Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

OUTLINE PERTEMUAN 9 bct 10 FORMULASI STRATEGIK MENYUSUN VISI DAN MISI CUSTOMER SOCIAL DAN ETIKA BISNIS STRATEGIC INTENT DISKUSI INFORMASI DARI INTERNET.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "OUTLINE PERTEMUAN 9 bct 10 FORMULASI STRATEGIK MENYUSUN VISI DAN MISI CUSTOMER SOCIAL DAN ETIKA BISNIS STRATEGIC INTENT DISKUSI INFORMASI DARI INTERNET."— Transcript presentasi:

1

2 OUTLINE PERTEMUAN 9 bct 10 FORMULASI STRATEGIK MENYUSUN VISI DAN MISI CUSTOMER SOCIAL DAN ETIKA BISNIS STRATEGIC INTENT DISKUSI INFORMASI DARI INTERNET ATAU BUKU

3 TAHAP FORMULASI meliputi pembuatan misi, pengidentifikasian peluang dan tantangan eksternal organisasi, penentuan kekuatan dan kelemahan internal, pembuatan sasaran jangka panjang, pembuatan pilihan-pilihan strategi, serta pengambilan keputusan strategi yang dipilih untuk diterapkan.

4 Dalam hal penyusunan strategi, Fred R. David membagi proses ke dalam tiga tahapan aktivitas, yaitu: input stage, matching stage, dan decision stage.[David, 1996].

5 Termasuk di dalam formulasi strategi adalah pembahasan tentang bisnis baru yang akan dimasuki, bisnis yang dihentikan, alokasi sumber-sumber yang dimiliki, apakah akan melakukan ekspansi atau diversifikasi usaha, apakah akan memasuki pasar internasional, apakah akan melakukan merjer atau membentuk joint-venture, serta bagaimana untuk menghindari pangambilalihan secara paksa (hostile takeover).

6 STRATEGY FORMULATION Srategy formulation is the developtment of long range plans for the effective management Of environmental Opportunities and Threat, in light of corporate Strenghts and Weaknesses (TOWS) Opportunities Weaknesses Threats Strenghts Effective management Of external and Internal Environment scanning StrategiesPolicies Mission Objective

7

8 MENYUSUN VISI IDEOLOGI INTI NILAI INTI TUJUAN INTI VISI MEMBAYANGKAN MASA DEPAN: TAHUN (GOAL YANG BESAR,PANJANG DAN KUAT GAMBARAN YANG HIDUP FIGURE2: ARTIKULASI VISI VISI TANPA TINDAKAN ADALAH LAMUNAN TINDAKAN TANPA VISI ADALAH MIMPI BURUK

9 MENYUSUN VISI DAN MISI VISI MISI ASPIRASI KOMPREHENSIF DARI LEADER TENTANG APA YANG INGIN DICAPAI OLEH ORGANISASI SETELAH IMPLEMENTASI STRAGI DAN MENCAPAI POTENSI SEPENUNYA (SINERGIS STRATEGI DAN SD PERUSAHAAN) GAMBARAN MASA DEPAN (What, Why,When) HANYA 1 VISI DENGAN 1 ATAU BERBERAPA MISI MENDIFINISIKAN SPESIFIKASI TERHADAP TUJUAN AKHIR PERUSAHAAN (external-Pelanggan APA YANG AKAN DILAKUKAN OLEH BERBAGAI UNIT ORGANISASI DAN APA YANG DIHARAPKAN UNTUK MENCAPAI VISI ORGANISASI (cOULter,2003:55) Bagian DARI VISI YANG BIASANYA MENCERMINKAN NORMA PERILAKU YANG MENJADI PEDOMAN PARA KARYAWAN (Campbell.1990.

10 HUBUNGAN ANTARA VISI DENGAN TUJUAN ORGANISASI PERUSAHAAN MISI VISI SASARAN 1 TUJUAN SUMBER: Higgins (1994)

11 KLASIFIKASI ORGANISASI & MISI 1. ORGANISASI BERORIENTASI LABA ( stakeholders ) 2. Asosiasi (Internal / KLUB) 3. Organisasi Jasa (Manfaat Client) LBH, US Dept of Healt And Human Services. 4. Organisasi Commowealth (PUBLIK service)

12 KOMPONEN UTAMA VISI Ideologi Inti (Core Ideology) Nilai inti (core value)1.Mengangkat budaya status nasional jepang 2.Menjadi pioner,tidak meniru yan lain, mengerjakan yang dianggap tidakmungkin 3.Mendorong kemampuan dan kreatifitas individu Tujuan Inti (core purpose)Merasakn kenikmatan inovasi dan penerapan teknologi untuk keuntungan dan kesenangan masyarakat luas Menggambarkan masa depan Tujuan yang besar,Panjang dan Kuat (BHGA) Menjadi perusahaan yang dikenal sebagai pengubah citra Dunia mengenai produk buatan Jepang Gambaran yang Hidup (vivid discription)/SASARAN UMUM. Kami akan menciptakan produk yang menembus dunia Kami akan menjadi perusahaan Jepang yang pertama kali memasuki pasar Amerika Kami akan berhasilmengembangkan tekhnologi dimana perusahaan Amerika tidak bisa melakukannya (seperti rasio transitor) Lima puluh tahun dari sekarang nama dan merek perusahaan kami akan terkenal didunia dan akan bersaing dalam hal inovasi dan kualitas dengan perusahaan manapun didunia Made in Jepang akan berarti sesuatu yang baik dan tidak jelek Sumber : Collin & Porras (1998)

