan melakukan ulang menggunakan rute yang tidak sama.

9 2. PERGI JALAN-JALAN Jumlah Anggota: Waktu: menit Tujuan: Untuk meningkatkan konsentrasi dan ketrampilan daya ingatan. BALON TEPUNG PERMAINAN KATA PERGI JALAN-JALAN BOLA MUSIC HOME PERCAYA PADAKU

10 Langkah- Langkah : Meminta kepada kelompok untuk membentuk lingkaran dan bertepuk tangan dengan bersama- sama.

11 Meminta kepada seseorang untuk memulai dengan berkata : “aku akan pergi jalan- jalan.... dan dalam perjalanan aku membawa.... (misalnya tas, makanan dll).

12 Orang selanjutnya akan mengulangi pernyataan yang pertama dan menambah artikel yang lain.

13 Permainan berlanjut sampai semua peserta mampu menambah artikel ke dalam daftar dan dapat mengulang seluruh daftar.

14 3. BALON TEPUNG  Jumlah Anggota:  Waktu: menit  Alat-alat: Balon, Stik,Tepung,Kertas  Tujuan: Untuk meningkatkan konsentrasi dan melakukan sesuatu. BALON TEPUNG PERMAINAN KATA PERGI JALAN-JALAN BOLA MUSIC HOME PERCAYA PADAKU

15 Langkah-Langkah :  Setiap kelompok mengajukan 3-4 orang untuk melakukan permainan memukul balon yang digantung.  Setiap satu orang masing-masing kelompok berdiri disamping peserta yang memukul balon, dengan tangan menengadah keatas untuk memegang kertas yang jatuh kebawah. Apabila kertas itu tidak dapat dipegang maka peserta itu tidak mendapatkan hadiah.

16  Balon yang digantung berisi tepung, dan kertas yang ditulisi dengan kata-kata misal kata “buku” maka yang memukul balon itu akan mendapatkan buku dan apabila ada kata “coba lagi” maka peserta tidak mendapatkan apa- apa.

17  Setelah semua peserta melakukan semuannya, kata-kata yang didapatkan dari dalam balon bisa ditukarkan dengan barang.

18 4.PERMAINAN KATA Jumlah Anggota: Waktu:Fleksibel Alat-Alat: Kertas dan Pensil Tujuan: Meningkatkan konsentrasi berfikir dan menghafal kalimat dalam waktu yang telah ditentukan. Meningkatkan kerja sama dalam kelompok. BALON TEPUNG PERMAINAN KATA PERGI JALAN-JALAN BOLA MUSIC HOME PERCAYA PADAKU

19 Langkah-Langkah:  Membagi peserta menjadi 3 sampai 4 kelompok.  Meminta salah satu diantara masing-masing kelompok untuk menjadi pemimpin yang akan menjadi pemimpin kelompoknya.

20  Setelah masing- masing kelompok sudah siap, pemimpinnya didepan dan anggota yang yang lain berjajar kebelakang.

21  Masing-masing pemimpin kelompok maju kedepan untuk membaca kalimat yang telah ditulis dalam kertas dalam waktu yang terbatas. Apabila waktu membacanya sudah habis, para pemimpin kelompok kembali ke kelompoknya.

22  Para pemimpin kelompok mengestafetkan kalimat itu ke orang pertama, kemudian orang pertama mengestafetkan ke orang kedua, dan seterusnya sampai kepada anggota yang terakhir.

23  Apabila semua telah selesai, orang terakhir masing- masing kelompok yang menerima kalimat itu disuruh maju mengatakan kalimat yang dia peroleh. Kalimat yang di ucapkan orang yang terakhir apakah sama yang telah dikatakan pemimpin mereka atau tidak. Apabila kalimatnya sama yang diucapkan pemimpinya maka proses penyampaian pesan yang berhasil dan bila kalimatnya tidak sama mungkin pemimpinya kurang berkonsentrasi dalam menyimpan kalimat, dan kalimat yang salah telah beredar ke anggota yang lain.

24 5.BOLA MUSIK  Jumlah Anggota:  Waktu: Feksibel  Alat: Bola Tendang, Gawang, Kain Sarung, Tape Recorder dan Kaset Music  Tujuan: Meningkatkan saling kerja sama, membentuk team yang solid Membuat fun dan menghilangkan beban pikiran (refreshing) BALON TEPUNG PERMAINAN KATA PERGI JALAN-JALAN BOLA MUSIC HOME PERCAYA PADAKU

25 Langkah- Langkah :  Membagi kelompok menjadi 3 sampai 4 kelompok. Masing-masing kelompok membentuk ketua dalam team sepakbola.

26  Setelah team terbentuk, masing-masing team yang akan bermain sepak bola memakai sarung dalam permainannya. Peraturannya apabila ada suara musik masing-masing team yang bermain harus bergoyang dan tidak boleh menendang bola, sampai suara music berhenti baru permainan bisa dilanjutkan.Permainannya diselang selingi suara music sampai ditemukan yang mana pemenangnya.

27

28  Apabila sessi permainan pertama telah selesai, maka berlanjut dengan team kelompok yang lain, dan permainan diselang selingi dengan suara music pula.  Apabila setiap team sudah bermain, pemenangnya yang kompak dalam bermain dan bisa menghibur oarng-orang yang menonton.


Download ppt "Endar wulandari NPM 20090720183 DESAIN PELATIHAN Dosen Pengampu : Drs. Mujiyana M.Si Disusun Oleh : FAKULTAS AGAMA ISLAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TARBIYAH)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google