Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DILEMA IPTEK. Pengertian Transkultural Pengertian Transkultural. Bila ditinjau dari makna kata, transkultural berasal dari kata trans dan culture,Trans.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DILEMA IPTEK. Pengertian Transkultural Pengertian Transkultural. Bila ditinjau dari makna kata, transkultural berasal dari kata trans dan culture,Trans."— Transcript presentasi:

1 DILEMA IPTEK

2 Pengertian Transkultural Pengertian Transkultural. Bila ditinjau dari makna kata, transkultural berasal dari kata trans dan culture,Trans berarti aluar perpindahan, jalan lintas atau penghubung. Menurut KamusBesar Bahasa Indonesia; trans berarti melintang, melintas, menembus, melalui.Cultur berarti budaya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia kultur berarti :- kebudayaan, cara pemeliharaan, pembudidayaan.- Kepercayaan, nilai –nilai dan pola perilaku yang umum berlaku bagi suatukelompok dan diteruskan pada generasi berikutnya, sedangkan cultural berarti :Sesuatu yang berkaitan dengan kebudayaan.

3 Menurut KamusBesar Bahasa Indonesia; trans berarti melintang, melintas, menembus, melalui.Cultur berarti budaya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia kultur berarti :- kebudayaan, cara pemeliharaan, pembudidayaan.- Kepercayaan, nilai –nilai dan pola perilaku yang umum berlaku bagi suatukelompok dan diteruskan pada generasi berikutnya, sedangkan cultural berarti :Sesuatu yang berkaitan dengan kebudayaan.

4 Budaya sendiri berarti : akal budi, hasil dan adat istiadat.Dan kebudayaan berarti : - Hasil kegiatan dan penciptaan batin ( akal budi )manusia seperti kepercayaan, kesenian dan adat istiadat. - Keseluruhanpengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang digunakan untuk menjadipedoman tingkah lakunya

5 Transkultural dapat diartikan sebagai : Lintas budaya yang mempunyai efek bahwa budaya yang satu mempengaruhi budaya yang mempengaruhi budaya lain Nilai budaya yang berbeda melalui proses interaksisosial- Transcultural Nursing merupakan suatu area kajian ilmiah yang berkaitandengan perbedaan maupun kesamaan nilai Nilai budaya ( nilai budaya yang berbeda, ras, yang mempengaruhi pada seorang perawat saat melakukan asuhankeperawatan kepada klien / pasien ). Menurut Leininger ( 1991 ).

6 Definisi IPTEK dan Perkembangannya Seperti yang kita ketahui, teknologi kini telah merembes dalam kehidupankebanyakan manusia bahkan dari kalangan atas menengah ke bawah sekalipun.Dimana upaya tersebut merupakan cara atau jalan di dalam mewujudkankesejahteraan dan peningkatan harkat martabat manusia.Atas dasar kreatifitas akalnya, manusia mengembangkan IPTEK dalam rangka untuk mengolah SDA yang di berikan oleh Tuhan YME. Dimana dalampengembangan IPTEK harus di dasarkan terhadap moral dan kemanusiaan yang adil dan beradab, agar semua masyarakat mengecam IPTEK secara merata.Di satu sisi telah terjadi perkembangan yang sangat baik sekali di aspek kesehatan yang banyak di temukan alat-alat seperti :

7 Iptek dalam kesehatan ENDOSCOPY, MAGNETIC RESSONACE IMAGI NG (MRI), TERMOGRAFI, PULSE OXYMETRY, X-RAY (SINAR X), CT-SCAN(COMPUTERIZED TOMOGRAPHY SCANNING), PET (Positron EmissionTomography), FETAL ECG, ELECTRO MYOGRAPH (EMG), ELECTROENCEPHALOGRAPHY (EEG): PENGUKURAN KELISTRIKAN PADA JARINGANOTAK, DLL.

