Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Musik. ACEH PENDAHULUAN DAN LATAR BELAKANG CIRI ALAT MUSIK VIDEO.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Musik. ACEH PENDAHULUAN DAN LATAR BELAKANG CIRI ALAT MUSIK VIDEO."— Transcript presentasi:

1 Musik

2 ACEH PENDAHULUAN DAN LATAR BELAKANG CIRI ALAT MUSIK VIDEO

3 Pendahuluan dan Latar Belakang MASYARAKAT ACEH PEMELUK AGAMA ISLAM YANG TAAT HAMPIR SEMUA PENDUDUK ASLI BERAGAMA ISLAM SERAMBI MEKAH

4 Pendahuluan dan Latar Belakang Kehidupan keagamaan terlihat adanya meunasah (sekolah) dan  meusujid (mesjid) yang terdapat di setiap kampung. Ini semua di sebabkan dengan kedatangan kerajaan islam pada zaman dahulu. Karena itu kesenian Aceh juga di pengaruhi oleh agama islam, karna kesenian aceh harus sesuai dengan peraturan islam

5 ACEH DAERAH YANG KAYA AKAN KEBUDAYAAN SEMENJAK ADANYA KERAJAAN- KERAJAAN KECIL DIMASA SILAM SAMPAI SEKARANG MEMPUNYAI BEBERAPA MACAM SENI SEPERTI SENI MUSIK MUSIK TRADISIONAL TETAP DIPELIHARA UNSUR LUAR MASUK KEBUDAYAAN ACEH BISA MENGHILANG DARI MASYARAKAT Back

6 Aliran musik yang merupakan pengaruh dari musik Islam karena Aceh merupakan provinsi yang beragama mayoritas Islam. Aceh juga merupakan awal dari pengIslam-an di Indonesia. Fungsi iringan musik : 1. Sebagai upacara adat 2. Sebagai hiburan 3. Sebagai mengiringi lagu/nyanyian 4. Sebagai aransemen dan remix pada suatu lagu 5. Sebagai pengembang peminat musik tradisional 6. Sebagai iringan lagu islami Back

7 Arbab Serune Kalee Bangsi Alas Taktok Trieng Geundrang Rapai Canang Tambo Bereguh Celempong

8 Arbab Alat musik arbab ini dibuat dari tempurung kelapa, kulit kambing, kayu dan dawai, sementara busur penggeseknya terbuat dari kayu, rotan atau serat tumbuhan. Terdiri dari 2 bagian, yaitu instrumen induk yang disebut arbab dan penggeseknya yang disebut dengan Go Arbab. Arbab

9 Serune kalee Serune Kalee adalah terompet khas Aceh dengan dengan struktur bentuk mirip klarinet. Serune Kalee biasa dimainkan sebagai instrumen utama dalam sebuah pertunjukan musik tradisi di Aceh, diiringi geundrang, rapai, dan sejumlah instrumen tradisional lainnya. SERUNE KALEE

10 Bangsi Alas Bangsi adalah alat musik tradisional aceh yang terbuat dari bahan bambu yang merupakan alat musik tiup. Bangsi banyak ditemukan di daerah Alas, Aceh Tenggara BANGSI ALAS

11 Taktok trieng Taktok trieng termasuk salah satu alat musik tradisional Aceh yang dimainkan dengan cara dipukul. Taktok trieng

12 GEUNDRAMG Geundrang termasuk jenis alat musik yang dibunyikan dengan cara dipukul baik dengan menggunakan tangan atau memakai kayu pemukul. Geundrang

13 RAPAIRAPAI Alat musik tradisional Rapai merupakan alat musik yang dibunyikan dengan cara dipukul. Dalam pertunjukannya, alat musik rapai ini dimainkan oleh 8 sampai 12 orang pemain yang disebut awak rapai. Alat musik Rapai ini berfungsi untuk mengatur tempo dan tingkahan- tingkahan.

14 CANANG Canang terbuat dari kuningan dan bentuknya menyerupai gong. Hampir semua daerah di Aceh terdapat alat musik canang dan masing-masing memiliki pengertian dan fungsi yang berbeda- beda pula.canang

15 tamboTambo Alat musik Tambo merupakan alat musik yang berasal dari Nanggroe Aceh Darussalam. Cara penggunaan alat ini sama seperti Tambur yaitu dengan cara dipukul. Dulunya alat tradisional tersebut dipakai sebagai tanda saat memasuki waktu shalat fardhu

16 BereguhBereguh Bereguh adalah instrument / alat musik tiup tradisional yang terbuat dari tanduk kerbau. Instrumen ini umumnya tidak digunakan untuk bermain musik, melainkan dimanfaatkan sebagai alat komunikasi antara dua atau beberapa orang yang terletak berjauhan, biasanya di hutan.

