Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN PADA PT. INDOFOOD SUKSES MAKMUR, TBK DENGAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) NAMA: SEPTIANA SAMSUL NPM: 21208459.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN PADA PT. INDOFOOD SUKSES MAKMUR, TBK DENGAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) NAMA: SEPTIANA SAMSUL NPM: 21208459."— Transcript presentasi:

1 PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN PADA PT. INDOFOOD SUKSES MAKMUR, TBK DENGAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) NAMA: SEPTIANA SAMSUL NPM: JURUSAN: AKUNTANSI PEMBIMBING: MUJIYANI, SE.,MM

2 Latar Belakang Pada dasarnya untuk menjalankan suatu perusahaan dibutuhkan modal yang sangat besar, yang berasal dari modal sendiri maupun dari luar perusahaan yaitu dari para investor yang ingin menanamkan modalnya dalam perusahaan tersebut. Agar investor tertarik untuk menanamkan modalnya dalam perusahaan tersebut, maka pihak menajemen perlu memperlihatkan kinerja perusahaan. Kinerja perusahaan dapat dilihat dianalisis melalui laporan keuangan yang disajikan dalam akhir periode, tujuan laporan keuangan adalah untuk mengevaluasi kinerja manjemen serta strategi apa yang akan diterapkan dalam perusahaan untuk menambah nilai tambah ekonomis perusahaan di masa yang akan datang. Banyak cara untuk menganalisis laporan keuangan seperti anlisis menggunakan metode EVA (ECONOMIC VALUE ADDED). ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) adalah laba setelah dikurangi dengan biaya modal (cost capital)yang diinvestasikan untuk menghasilkan laba. Tujuan dari EVA adalah menilai kinerja perusahaan dari tahun ke tahun yang dapat dilihat dari laporan keuangan tiap akhir periode, dimana jika EVA positif (+) akan menghasilkan laba, sedangkan jika EVA (-) semua laba akan digunakan untuk membayar kewajiban pemegang saham. Dari uraian diatas, penulis tertarik untuk membahas lebih lanjut tentang pengukuran kinerja perusahaan yang ditinjau dari anlisis EVA dalam penulisan ilmiah yang berjudul “Pengukuran Kinerja Keuangan PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk dengan menggunakan metode ECONOMIC VALUE ADDED (EVA)”.

3 RUMUSAN DAN BATASAN MASALAH Sebagaimana telah diuraikan di atas, maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Pengukuran Kinerja Perusahaan pada PT Indofood Sukses Makmur, Tbk dengan menggunakan Metode Economic Value Added (EVA) periode 2008 – Melihat cangkupan pembahasan EVA yang sangat luas, maka penulis membatasi masalah sebagai berikut : 1.Bagaimana kinerja PT Indofood Sukses Makmur, Tbk berdasarkan Economic Value Added (EVA) periode ? 2.Apakah PT Indofood Sukses Makmur, Tbk telah berhasil menciptakan nilai tambah ekonomis? TUJUAN a.Untuk mengetahui kinerja PT Indofood Sukses Makmur, Tbk denggan menggunakan Economic Value Added pada periode b.Untuk mengetahui apakah PT Indofood Sukses Makmur, Tbk telah berhasil menciptakan nilai tambah ekonomis.

4 PEMBAHASAN KETERANGANTAHUN 2008TAUN 2009TAHUN 2010 NOPAT Rp Rp Rp INVESTED CAPITAL Rp Rp Rp WACC 13, %4, %4, % CAPITAL CHARGES Rp ,867Rp ,9899Rp ,827 EVA Rp ,953Rp ,01Rp ,172

5 KESIMPULAN Berdasarkan hasil analisis selama periode dengan menggunakan metode EVA, maka dapat diambil kesimpulan kinerja PT Indofood Sukses Makmur, Tbk sudah baik, hal ini dikarenakan oleh EVA yang terus meningkat di setiap tahunnya. Pada tahun 2008 EVA sebesar Rp ,953, tahun 2009 dan 2010 masing-masing meningkat sebesar Rp ,01 dan Rp ,172. Selama tiga tahun terakhir ( ) berdasarkan metode EVA PT Indofood Sukses Makmur, Tbk sudah berhasil memperoleh EVA positif dimana perusahaan menunjukkan kemampuan untuk menciptakan nilai tambah yang sangat berpengaruh bagi para kreditur dan pemegang saham untuk menanamkan modalnya. SARAN Dengan melihat hasil dari perhitungan dan analisis yang penulis lakukan, saran yang penulis berikan untuk PT Indofood Sukses Makmur, Tbk yaitu : umtuk tetap mempertahankan laba yang didapat setiap tahunnya dengan cara meningkatkan volume penjualan dengan berbagai strategi, misalnya dengan menambah varian produk yang dijual, memberikan berbagai promosi hadiah, dan sebagainya


Download ppt "PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN PADA PT. INDOFOOD SUKSES MAKMUR, TBK DENGAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) NAMA: SEPTIANA SAMSUL NPM: 21208459."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google