8 Definisi Dilema Iptek dalam Transkultural Ilmu atau ilmu pengetahuan adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia.manusia Segi-segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan- rumusan yang pasti. Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmudiperoleh dari keterbatasannya.

9 Teknologi adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis; ilmupengetahuan terapan atau dapat pula diterjemahkan sebagai keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yg diperlukan bagi kelangsungandan kenyamanan hidup manusia. Sebagian beranggapan teknologi adalahbarang atau sesuatu yang baru.

10 Nilai budaya yang berbeda melalui proses interaksi sosial, Transcultural Nursingmerupakan suatu area kajian ilmiah yang berkaitan dengan perbedaan maupun kesamaan nilai Nilai budaya ( nilai budaya yang berbeda, ras, yangmempengaruhi pada seorang perawat saat melakukan asuhan keperawatankepada klien / pasien ). Menurut Leininger ( 1991 )

11 Dampak IPTEK dalam Kesehatan Dampak Positif Perkembangan Teknologi Terhadap KesehatanPerkembangan teknologi dapat membuka banyak lapanganpekerjaan baru,sehingga sumber daya manusia dapat berperan,baik tenaga maupun pikiran. Perkembangan teknologi mempunyai dampak positif,yaitu terpenuhinya kebutuhan manusia akan kemakmuran materi,kemudahan serta manusia dapat mendayagunakan sumber daya alam lebih efektif dan efisien. Manusia dapat mengubah sistemtransformasi dan komunikasi sehingga menimbulkan kemudahan.Untuk usaha ini diperlukan tenaga dan pikiran manusia atau dengankata lain akan tercipta lapangan baru.

12 Teknologi yang semakin berkembang menuntut sebuah realisasi yang berdampak positif terhadap kehidupan manusia khusunya dibidang kesehatan. Seiring pesatnya perkembangan teknologi para pendahulu telah berussaha untuk menyempurnakan apa yang telah dan akan diciptakan demi kesejahteraan manusia. Beberapa yang telahdiciptakannya kini dapat kita rassakan sedemikian rupa. Hal inilah yang dianggap sebagai hal yang dinilai berdampak positif terhadap kehidupan manusia terutama di bidang kesehatan.

13 Beberapa yang kita ketahui dan lazim kita gunakan dalamkehidupan sehari-hari. Ditemukannya mikroskop, sinar-X, antibiotik, obat-obat bius,transplantasi vaksinasi bidang kedokteran dan pengobatan dalamrangka peningkatan kesehatan masyarakat telah maju denganpesat. Penemuan dalam bidang-bidang tersebut telah membebaskan manusia dari bahaya maut, akibat penyebaran wabah penyakit yang mengerikan seperticacar, pes, malaria,TBC, tumor, kanker, dan lain-lain.b. Ditemukannya alat-alat pengganti organ tubuh manusia yangtelah rusak. Misalnya mata (baik mata buatan maupun donor mata), ginjal dan jantung

14 Diketemukannya keahlian dalam bidang operasi plastik,sehingga hidung yang pesek dapat menjadi mancung, dan lain-lain. Diketemukannya tata menu makan setiap hari. Dengan diketemukannya cara ini, sebagian besar masyarakat telah mengatur menu makan dengan zat vitamin sehingga dapat memperlambat keausan setiap organ tubuh manusia dengan begitu akan memberi kesempatan untuk lebih lam

15 Diketemukannya peralatan untuk mengolah sampah dan limbahsehingga sampah dan limbah tidak lagi mengganggukelangsungan hidup manusia.Sehingga dengan bukti-bukti tersebut maka perkembanganteknologi dapat dianggap memiliki banyak dampak positif yangmeluas dan berlaku secara umum di masyarakat. Dengan adanyaperkembangan teknologi seperti ini, berbagai upaya pencegahan danpemberantasan terhadap kemungkinan penyakit yang dapatmenyerang manusia seketika. Menurut penelitian penyakit menulardapat disebabkan oleh bakteri, cacing dan jamur. Denganmenggunakan mikroskop elektron dapat diketahui prosesperkembangbiakan suatu bakteri.