17 Celempong Celempong adalah alat musik tradisional Aceh dengan prinsip kerja mirip seperi Saron. Hanya saja, instrumen ini terbuat dari kayu, dan tidak tersusun paten dalam satu kerangka, melainkan terpisah lembar demi lembar, dan hanya disusun ketika akan dimainkan, yakni di atas pangkuan.celempong

18 Video Lagu Aceh Back [Kumpulan Lagu Anak] - Bungong Jeumpa (Aceh) [Kumpulan Lagu Anak] - Bungong Jeumpa (Aceh) LAGU ACEH -Saweu Pusara

19 BATAK PENDAHULUAN DAN LATAR BELAKANG CIRI MUSIK ALAT MUSIK VIDEO

20 Pendahuluan dan Latar Belakang Dikenal sebagai masyarakat pecinta seni dan musik Kesenian orang Batak Toba sendiri cukup beragam mulai dari tarian, alat musik dan jenis-jenis nyanian Hampir semua sub suku memiliki jenis kesenian yang unik dan berbeda dari sub suku lainnya

21 Kalau kita pikir tentang musik Batak, apakah itu yang timbul dalam akal kita? Dalam kota besar seperti Medan, jawabnya hampir selalu terkait dengan musik pop Batak seperti musik trio vokal yang biasanya bisa didengar di pesta kawin, siaran radio musik Batak, Karaoke.

22 Judika Sihotang bangga menjadi orang Batak. Penyanyi jebolan Indonesia Idol itu tidak malu berasal dari Sumatra Utara dan mengakui marganya. Baginya justru orang Tapanuli itu banyak memiliki kelebihan, terutama dalam urusan seni budaya. Judika: Orang Tapanuli Punya Kelebihan di Seni Back

23 Ciri-Ciri Musik Batak Musik tradisi Batak Toba memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Adapun keunikan yang dapat jelas disaksikan dan didengarkan adalah bahwa musik tradisi Batak Toba di dalam penyajiannya termasuk dalam musik yang polymelodi. Back

24 Polymelodi artinya bahwa instrumen musik yang terdapat di dalam musik tradisi Batak Toba semuanya membawakan melodi utama (hanya instrumen melodis) akan tetapi sesuai dengan karakter dari masing-masing alat musik yang membawakan melodi lagu tersebut. Sehingga hasil dari perpaduan melodi dari beberapa instrumen tersebut menjadi ciri khas dari musik tradisi Batak Toba.

25 Alat-Alat Musik Batak Idiofon Alat musik dengan karakter dimana badannya sendiri yang menghasilkan bunyi utama Alat musik yang suaranya dihasilkan akibat getaran senar atau dawai Alat musik yang menghasilkan bunyi dari getaran membran atau kulit Alat musik yang menghasilkan bunyi akibat getaran udara Membranofon Kordofon Aerofon

26 Idiofon Oloan Ihutan Panggora Doal Hesek Garantung

27 oloan Oloan ini terbuat dari bahan metal/perunggu dengan sistem cetak. Oloan dipukul pencunya dengan stick yang terbuat dari kayu dan pangkal ujungnya dilapisi dengan kain atau karet. Gung oloan selalu diikuti oleh gung ihutan dengan ritem yang sama, namun tidak akan pernah jatuh pada ritem yang sama (canon ritmik). oloan

28 Seperti sudah dijelaskan di Idofon, bahwa Ihutan juga adalah merupakan gung berpencu yang digunakan dalam satu ensambel dengan tiga gung lainnya. Yang membedakannya dengan gong lainnya adalah ukurannya, bunyi, dan teknik permainannya.Ihutanihutan

29 panggoraPanggora Panggora juga adalah satu buah gong yang berpencu yang dimainkan oleh satu orang. Bunyi dari gung ini adalah ‘ pok’. Bunyi ini timbul adalah karena gong ini dimainkan dengan memukul pencunya dengan stick sambil berdiri dan sisi gong tersebut dimute(diredam) dengan tangan. Gong ini adalah gong yang paling besar dinatara keempat gong yang ada.