13 ”Menjadi perusahaan kosmetik terkemuka didunia yang bernuansa ketimuran dan alami, melalui pemanfaatan teknologi modern dan menempatkan penelitian dan pengembangan sebagai sarana peningkatan nilai tambah bagi pelanggan”. Contoh: V I S I

14 M I S I Dengan kekayaan alam dan budaya Indonesia senantiasa menghasilkan inovasi dan kreasi serta perbaikan yang berkesinambungan, berlandaskan kearifan budaya dan pengetahuan leluhur, bermodalkan keanekaragaman hayati Indonesia, dengan dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi. Contoh: M I S I

15

16 STRATEGI VS TAKTIK STRATEGI Strategik selalu “memberikan sebuah keuntungan”, Memutuskan “apa”. Strategi adalah mengerjakan sesuatu yang benar (doing the right things) TAKTIK kita akan memutuskan “bagaimana” untuk mengerjakan sesuatu Taktik adalah mengerjakan sesuatu dengan benar (doing the things right). Sedangkan

17 SIFAT STRATEGI Menyatu (unified) : menyatukan seluruh bagian-bagian dalam organisasi. Menyeluruh (comprehensif): mencakup seluruh aspek dalam organisasi. Integral (integrated) : seluruh strategi akan cocok/sesuai untuk seluruh tingkatan (corporate, business and functional)

18 STRATEIGIC INTEN DESKRIPSI MENGENAI SUATU SIKAP YANG AGRESIF DALAM MENJALANKAN STRATEGI YANG TIDAK MENJADI BAGIAN DARI VISI,MISI,TUJUAN DAN SASARAN UNTUK MENCAPAI STRATEGIC FIT.

19 STRATEGIC fIT SASARAN (goal) Tujuan Strategik (OBYECTIVE) Membantu manajer untuk mengiplementasikan MISI secra umum pada beberapa wilayah hasil kuncitanpa dipengaruhi pengukuran dan waktu. Spesifikasi Signifikansi dengan MISI, SASASRAN, KEBIJKAN, STRTAGY, ANALISIS EKSTERNAL DAN INTERNAL DAN HASIL SWOT.

20 KOMPONEN MISI, GOAL,Objective, dan kebijakan strategik MISISASARANTUJUANKEBIJAKAN STRTEGIK BisnisPangsa pasar20%Return on investment Pasar target Lingkup bisnis Inovasi Produkstivitas 20%dari keuntungan harus datang dari produk yang kurang dari 5 tahun Lingkup Tindakan dasar Filosofi perusahaanSumberdaya fisik dan Keuangan Margin keuntungan kotor sebesar 32%, 00,01 LIMBAH DARI BAHAN BAKU Industri-industri kualifikasi produk budaya dan filosofis Lokasi geografisKeuntungan20% dari semua manajer mengikuti program pengembangan Lokasi geografis Self conceptKinerja manajer dan pengembangan Kinerja dan sikap pekerj Tanggungjawab sosial 75% dari tenaga penjualan memenuhi kuota penjualan Menjadi pekerja yang afirmatif 100% kualitas produk Nilai organisasi dalam masyarakat Citra mAsyarakatPelayanan pelanggan

21 Jumat, 26-Sep-2008 Prima Nusantara Santuni Anak Yatim Prima Nusantara Santuni Anak Yatim Senin, 14-Jul-2008 Prima Nusantara Sehati Bagikan Buku Tulis Untuk Anak Karyawan Prima Nusantara Sehati Bagikan Buku Tulis Untuk Anak Karyawan Senin, 20-April-2009 Prima Nusantara Sehati Kirim Bantuan untuk Korban banjir Prima Nusantara Sehati Kirim Bantuan untuk Korban banjir Senin, 28-April-2009 Prima Nusantara Sehati P

22 2003/2004 Superbrands 2004 Ernst & Young Entrepreneur of The Year 2005 The Young Marketer Award 2006 Marketing Award 2008 Anugerah Produk Asli Indonesia (APAI)

23


Download ppt "OUTLINE PERTEMUAN 9 bct 10 FORMULASI STRATEGIK MENYUSUN VISI DAN MISI CUSTOMER SOCIAL DAN ETIKA BISNIS STRATEGIC INTENT DISKUSI INFORMASI DARI INTERNET."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google