16 Usaha pemberantasan penyakit menular dengan beberapa cara diantaranya 1. Melokalisasi dan memberikan pengobatan yang tuntas terhadappenderita penyakit menular. 2. Dengan teknologi dan faslitas pengobatan yang memadai dapatdigunakan untuk memberantas penyakit menular

17 Dampak Negatif Perkembangan Teknologi Terhadap Kesehatan Kemampuan teknologi dalam mengatasi berbagai permasalahan kesehatan tidak menutup kemungkinan juga akan menimbulkan dampak negatif. Yaitu timbulnya penyakit-penyakit baru, baik langsung maupuntidak langsung

18 a. Efek Radiasi yang Berpotensi Menghasilkan Penyakit Baru b. Efek Ketergantungan c. Kesalahan Persepsi Diyakini Oleh Masyarakat d. Proses Publikasi Perangkat Kesehatan yang Tidak Tepat e. Kerahasiaan Seseorang Tidak Terjamin f. Terganggunya Syaraf g. Repetitive Strain Injury (RSI)

19 a. Efek Radiasi yang Berpotensi Menghasilkan Penyakit Baru Salah satu contoh: adalah penyakit kanker yang kita ketahuibersama bahwa hingga saat ini penyakit tersebut belum memilikiobat yang bisa mendeteksi hingga tercapainya suatu kesembuhanyang sempurna bagi para penderitanya.

20 b. Efek Ketergantungan Teknologi yang kian berkembang juga dapat menimbulkantimbal balik yang bersifat begatif seperti sifat ketergantungan. Para pengkonsumsi obat antibiotik yang banyak beredar di masyarakat ternyata tidak semata-mata hanya mengurangi keluhan yang ada tetapi juga menimbulkan ketergantungan dengan intensitas yang berbeda-beda dari masing-masing jenis antibiotik. Tidak hanyasampai pada hal tersebut, akan tetapi timbul suatu kemungkian yang menyebabkan penyakit tersebut memiliki tingkat kekebalan terhadap antibiotik tertentu

21 c. Kesalahan Persepsi Diyakini Oleh Masyarakat Efek negatif yang juga dapat timbul karena kesalahan dari persepsi masyarakat dalam mengkaji suatu pengetahuan yang dia dapatkan. Salah satu contoh yang terjadi di kalangan masyarakat adalah maraknya keinginan para penikmat kolesterol berlebih. Mereka memiliki anggapan yang mengatakan bahwa untuk mngurangi berat badan maka salah satu hal yang harus dilakukan adalah mengurangi jumlah porsi serta kuantitas makanan yangdikonsumsi. Dengan tidak mengkonsumsi nasi dibeberapa periode tertentu serta menggantikannya dengan makanan yang memiliki kadar karbohidrat yang lebih rendah.

22 d. Proses Publikasi Perangkat Kesehatan yang Tidak Tepat. Sebuah kalkulator online yang dikembangkan periset umur panjang di Sekolah Kedokteran Harvard dan Pusat KedokteranBoston yang dialamatkanwww.livingto100. com, di publikasikan begitu saja kepada masyarakat. Hal ini akan membawa dampak buruk terhadap masyarakat yang meyakini bahwa hasil perhitungankalkulator tersebut benar adanya. Maka secara psikologis akanmempengaruhi harapan untuk tetap hidup sejahtera. Berbahagia bagimereka yang tercatat memiliki umur yang panjang, tidak bagi yangtercatat sebaliknya.

