Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Konsep Pemikiran Bantuan Pembangunan PSU kedepan (antara impian masa lalu dan peluang/harapan) Disiapkan oleh Kabid Penyediaan Prasarana dan Sarana Rusun.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Konsep Pemikiran Bantuan Pembangunan PSU kedepan (antara impian masa lalu dan peluang/harapan) Disiapkan oleh Kabid Penyediaan Prasarana dan Sarana Rusun."— Transcript presentasi:

1 Konsep Pemikiran Bantuan Pembangunan PSU kedepan (antara impian masa lalu dan peluang/harapan) Disiapkan oleh Kabid Penyediaan Prasarana dan Sarana Rusun dan Rutak Puncak, 9 Juni 2011

2 IMPIAN MASA LALU PSU 1.Pengurang backlog rumah 2.Status asset BMN thd BMD 3.Permen 10/2007 terkait persyaratan bantuan berupa pengurangan harga rumah SOP 1.Mekanisme kontrol rumah terbangun sebagai akibat pembangunan PSU 2.Mekanisme alih asset BMN menjadi BMD 3.Mekanisme kontrol pengurangan harga rumah atau menghilangkan syarat ini

3 1.Besaran bantuan PSU harus menggambarkan jaminan jumlah rumah terbangun sebagai upaya pengurangan backlog rumah sebesar 13,5 juta (hasil Susenas 2010). 2.Pembangunan PSU menggunakan APBN, sehingga bangunan PSU merupakan BMN, terkait dengan IKMN maka perlu kejelasan status asset PSU dan rencana pengalihan menjadi MBD, dalam hal pengembang belum menyerahkan sebagian/keseluruhan PSU perumahannya. 3.Ketentuan Permenpera 10/Permen/M/2007 tentang Pedoman Bantuan Stimulan PSU Perumahan dan Permukiman terkait bantuan PSU yang harus menyebabkan penurunan harga rumah bagi MBR, perlu dipertimbangkan untuk dikaji kembali terkait beberapa permasalahan dalam pelaksanaannya, al : a. kontrol penurunan harga sulit, b. tidak dapat diterima oleh skim bank penyalur kpr, c. tidak ada rumus besaran penurunan harga, d. tidak dapat diberikan sanksi bagi penerima bantuan yang tidak melakukan penurunan harga.

4 Komponen Bantuan Stimulan PSU Bantuan Stimulan PSU yang diberikan sebagian dari salah satu atau lebih komponen : a.Jalan *); b.Drainase *); c.Air bersih; d.Pembuangan sampah; e.Jaringan listrik; f.PJU *) g.Ground reservoir dan rumah sumur pompa air minum h.Tempat parkir *) Bantuan Stimulan PSU Rusuna yang diberikan salah satu komponen: a.Tangga umum/lift dan/atau tangga darurat; b.Selasar; c.Sistem penyaluran air hujan; d.Sistem pembuangan air limbah dan/atau air kotor; e.Sistem pembuangan sampah; f. Sistem air minum; g.Sistem pemadam kebakaran; h.Penangkal petir; i.Sistem kelistrikan *) yang sudah pernah diberikan bantuan

5 PELUANG / HARAPAN 1.Perlu rumusan nomenklatur pembangunan baru dgn peningkatan kualitas : – Pembangunan baru (bantuan mulai sub base sampai lapen  jalan mantap) – Peningkatan kualitas (bantuan hanya sebagian dari tahapan jalan, dalam arti menjadikan jalan menjadi mantap dibanding sebelumnya) 2.Lokasi yang dibantu : – Sesuai siteplan yang disahkan dinas teknis. – Ada rekomendasi dari dinas teknis terkait. – Pengembang sudah melakukan PKS dengan Pemda akan menerima PSU yang akan dibantu, setelah selesai dibangun. – Prioritas pada perumahan yang dibangun berupa rumah negara, rumah khusus dengan menggunakan APBN/APBD. – Dibedakan kriteria antara perumahan yang berskala kawasan dengan perumahan berskala bukan kawasan.

6 BANTUAN PSU MEKANISME TURUN HARGA KOMPONEN MEKANISME PELAKSANAAN TURUN HARGA atau DIHAPUS SAJA PERSYARATAN INI JENIS, BESARAN, KRITERIA, SPESIFIKASI DAN BENTUK BANTUAN PEMBANGUNAN MEKANISME PELAKSANAAN PENYALURAN BANTUAN PEMBANGUNAN DGN LEBIH MELIBATKAN FUNGSI PROVINSI SOP ASSETMEKANISME IKMN, ALIH ASSET REVISI PERMENPERA 10/2007 DAN PETRMENPERA 02/ BACKLOG 13,5 JT 2.KUALITAS LINGKUNGAN 3.PENGENDALIAN oleh PEMDA OBYEK PEMBANGUNAN BARU or PENNGKATAN KUALITAS

7 Upaya Konkrit 1.Perlu revisi Permenpera 10/Permen/M/2007 jo Permenpera 02/Permen/M/ Pemberdayaan peran provinsi, kab/kota  dikaitkan PP 38/2007 dan prinsip efisiensi birokrasi. 3.Kejelasan dan perbedaan untuk bantuan skala lingkungan atau skala kawasan. 4.Penyusunan SOP yang lebih operasional, terkait komponen, kriteria, persyaratan dan mekanisme penyelenggaraan bantuan (verifikasi dll). 5.Struktur biaya konstruksi produksi untuk bisa menyusun sop terkait mekanisme persyaratan penurunan harga. 6.Kontrol untuk mekanisme monev dan wasdal pelaksanaan.

8


Download ppt "Konsep Pemikiran Bantuan Pembangunan PSU kedepan (antara impian masa lalu dan peluang/harapan) Disiapkan oleh Kabid Penyediaan Prasarana dan Sarana Rusun."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google