30 doaldoal Doal juga adalah gong berpencu yang dimainkan secara bersahut- sahutan dengan panggora dengan bunyi secara onomatopenya adalah kel sehingga apabila dimainkan secara bersamaan dengan gong panggora akan kedengaran pok – kel – pok – kel dan seterusnya dengan ritem yang tidak berubah-ubah sampai kompisisi sebuah gondang (lagu) habis.

31 hesek Hesek adalah instrumen musik pembawa tempo utama dalam ensambel musik gondang sabangunan. Hesek ini merupakan alat musik perkusi konkusi. Hesek ini terbuat dari bahan metal yang terdiri dari dua buah dengan bentuk sama, yaitu seperti cymbal, namun ukurannya relatif jauh lebih kecil hesek

32 garantung Garantung adalah jenis pukul yang terbuat dari xylophone yang terbuat dari kayu ingol dan dosi. Garantung terdiri dari 7 wilahan yang digantungkan di atas sebuah kotak yang sekaligus sebagai resonatornya. (do-si) garantung

33 Membranofon Gordang Taganing Odap

34 gordang Gendang Batak Toba sering sekali disebut orang gordang atau taganing. Gendang Toba adalah salah satunya gendang yang melodis yang terdapat di Indonesia Secara pintas gordang taganing adalah dianggap satu set karena bentuknya juga hampir sama, hanya saja dibedakan ukuran, letaknya juga dalam ensambel adalah dalam satu rak (hanger) yang sama.gonrang

35 taganing Taganing adalah drum set melodis (drum-chime), yaitu terdiri dari lima buah gendang yang gantungkan dalam sebuah rak. Bentuknya sama dengan gordang, hanya ukurannya bermacam- macam. Yang paling besar adalah gendang paling kanan, dan semakin ke kiri ukurannya semakin kecil. Nadanya juga demikian, semakin ke kiri semakin tinggi nadanya taganing

36 Gordang Taganing

37 odapodap Odap adalah gendang dua sisi berbentuk konis. Cara memainkannya adalah, bagian gendang dijepit dengan kaki, lalu dipukul dengan alat pemukul, sehingga bunyinya menghasilkan suara dap…, dap…, dap…, dan seterusnya.

38 Aerofon Sarune Bolon Sarune Bulu Sulim Ole-ole Sordam Talatoat Balobat Tulila

39 Sarune bolon Sarune bolon adalah Alat musik tiup yang paling besar yang terdapat pada masyarakat Toba. Alat musik ini digunakan dalam ensambel musik yang paling besar juga, yaitu gondang bolon (artinya : ensambel besar). Sarune bolon dalam ensambel berfungsi sebagai pembawa melodi utama. Pemainnya disebut parsarune.

40 Sarune bulu Sarune bulu (sarune bambu) seperti namanya adalah sarune (aerophone-single reed, seperti Clarinet) terbuat dari bahan bambu. Bambu ini dibuat lobang 5 biji dengan ukuran yang berbeda-beda. Pada pangkal ujung yang satu diletakkan lidah (reed) dari bambu yang dicungkil sebagian badannya untuk dijadikan alat penggetar bunyi.

41 Sulimsulim Sulim adalah alat musik tiup yang terbuat dari bambu seperti seruling atau suling. Sulim ini panjangnya berbeda-beda tergantung nada dasar yang mau dihasilkan. Sulim ini mempunyai 6 lobang nada dengan jarak antara satu lobang nada dengan lobang nada lainnya dilakukan berdasarkan pengukuran- pengukuran tradisional

42 Ole-oleOle-ole Ole-ole adalah alat musik tiup yang sebenarnya termasuk ke dalam jenis alat musik bersifat solo instrumen. Alat musik ini terbuat dari satu ruas batang padi dan pada pangkal ujung dekat ruasnya dipecah-pecah sedemikian rupa, sehingga pecahan batang ini menjadi alat penggetar udara sebagai penghasil bunyi

43 Sordam Talatoat Balboat Tulila

44 Kordofon a. Hasapi b. Sidideng (Arbab) c. Panggepeng d. Saga-saga Back

45 Video Lagu Batak Viky Sianipar - Sik Sik Sibatumanikam BATAK SONG Sik Sik Si Batu Manikkam by KOREAN CHOIR BATAK SONG Sik Sik Si Batu Manikkam by KOREAN CHOIR Back


Download ppt "Musik. ACEH PENDAHULUAN DAN LATAR BELAKANG CIRI ALAT MUSIK VIDEO."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google