Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Distribusi Binomial.  Distribusi Hipergeometrik  Distribusi Poisson.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Distribusi Binomial.  Distribusi Hipergeometrik  Distribusi Poisson."— Transcript presentasi:

1  Distribusi Binomial.  Distribusi Hipergeometrik  Distribusi Poisson.

2 1. Pengertian dan Ciri-ciri Distribusi Binomial. Distribusi Binomial adalah suatu distribusi teoretis yang menggunakan variabel random diskrit yang terdiri dari dua kejadian yang berkomplemen. Misal : Ya-tidak, Sukses-Gagal, Kepala-Ekor, Baik-Buruk.

3  Setiap percobaan hanya memiliki dua peristiwa.  Probabilitas satu peristiwa adalah tetap, tidak berubah setiap percobaan.  Percobaannya bersifat independen, artinya peristiwa dari suatu percobaan tidak mempengaruhi dalam percobaan lainnya.  Jumlah percobaan yang merupakan komponen percobaan binomial harus tertentu.

4 Seorang mahasiswa menghadapi 6 pertanyaan pilihan berganda, setiap pertanyaan memiliki 5 alternatif jawaban. Jika dalam menjawab pertanyaan, mahasiswa tersebut berspekulasi, maka probabilitas menjawab pertanyaan adalah : - menjawab benar, P(B) = 1/5 - menjawab salah, P(S) = 1 – 1/5 = 4/5

5 Probabilitas suatu peristiwa dapat dihitung dengan mengalikan kombinasi susunan dengan probabilitas salah satu susunan. P(X = x) = b (x ; n, p ) = n C x. p x. q n-x dimana : n C x = koefisien binomial x = banyaknya peristiwa sukses. n = banyaknya percobaan. p = probabilitas peristiwa sukses q = 1 – p ( probabilitas peristiwa gagal)

6 Sebuah dadu dilemparkan ke atas sebanyak 4 kali. Tentukan probabilitas dari peristiwa berikut : a. Mata dadu 5 muncul 1 kali. b. Mata dadu genap muncul 2 kali. c. Mata dadu 2 dan 6 muncul 4 kali.

7 Probabilitas binomial kumulatif adalah probabilitas dari peristiwa binomial lebih dari satu sukses.

8 Sebanyak mahasiswa akan mengikuti ujian sarjana dan diperkirakan probabilitas kelulusannya adalah 0,7. Hitunglah probabilitas : a. paling banyak 2 orang lulus. b. yang akan lulus antara 2 sampai 3 orang. c. paling sedikit 4 di antaranya lulus.

9  Rata-rata (  ) = n. p  Varians (  2 ) = n. p. q  Simpangan Baku (  ) =

10  Distribusi Poisson termasuk distribusi teoretis yang memakai variabel random diskrit.  Distribusi Poisson adalah distribusi nilai-nilai bagi suatu variabel random X, yaitu banyaknya percobaan yang terjadi dalam suatu interval waktu tertentu atau di suatu daerah tertentu.

11 Dimana : = rata-rata distribusi = 0, 1, 2, 3, …. e= konstanta 2, 71828

12  Rata-rata: E(X) =  = = n. p  Varians: E(X - ) 2 =  2 = n. P  Simpangan Baku :  =  n. p

13 1. Pengertian Distribusi Hipergeometrik. Distribusi hipergeometrik juga termasuk distribusi teoretis yang menggunakan variabel diskrit dengan 2 kejadian yang berkomplemen, seperti distribusi binomial.

14 Perbedaan utama antara distribusi binomial dan distribusi hipergeometrik adalah :  Pada distribusi binomial pengambilan sampel dilakukan dengan pengembalian.  Pada distribusi hipergeometrik pengambilan sampel dilakukan tanpa pengembalian.

15 p(x)= probabilitas x sukses dalam n percobaan n = jumlah percobaan N = jumlah elemen dalam populasi r = jumlah elemen dalam populasi yang sukses

16 Dari penelitian golongan darah mahasiswa pada sebuah universitas, diketahui bahwa dari 10 mahasiswa terdapat: 2 mahasiswa bergolongan darah A, 5 mahasiswa bergolongan darah B, 3 mahasiswa bergolongan darah O. Apabila diambil 5 orang mahasiswa, berapa probabilitas 1 orang bergolongan darah A, 2 orang B dan 2 orang O.


Download ppt " Distribusi Binomial.  Distribusi Hipergeometrik  Distribusi Poisson."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google