Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PAROKI ST. FRANSISKUS ASISI, TEBET. TUHAN MELINDUNGI ORANG YANG TAKWA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PAROKI ST. FRANSISKUS ASISI, TEBET. TUHAN MELINDUNGI ORANG YANG TAKWA."— Transcript presentasi:

1 PAROKI ST. FRANSISKUS ASISI, TEBET

2 TUHAN MELINDUNGI ORANG YANG TAKWA

3

4  (Taurat: KKIBU).  Deuteronomis: Yosua, Hakim-hakim, 1-2 Samuel, 1-2 Raja-raja.  Tawarikh: 1-2 Tawarikh, Ezra-Nehemia.  Makabe: 1-2 Makabe.  Kitab-kitab kecil (berdiri sendiri-sendiri): Rut, Ester, Tobit, Yudit.

5  Sejarah: tidak boleh dimengerti secara modern – sarana mengajar, menyampaikan pandangan teologis – disebut “sejarah yang mengajar” – fokus pada “mengajar”, bukan “sejarah  Kitab sejarah: kitab pengajaran yang berbentuk narasi/kisah-kisah.

6

7  Berkisah tentang Tobit, orang Israel dari suku Naftali, yang diangkut ke Niniwe ketika Kerajaan Israel (Utara) diserbu Asyur.  Keluarga Tobit berhasil di pembuangan, namun kemudian mengalami penderitaan.  Diceritakan pula tentang Sara, putri Raguel, yang mengalami hal yang sama.  Apa yang kemudian terjadi dengan orang- orang takwa yang menderita itu?

8  Tob. 1:2 Pembuangan itu dilakukan oleh Tiglat-pileser (2Raj. 15:29).  Tob. 1:15 Putra Salmaneser adalah Sargon II.  Tob. 5:6 Ekbatana-Ragai 200 km.

9  Bentuk: kisah religius untuk pengajaran dan pendidikan tingkah laku.  Pengaruh Ulangan sangat besar: Ul. 30:1-4; Tob. 14:5-6.  Tekanan: kebijaksanaan dan praksis kehidupan religius sehari-hari (contoh: doa dan derma).  Waktu penulisan: 300 SM.

10

11  Tob. 1:3-4.  Tobit: orang yang saleh dan bapak keluarga yang baik – ia memiliki hubungan yang baik pula dengan sesama dan suka membantu orang yang menderita – ia hidup di tanah pembuangan (Niniwe).

12  Pandangan Ulangan: pembuangan adalah hukuman.  Dosa orang Utara: memisahkan diri dari Daud dan meninggalkan Bait Allah.

13  Tob. 1:  Tobit tetap mengupayakan kesalehan di tanah asing secara konkret.  Tob. 1:  Karena itu mendapat berkat berlimpah berupa kedudukan di istana raja.

14  Tob. 1:  Kemalangan mulai mendatangi Tobit.  Tob. 2:9-10.  Puncaknya, Tobit buta dan tak tersembuhkan.

15  Tob. 3:7-10.  Sara, putri Raguel, juga sedang mengalami penderitaan.  Seperti Tobit, Sara mengalami penderitaan yang aneh.  Bedanya, Sara belum bersikap dewasa.  Itu karena latar belakang masyarakat yang bersikap diskriminatif terhadap perempuan.

16  Doa Tobit (Tob. 3:2-6).  Doa Sara (Tob. 3: 11-15).  Keluhan bernada frustrasi dan putus asa.  Ditujukan kepada Allah yang diimani selalu setia dan menepati janji-Nya.  Yakin bahwa kebajikan akan membuahkan kemuliaan, sekalipun harus melalui penderitaan.  Pasrah kepada Tuhan yang setia

17  Tob. 3:  Dua insan lemah berada di tangan Allah yang mahakuasa.  Dua drama yang berdiri sendiri, tapi Allah lalu menjalinnya menjadi kisah yang indah dan berhubungan – dengan perantaraan Tobia dan Malaikat Rafael.

18  Nasihat & perintah Tobit kepada Tobia: agar hidup secara saleh (4:5-7) – mengambil uang yang dititipkan (4:20-21).  Malaikat Rafael muncul: Tobia tidak tahu bahwa Rafael adalah malaikat (5:4) – Rafael mendampingi Tobia dan mengarahkannya pada keluarga Raguel (6:15).  Obat bagi Tobit dan Sara ditemukan: 6:1-8.

19  Pemulihan Sara: 8:1-4.  Pemulihan Tobit: 11:10-13.

20

21  Tujuan kitab Tobit: membina kesetiaan pada Tuhan, meski dalam situasi sulit.  Tobit dan Sara sebagai teladan iman: mereka adalah orang-orang saleh – mereka berada dalam situasi sulit dan Allah terkesan tak peduli – namun mereka tetap bertahan dalam iman – dan akhirnya diselamatkan.

22  Ajaran: hidup mesti dijalani dengan iman dan ketabahan – penyelenggaraan Allah sulit dipahami – tapi Dia itu baik – setialah kepada-Nya – jangan terpengaruh pada dewa-dewi bangsa asing.  Sejalan: Daniel.  Dalam penafsiran patut dipertimbangkan: Ayub.


Download ppt "PAROKI ST. FRANSISKUS ASISI, TEBET. TUHAN MELINDUNGI ORANG YANG TAKWA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google