Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sistem Pendukung Keputusan Pengadaan Buku Perpustakaan STIKOM Surabaya Menggunakan Metode Fuzzy C-means Clustering. Catur Sugeng. P 05410100082.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sistem Pendukung Keputusan Pengadaan Buku Perpustakaan STIKOM Surabaya Menggunakan Metode Fuzzy C-means Clustering. Catur Sugeng. P 05410100082."— Transcript presentasi:

1 Sistem Pendukung Keputusan Pengadaan Buku Perpustakaan STIKOM Surabaya Menggunakan Metode Fuzzy C-means Clustering. Catur Sugeng. P

2 Latar Belakang Masalah STIKOM Surabaya merupakan salah satu sekolah tinggi yang memanfaatkan teknologi komputer untuk mendukung kegiatan operasional sehari-harinya, contohnya adalah pemanfaatan teknologi komputer dalam proses pengadaan koleksi buku di perpustakaan. Pada proses pengadaan koleksi buku baru, perpustakaan STIKOM Surabaya masih mengalami permasalahan antara lain adalah:

3 Latar Belakang Masalah 1. petugas perpustakaan belum dapat mengetahui buku apa yang paling banyak dipinjam dalam periode tertentu.

4 Latar Belakang Masalah 2. pembelian buku baru selama ini hanya berdasarkan usulan dari anggota perpustakaan yang diajukan ke kaprodi.

5 Perumusan Permasalahan 1.Bagaimana membuat aplikasi yang dapat melakukan pengelompokan kategori buku berdasarkan kategori DDC, angkatan studi mahasiswa dan transaksi peminjaman mulai 1 Januari 2011 sampai dengan 31 Desember 2011 menggunakan metode Fuzzy C- means Clustering. 2.Bagaimana membuat aplikasi yang dapat memberikan rekomendasi untuk bagian pembelian tentang buku baru yang harus dipasok ke dalam perpustakaan STIKOM Surabaya berdasarkan jumlah pinjaman.

6 Sistem informasi yang dibuat merupakan aplikasi berbasis desktop. Sistem yang dibuat tidak membahas transaksi peminjaman buku. Sistem yang dibuat hanya memberikan informasi buku pada anggota intern perpustakaan STIKOM. Data transaksi peminjaman diambil dari data yang sudah ada pada periode 1 Januari 2011 sampai dengan 31 Desember Data angkatan studi mahasiswa diambil dari angkatan Data mahasiswa diambil dari program studi Sistem Informasi. Aplikasi ini tidak menangani transaksi pembelian buku baru yang sudah pernah dipesan sebelumnya. Batasan DDC hanya sepuluh kelas utama. Batasan Masalah

7 Tujuan Membuat aplikasi yang dapat melakukan pengelompokan kategori buku berdasarkan kategori DDC, angkatan studi mahasiswa dan transaksi peminjaman mulai 1 Januari 2011 sampai dengan 31 Desember 2011 menggunakan metode Fuzzy C-means Clustering. Membuat aplikasi yang dapat memberikan rekomendasi untuk bagian pembelian tentang buku baru yang harus dipasok ke dalam perpustakaan STIKOM Surabaya berdasarkan jumlah pinjaman.

8 Flowchart Metode Fuzzy C-Means Clustering

9 System Flow Pengadaan Buku Dengan FCM

10 Kesimpulan Dari hasil uji coba di atas baik secara sistem dan manual menghasilkan data yang sama, selain itu uji coba juga dilakukan dengan menggunakan data yang sama tetapi diolah dengan nilai- nilai parameter yang berbeda dan menghasilkan pengelompokan yang berbeda pula, karena DDC pada kelompok atau cluster tertentu ada kemungkinan akan berpindah pada kelompok lain, ini menunjukkan bahwa sistem sudah berjalan dengan benar. Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Pengadaan Buku Perpustakaan STIKOM Surabaya Menggunakan Metode Fuzzy C-Means Clustering mampu menghasilkan output berupa data- data DDC yang sudah dikelompokkan berdasarkan cluster- cluster yang terbentuk serta memberikan informasi tahun angkatan terbanyak yang melakukan transaksi peminjaman pada cluster-cluster tersebut.

11 TERIMAKASIH


Download ppt "Sistem Pendukung Keputusan Pengadaan Buku Perpustakaan STIKOM Surabaya Menggunakan Metode Fuzzy C-means Clustering. Catur Sugeng. P 05410100082."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google