23 e. Kerahasiaan Seseorang Tidak Terjamin Majunya peradaban teknologi juga tidak menjamin bahwapenggunanya merasa aman atau terlindungi terhadap sesuatu yangberhubungan dengan privasi. Sekarang telah diciptakan pula perangkat lunak yang bisa mengukur risiko kanker payudara bagi wanita. Pasien bisa mengirim untuk meminta rekaman medik ke dokter. Namun hal ini masih dinilai memiliki permaslahan yang kaitannya dengan privasi pasien dan keamanan data tersebut

24 f. Terganggunya Syaraf SaraF manusia merupakan organ vital yang perlu dilindungi.Namun teknologi juga menunjukkan indikasi bahwa dalam hal ini berbahaya bagi stabilitas syaraf. Slah satu contoh printer yang menggunakan sistim buble jet kebisingannya relatif lebih rendah bila dibandingkan dengan printer sistim dot matrix. Saat ini printer yang paling rendah kebisingannya adalah sistim laser printer. Kebisingan yang tinggi dapat mempengaruhi syaraf manusia dan hal ini dapat berakibat pada kelelahan maupun rasa nyeri. Adapun batas kebisingan yang diizinkan untuk bekerja selama kurang dari 8 jamper hari adalah 80 dB. Sedangkan ruang kerja yang ideal adalah dengan kebisingan sekitar dB. Apabila di dalam ruang kerja terdapat mesin pendingin (AC), maka kebisingan akan bertambah selain dari suara printer

25 g.Repetitive Strain Injury (RSI) RSI merupakan sebuah terminologi yang mengacu padabeberapa variasi keluhan kerangka otot (musculoskeletal). Inimenyangkut keluhan yang dikenal dengan sakit urat otot. RSI meliputi gangguan lengan atas berkaitan dengan kerja (Work-Related Upper Limb Disorders) dan luka penggunaan berlebihanyang berhubungan dengan kerja (Occupational Overuse Injuries). Keluhan ini terutama diderita oleh para pekerja dengan posisi duduk yang statis saat menggunakan komputer atau menggunakan gerakantangan yang berulang (repetitive) setiap hari, beban kerja yang statis(seperti menggenggam mouse), membiarkan lengan membengkok,dan sejenisnya dalam waktu yang cukup lama. Ini akan bertambah buruk jika tempat kerja tidak didesain secara ergonomis, misalnya posisi keyboard dan layar monitor yang terlalu tinggi atau terlampau rendah, kursi tidak menopang badan untuk duduk tegak, dan sebagainya. Hal ini akan semakin parah bila ditambah lingkungan kerja yang kurang bergerak, kurang istirahat, mengandung stress tinggi dengan deadline dan laporan rutin serta lainnya. Apalagi jika Anda perokok, menderita kegemukan (obesitas), lemah otot, memilikitangan yang terasa dingin serta kurang berolah raga. Gejala awal RSI dapat muncul pada berbagai tempat dari pangkal lengan hingga keujung tangan. Gejala yang menjadi tanda peringatan menyangkut:

26 Gejala yang menjadi tanda peringatan menyangkut a. Kesulitan membuka dan menutup tangan b. Otot tangan terasa kaku (misalnya hingga kesulitan mengancingbaju) c. Kesulitan menggunakan tangan (untuk membalik halaman buku,memutar tombol atau bahkan memegang mug) d. Bangun dengan rasa sakit di pergelangan tangan atau mati rasadi tangan, terutama di awal pagi hari e. Tangan terasa dingin f. Tangan gemetar (tremor) g. Tangan terasa canggung, bergetar atau bahkan mati rasa

27 Kesimpulan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi merupakan usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia tidak terkecuali dalam dunia keperawatan.Perawat di era modern juga harus mempunyai pengetahuan tentang ilmu pengetahuan yang berkembang dalam dunia kesehatan manusia

28 Saran Perawat sebagai tenaga kesehatan di era modern hendaknya megetahui, mampu menyelidiki dan meningkatkan pemahaman tentang ilmu teknologi terutama dalam bidang kedokteran dan kesehatan agar perawat dapat menjadi mitra yang baik bgi para dokter.


Download ppt "DILEMA IPTEK. Pengertian Transkultural Pengertian Transkultural. Bila ditinjau dari makna kata, transkultural berasal dari kata trans dan culture,Trans."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google